Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Amandel

Hallo… Selamat berkunjung di situs Mujahadah.net.

Apakah tenggorokan anda sering terasa sakit dan susah menelan ?

Waspada! Amandel sedang menyerang anda

Segera kenali Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Amandel nya disini!

Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Amandel

Amandel merupakan dua kelenjar getah bening yang terletak pada wilayah sisi belakang tenggorokanIa berfungsi sebagai mekanisme pertahanan, serta dapat membantu dalam mencegah tubuh dari infeksi.

Sehingga, ketika amandel sedang terinfeksi maka kondisi ini bisa disebut sebagai amandel. Kondisi ini, dapat di akibatkan oleh berbagai macam virus dan bakteri seperti bakteri streptokokus.

Dimana bakteri tersebut, akan menyebabkan timbulnya peradangan pada tenggorokan. Selain itu, amandel yang sudah di sebabkan oleh radang tenggorokan, maka dapat menyebabkan timbulnya komplikasi serius apabila tidak segera di sembuhkan.

Gejala Amandel

Berikut merupakan ada berbagai macam gejala dari timbulnya amandel, ialah :

Pada sebagian anak-anak, mungkin gejalanya akan terlihat dengan peningkatannya iritabilitas, nafsu makan dan drooling yang berlebihan.

Macam-macam Amandel

Amandel dapat dibagi menjadi dua bagian, di antaranya :

  1. Amandel berulang : Berbagai macam episode amandel yang sudah terbilang akut
  2. Amandel kronis : Terasanya akan berlangsung lebih lama, jika dibandingkan dengan akut

Kapan saya harus ke dokter ?

Dalam sebagian kasus yang rentan terjadi, amandel ini dapat mengakibatkan tenggorokan menjadi bengkak yang akan kesulitan dalam bernapas.

Untuk itu, apabila semua hal tersebut sudah terjadi. Maka segeralah cari pertolongan medis. Dan temui juga dokter, apabila anda sudah mengalami gejala seperti berikut ini :

  • Mengalami demam yang sudah melebihi batas normalnya
  • Semua otot terasa sakit
  • Leher kaku
  • Sakit tenggorokan yang tidak hilang sesudah dua hari

Ketika beberapa bagian amandel hilang dengan sendirinya, berbagai macam pengobatan mungkin harus segera dilakukan. Demi mendapatkan proses penyembuhan ke seperti dulu.

Penyebab Amandel

Amandel merupakan lini pertahanan utama anda yang dapat melawan berbagai macam penyakitIa dapat menghasilkan sel darah putih dalam membantu tubuh untuk melawan infeksi.

Selain itu, amandel ini dapat memerangi perkembangannya bakteri dan virus yang sudah masuk kedalam tubuh kita dengan melalui mulut anda.

Seperti yang sudah dilansirkan di berbagai macam sumber kesehatan bahwa, amandel ini dapat di sebabkan oleh virus seperti flu biasa ataupun infeksi bakteri seperti radang tenggorokan.

Akan tetapi menurut penelitian mengatakan, hampir sekitar 15 sampai 30 % kasus amandel ini dapat di akibatkan oleh bakteri.

Komplikasi Amandel

Walaupun sebagian orang menyebutnya bahwa penyakit amandel ini bisa di sembuhkan dengan sendirinya, akan tetapi anda wajib mengunjungi dokter.

Apalagi jika kondisi tersebut sudah berangsur lebih dari 4 hari ataupun tidak menunjukan masa pemulihan, maka sudah dipastikan harus segera mendapatkan pengobatan.

Nah, jika faktor ini di sepelekan begitu saja. Alhasil penderitanya dapat mengalami beberapa komplikasi seperti dibawah ini :

  • Abses peritonsil

Abses peritonsil merupakan Infeksi lanjutan yang di akibatkan oleh radang tenggorokan dan amandel yang tidak segera diobati.

Biasanya, masalah seperti ini dapat berupa benjolan yang didalamnya berisi nanah yang tumbuh dengan benjolan amandel penderitanya.

Untuk gejalanyapun dapat seperti demam yang menggigil, mengalami bengkak pada wilayah leher dan juga wajah, sakit kepala dan lain-lain.

Selain itu, benjolan abses ini dapat membuat penderitanya mengalami kesusahan dalam membuka mulut sepenuhnya, susah menelan makanan atau air dan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

  • Sleep apnea

Pembengkakan yang akan terjadi penyebab infeksi amandel dapat mengakibatkan timbulnya penyumbatan pada saluran pernapasan.

Apabila di biarkan, dapat mengakibatkan sleep apnea atau suatu kondisi yang mana pernapasan sudah berhenti dalam jangka waktu singkat.

  • Glomerulonefritis akut

Amandel yang di akibatkan oleh infeksi bakteri bernama streptokokus dapat mengakibatkan radang ginjal. Dimana radang ginjal tersebut, dikenal sebagai glomerulonefritis akut.

  • Demam rematik

Demam rematik dapat terjadi pada anak-anak yang sedang mengalami radang amandel akibat infeksi bakteri.

Bukan hanya demam, penderitanya juga akan mengalami rasa sakit pada bagian perut, sering lelah, radang pada sendi dan juga mengakibatkan ruam.

Sebenarnya, demam rematik ini dapat di pulihkan dengan mengonsumsi obat-obatan antibiotik.

Akan tetapi, pada kasus yang sudah parah. Amandel ini dapat menyebabkan peradangan di bagian katup jantungHingga kondisi seperti ini, harus segera mendapatkan pertolongan dari medis.

Tapi bagi anda yang saat ini sedang menderita amandel, jangan khawatir! Karena penyakit amandel ini belum tergolong kedalam salah satu penyakit yang menakutkan.

Maka kami sarankan kepada anda supaya mengonsumsi obat yang bernama Qnc Jelly Gamat.

Sekian pembahasan mengenai Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Amandel. Semoga bermanfaat

Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Amandel

Sumber

    https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/komplikasi-radang-amandel/

    https://www.healthline.com/health/tonsillitis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *