Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Chikungunya

Apakah Anda jatuh sakit terlalu lama ? Apakah Anda sering muntah atau menemukan ruam yang berkembang pada tubuh Anda ? WASPADA !! karena besar kemungkinan Anda tengah mengidap penyakit chikungunya.

Namun jangan khawatir teman, karena ternyata beberapa jenis makanan tertentu memiliki kemungkinan untuk melawan penyakit chikungunya tersebut.

Anda ingin tahu lebih banyak perihal penyakit chikungunya termasuk Pantangan dan Anjuran Makanan untuk Penderita Chikungunya ? Well, yuk kita simak penjelasannya.. 😉

Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Chikungunya

Apa itu Chikungunya ?

Chikungunya adalah sejenis penyakit yang diakibatkan oleh paparan infeksi virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Umumnya, seseorang yang terpapar infeksi virus chikungunya akan mengalami beberapa gejala yang muncul mulai 3-7 hari setelah seseorang digigit oleh nyamuk yang terinfeksi.

Gejala yang paling umum, untuk menandai adanya infeksi chikungunya di dalam tubuh ialah demam yang disertai dengan nyeri sendi.

Selain itu, beberapa gejala lain yang mungkin terjadi, diantaranya ialah termasuk :

  1. Sakit kepala
  2. Nyeri pada bagian otot
  3. Ruam kulit
  4. Pembengkakan sendi.

Penyakit chikungunya tidak selalu berakibat kematian, hanya saja jika gejala telah berkembang semakin parah maka ia dapat menyebabkan kelumpuhan pada penderitanya.

Sebagian besar penderita chikungunya sendiri umumnya akan merasa lebih baik dalam kurun waktu seminggu setelah mendapatkan upaya perawatan.

Akan tetapi, pada beberapa orang lainnya justru nyeri sendi tersebut dapat berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama bahkan hingga berbulan-bulan.

Orang-orang yang beresiko tinggi mengidap penyakit chikungunya yang lebih parah ialah termasuk bayi baru lahir yang terinfeksi sekitar waktu kelahirannya dan lansia.

Selain itu, orang-orang dengan beberapa kondisi medis tertentu termasuk hipertensi, diabetes dan penyakit jantung juga beresiko terserang infeksi penyakit chikungunya yang lebih parah.

Lantas makanan apa yang memiliki peranan besar untuk memerangi penyakit chikungunya ??

Pantangan Makanan untuk Penderita Chikungunya

Sejatinya chikungunya adalah penyakit yang menghancurkan sistem kekebalan tubuh, dan mengarah pada sistem pencernaan yang lemah.

Karena tak ada vaksin untuk melawan penyakit chikungunya, maka sangat penting mengelola pola makan untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut.

Makanan sehat memang membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat guna mencegah terjadinya infeksi yang mempengaruhi individu secara serius.

Akan tetapi, beberapa makanan tertentu justru akan menyebabkan kondisi tubuh penderita chikungunya semakin memburuk. Sehingga jelas pengonsumsiannya perlu dihindari.

Adapun beberapa jenis makanan yang perlu dihindari pengonsumsiannya, diantaranya ialah termasuk  :

  1. Permen

Pantangan Makanan untuk Penderita Chikungunya

Mengonsumsi lebih sedikit permen itu jauh lebih baik. Pasalnya, permen merupakan sejenis makanan yang akan menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh.

  1. Daging

Pantangan Makanan untuk Penderita Chikungunya

Daging atau beberapa jenis makanan non-vegetarian lainnya memang harus dihindari oleh penderita chikungunya, karena ia akan menyebabkan panas di dalam tubuh.

  1. Teh dan Kopi

Pantangan Makanan untuk Penderita Chikungunya

Teh dan kopi sejatinya adalah minuman yang mengandung kafein. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar, kafein tersebut dapat menyebabkan peningkatan detak jantung, insomnia, otot bergetar dan gelisah.

Tak hanya itu saja, namun ia juga dapat menyebabkan kelelahan dan rasa lemas yang berlebihan hingga menimbulkan masalah pada sistem pencernaan.

  1. Makanan Berminyak

Jika gejala demam pada penderita chikungunya tak kunjung turun maka Anda harus segera menjauhkan berbagai jenis makanan berminyak dari lambung penderita chikungunya.

Selain beberapa jenis makanan diatas, ternyata beberapa jenis buah-buahan tertentu termasuk semangka dan jeruk. Sebaiknya juga tidak dikonsumsi selama masa perawatan.

Anjuran Makanan untuk Penderita Chikungunya

Untuk bisa segera sembuh secara lebih optimal, maka Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini :

  1. Sayuran Berdaun

Sayuran berdaun termasuk ke dalam jenis makanan terbaik yang ada di dunia ini. Mereka adalah makanan yang mudah dicerna namun tetap rendah akan kalori.

Selain itu, umumnya sayuran berdaun juga dilengkapi dengan kandungan berbagai jenis nutrisi termasuk vitamin A.

Mereka memainkan peranan sebagai pelindung jaringan tubuh dari penyakit kanker serta memastikan tulang bisa tumbuh dengan sehat.

Kandungan vitamin C pada sayuran berdaun juga dipercaya memiliki kualitas untuk mencegah pembentukan radikal bebas dan melindungi tubuh dari radang sendi.

Hal tersebut tentu saja akan sangat menguntungkan bagi seorang penderita penyakit chikungunya.

Karena selain bersifat memulihkan, ia juga memiliki peranan untuk mencegah penyakit berbahaya termasuk chikungunya.

  1. Apel dan Pisang

Ketika Anda ingin mencoba pulih dari penyakit chikungunya, maka sebaiknya Anda dianjurkan untuk mulai rutin mengonsumsi buah apel dan pisang raja.

Apel sendiri adalah sejenis buah kaya akan serta yang baik untuk membantu memastikan kadar kolesterol di dalam tubuh dalam kadar yang rendah.

Sedangkan pisang raja yang juga diperkaya oleh kandungan serat juga memiliki fungsi untuk membantu mencegah sembelit dan menjaga usus agar tetap bersih.

  1. Vitamin C dan Vitamin E

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E seperti jambu, jeruk, kiwi, tomat, gandum, kacang polong dan brokoli selama masa perawatan sangat dianjurkan.

Vitamin C sendiri memiliki peranan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, menunjang pertumbuhan otot, tendon, tulang dan pembuluh darah.

Sedangkan vitamin E memiliki peranan untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit, mencegah penyakit kanker, parkinson serta rheumatoid arthritis.

  1. Makanan Berbasis Cairan

Makanan berbasis cairan sangat diperlukan oleh penderita chikungunya untuk bisa segera sembuh secara lebih optimal.

Beberapa makanan berbasis cairan ialah termasuk air kelapa, sup, dals dan gravies.

  1. Asam Lemak Omega 3

Mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung asam lemak omega 3 termasuk ikan tuna, ikan salmon, ikan mackerel dan ikan sarden adalah penting dilakukan oleh penderita chikungunya.

Pasalnya, makanan tersebut memiliki khasiat untuk membantu mengurangi pembekuan darah, meminimalisir terjadinya stroke, meningkatkan fungsi memori serta meringankan gejala arthritis.

Akan tetapi, kabar baiknya adalah ternyata seseorang yang pernah mengalami infeksi penyakit chikungunya kemungkinan besar akan terhindar dari infeksi yang selanjutnya.

Tak hanya itu saja, namun kabar baik lain yang bisa Anda terima ialah ternyata makanan juga memiliki peranan penting dalam merawat penyakit tersebut agar lebih cepat sembuh.

Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Chikungunya

Sumber

    https://www.stylecraze.com/articles/best-foods-to-treat-chikungunya/#gref

    https://www.cdc.gov/chikungunya/symptoms/index.html

    https://www.epainassist.com/diet-and-nutrition/chikungunya-diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *