11 Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi

11 Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi

Hello guys, jumpa kembali nih di situs MujaHadah.NET yang mana sudah di percaya sebagai tempat sarana informasi tentang kesehatan.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan membahas mengenai 11 Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi.

Sebelumnya nih, sahabat mujahadah pernah mengalami ruam yang gatal dan bengkak di kulit tidak? Jika pernah, berhati-hatilah dengan penyakit biduran.

Apa itu biduran?

Biduran atau medis menyebutnya dengan urtikaria atau hives merupakan suatu penyakit kulit, yang di tandai dengan warna putih atau bilur warna merah yang terasa gatal.

Dan kondisi ini, biasanya sering menyerang bagian wajah, kaki, lengan dan badan.

Penyebab Biduran

Penyakit biduran, biasanya akan menyerang seseorang yang memiliki kekebalan tubuh lemah, sehingga membuat tubuh mengeluarkan senyawa kimia berupa histamin.

Histamin sendiri, akan keluar ketika tubuh terpaparkan oleh sejumlah bahan kimia dari makanan atau minuman, obat-obatan, sinar matahari dan alergi.

Dan kondisi tersebut, akan membuat plasma darah melepas dengan sendirinya sehingga menimbulkan gejala pembengkakan yang maruam dan gatal di area kulit.

Sedangkan faktor berdasarkan jenisnya, bisa Anda lihat dibawah ini !

Urtikaria akut : biasanya akan terjadi ketika mendapat gigitan dari serangga, bahan kimia, tungau, serbuk sari, stres dan infeksi HIV. Dan jenis biduran ini, biasanya akan mengalami gejala yang kurang dari enam minggu.

Urtikarian kronis : akan terjadi akibat cuaca panas, sering mengkonsumsi minuman alkohol/kafein, stres, gigitan serangga dan bahan kimia makanan.

Gejala Umum Biduran

Selain terasa gatal, biduran juga memilki gejala yang berbeda-beda sesuai bentuk dan lokasinya. Berikut, gejala umum yang sering muncul antara lain seperti :

  • Rasa gatal yang kuat
  • Terdapat ruam berbentuk oval atau seperti cacing
  • Adanya pembengkakan warna putih atau merah.

Bahaya Penyakit Biduran

Berhubungan dengan penyakit biduran ini, akan menyerang seseorang yang memiliki kekebalan tubuh lemah.

Maka kemungkinan besar, penyakit autoimun lainnya seperti arthritis rheumatoid dan lupus bermunculan dengan mudah.

Bila biduran sudah menjadi tahap kronis, maka bagian usus, hati dan kelenjar tiroid dapat mengalami gangguan yang cukup fatal.

Selain itu, biduran yang tidak diobati sama sekali juga akan memicu beberapa komplikasi lainnya seperti terjadinya Anafilaksis dan Angioderma.

Makanan Baik untuk Mengobati Biduran

Nah, supaya gejala biduran ini tidak semakin parah Anda bisa membantu menyembuhannya dengan mengkonsumsi beberapa makanan baik seperti :

  • Perbanyak mengkonsumsi makanan buah seperti apel dan semangka, karena mampu menstabilkan histamin.
  • Mengkonsumsi makanan vitamin C tinggi seperti jeruk nipis/lemon, karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh yang lemah.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan sayuran hijau untuk mencegah peradangan dan memecah histamin.
  • Perbanyak mengkonsumsi yogurt untuk memerangi alergi.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Biduran

Selain mengetahui itu, Anda juga harus mengetahui makanan apa saja yang wajib dihindari ketika Anda mengalami biduran.

Berikut, makanan yang harus dihindari penderita biduran :

  • Menjauhi makanan yang mengandung bahan kimia, karena memicu kondisi biduran menjadi semakin parah. Misalnya makanan yang berbasis tomat yaitu jus tomat, saus tomat, pizza dan sup tomat.
  • Menghindari makanan sumber amina seperti pada makanan keju
  • Mengurangi makanan yang mengandung salisilat seperti daun kemangi, madu, tomat, stroberi, raspberry, blueberry dan ceanberry.
  • Menghindari makanan yang memicu alergi seperti ikan asin dan telur
  • Menjauhi makanan yang mengandung tinggi gula
  • Jangan mengkonsumsi makanan daging asap seperti daging babi, bacon dan sosis bakar.

11 Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi

Untuk mengatasi penyakit biduran ini, Anda tak usah lagi untuk membeli obat salep mahal dalam mengobati gatal-gatal yang tak tertahankan.

Sebab, kali ini ada cara lain yang bisa membantu Anda mengobati gatal biduran secara efektif tanpa harus merasakan gejalanya kembali.

Apa saja bahan-bahan alami tersebut? Simak penjelasannya berikut ini :

  1. Oatmeal

Penggunaan oatmeal, memang sudah digunakan untuk mengobati penyakit gatal. Hal tersebut karena oatmeal memiliki efek anti gatal dari kandungan avenanthramide, sehingga mampu mengurangi pembengkakan di kulit dan hipersensitivitas.

Cukup dengan menamburkan 1-2 cangkir oatmeal pada bak mandi, lalu berendamlah pada air tersebut sampai gatal-gatal mulai mereda.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang masih berkeluarga dengan jahe. Jenis rempah ini sering di jadikan bahan utama untuk menyembuhkan luka dan mencegah peradangan.

Anda bisa menaburkan bubuk kunyit pada makanan Anda, untuk mengobati biduran dari dalam secara alami.

  1. Lidah buaya

Gel pada daun lidah buaya, ternyata memiliki kandungan vitamin E yang mampu menenangkan rasa gatal di kulit Anda akibat biduran.

Oleskan gel lidah buaya setiap hari, supaya rasa gatal dan peradangan bisa disembuhkan dengan baik.

  1. Biji rami

Meskipun hanya sekedar biji, namun biji rami memiliki kandunagn asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan rasa gatal-gatal di kulit.

Usahakan untuk memilih langkah ini, jangan digunakan pada Anda yang memiliki kelainan alergi.

  1. Dandelion

Dandelion merupakan tanaman hijau yang jika dikonsumsi akan terasa pahit. Meski terasa pahit, tapi bagian daun dandelion memiliki kandungan vitamin C dan betakaroten yang mampu melawan gatal-gatal akibat alergi.

Anda bisa memanfaatkan tanaman ini dengan dibuat teh atau mengolah daunnya sebagai makanan salad. Dan Anda bisa menambahkan sedikit pemanis alami seperti madu untuk mempermanis rasanya agar tidak pahit.

  1. Bawang putih

Meski terlihat tradisional dan kuno, namun khasiat yang dimiliki bawang putih ini jangan diabaikan lagi.

Sebab, beberapa peneliti membuktikan bahwa kandungan enzim di dalamnya mampu mengurangi risiko kanker, jantung, mencegah peradangan dan mengurangi gejala gatal-gatal.

  1. Ubi jalar

Di Amerika tengah, ubi jalar sering di manfaatkan sebagai makanan sayuran yang sering dihidangkan dan menjadi asupan makanan diet mereka terutama makanan bayi.

Selain itu, ubi jalar bisa kita gunakan untuk mengatasi biduran karena memiliki sifat antioksidan dan vitamin C yang mampu melawan gatal-gatal akibat alergi secara signifikan.

  1. Apel

Tak hanya menjadi asupan makanan diet, namun manfaat buah apel jika dikonsumsi juga sangat baik pula untuk mengobati alergi seperti biduran.

Hal tersebut, karena apel memiliki kandungan quercetin bioflavonoid yang mampu melawan rasa gatal, sekaligus mestabilkan sel mast yang mengandung histamin.

Cukup mengkonsumsi buah apel setiap hari, bersama salad buah dan oatmeal akan membantu Anda untuk mengurangi efek gatal di kulit.

  1. Sawi hijau

Sawi merupakan salah satu makanan yang baik untuk mengurangi gatal-gatal. Dan hal itu bisa terjadi karena sayuran hijau, memiliki kandungan vitamin C, E dan betakaroten tinggi yang mampu mencegah peradangan, memecah histamin dan menetralisir radikal bebas.

  1. Baking soda

Tak hanya digunakan sebagai pembuatan kue, ternyata baking soda memiliki banyak natrium yang mampu membantu Anda menenangkan rasa gatal akibat biduran.

Campurkan satu sendok teh baking soda pada air dingi, lalu aduklah sampai menjadi pasta. Oleskan atau gosokan pada area kulit yang terasa gatal dan biarkan beberapa menit sampai mengering.

Bila sudah, cuci sampai bersih dan lakukan berulang kali sampai rasa gatal-gatal menghilang.

  1. With hazel

Mengoleskan witch hazel berulang kali, ternyata terbilang efektif untuk mengurangi rasa gatal yang meradang. Witch hazel mampu mengurangi rasa gatal karena memiliki sifat antioksidan dan astringen yang cukup kuat.

Demikian ulasan dari kami, tentang 11 Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi.

Namun, jika Anda ingin mencari obat yang praktis alami untuk mengobati biduran tersebut. Pilihlah herbal QnC Jelly Gamat sebagai obat oles penyakit biduran yang tengah di alami oleh Anda saat ini.

Bila Anda ingin menanyakan seputar artikel di atas atau informasi seputar obat yang kami rekomendasikan. Silahkan, tinggalkan beberapa pertanyaan pada kolom komentar yang ada dibawah ini..

Sumber

    https://acaai.org/allergies/types/skin-allergies/hives-urticaria

    https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hives-alternative-treatments

    https://www.livestrong.com/article/504085-foods-not-to-eat-with-chronic-urticaria/

    https://www.healwithfood.org/hives/foods.php

    https://draxe.com/hives-treatment/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *