Penyakit Chikungunya – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Selamat datang kembali di situs resmi kami Mujahadah.Net.

Di halaman ini kami akan memberikan berbagai macam informasi kesehatan yang  bermanfaat untuk Anda simak.

Untuk kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas tentang Penyakit Chikungunya – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya.

Penyakit Chikungunya – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Chikungunya adalah penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk yang menyebabkan timbulnya demam secara tiba-tiba dan nyeri sendi yang parah.

Tanda dan gejala lain mungkin termasuk kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, dan ruam. Tanda dan gejala chikungunya biasanya muncul dalam dua hingga tujuh hari setelah digigit nyamuk yang terinfeksi.

Chikungunya tidak mengakibatkan kematian, tetapi gejala dapat menjadi parah dan melumpuhkan. Kebanyakan orang akan merasa lebih baik dalam waktu seminggu. Tetapi, pada beberapa orang, rasa sakit sendi dapat bertahan selama berbulan-bulan.

Tidak ada vaksin untuk mencegah demam chikungunya, dan tidak ada pengobatan antivirus yang efektif. Namun, penyakit ini berlangsung terbatas dan jarang menyebabkan komplikasi serius.

Pengobatan ditujukan untuk menghilangkan gejala dengan istirahat, cairan dan obat-obatan untuk menghilangkan nyeri sendi dan demam.

Penyebab Penyakit Chikungunya

Penyakit Chikungunya disebabkan oleh virus chikungunya. Virus chikungunya termasuk ke dalam genus Alphavirus dan keluarga Togaviridae.

Untuk dapat menginfeksi manusia, virus chikungunya hidup di dalam tubuh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopioctus. Virus menyebar ke dalam tubuh manusia melalui gigitan kedua nyamuk tersebut. Kedua nyamuk ini mulai mengigit pada pagi hingga sore hari.

Untuk mencegah terserang virus chikungunya ini, Anda perlu menciptakan lingkungan sekitar yang bersih agar mereka sulit menemukan tempat untuk berkembang biak dan melakukan hal-hal yang bisa mencegah gigitan nyamuk.

Ciri-ciri Nyamuk Penyebar Virus Chikungunya

Ciri khas pada kedua nyamuk tersebut yaitu terdapat tanda khas yang berupa bintik-bintik putih yang terdapat pada tubuh dan kakinya.

Untuk bisa berkembang biak, nyamuk-nyamuk tersebut membutuhkan tempat berupa genangan air yang jernih untuk meletakkan telurnya. Kemudian, telur akan menetas dan berubah menjadi nyamuk dewasa.

Apabila nyamuk ini menggigit penderita penyakit Chikungunya, maka virus akan masuk ke dalam tubuh nyamuk. Nyamuk dengan virus chikungunya bisa menyebarkan virus ini ke orang lain lagi.

Faktor Risiko

Orang-orang yang berisiko terkena penyakit chikungunya yang lebih parah yaitu :

Setelah seseorang telah terinfeksi, tubuh akan memberikan kekebalan spesifik sehingga ia akan dilindungi dari infeksi di kemudian hari.

Gejala Penyakit Chikungunya

Gejala yang paling umum dari infeksi virus chikungunya adalah demam dan nyeri sendi. Tanda dan gejala chikungunya biasanya muncul dalam dua hingga tujuh hari setelah digigit nyamuk yang terinfeksi.

Gejala lain mungkin termasuk :

Gejala chikungunya juga mirip dengan demam berdarah (yang merupakan penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk, yang umum di banyak bagian dunia yang sama di mana wabah chikungunya terjadi). Gejalanya juga mirip dengan gejala virus Zika.

Chikungunya tidak mengakibatkan kematian, tetapi gejala dapat menjadi parah dan melumpuhkan. Kebanyakan orang akan merasa lebih baik dalam waktu seminggu. Tetapi, pada beberapa orang, rasa sakit sendi dapat bertahan selama berbulan-bulan.

Bahaya atau Komplikasi Penyakit Chikungunya

Penyakit chikungunya apabila tidak mendapatkan penanganan atau terapi yang tepat, ini dapat berbahaya dan menimbulkan risiko bagi penderitanya.

Lalu, apa sih alasan yang membuat penyakit chikungunya ini berbahaya?

  1. Lumpuh sementara

Orang-orang yang mengidap penyakit chikungunya akan mengalami demam berulang selama 3-5 hari. Selain itu, virus chikungunya juga bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri pada persendian lutt dan area lainnya serta bintik merah pada tangan dan kaki.

Menurut para ahli, penyakit ini menyerang otot-otot persendian yang membuat pengidapnya sulit bergerak. Oleh karena itu, banyak orang yang mengidapnya seringkali disangka lumpuh.

  1. Nyerinya bisa bertahun-tahun

Umumnya, gejala nyeri di atas akan timbul tak lama setelah demam mulai dirasakan. Gejala nyeri ini bisa bertahan selama berminggu-minggu.

Namun, adakalanya beberapa pengidap penyakit ini mesti berhadapan dengan rasa nyeri hingga beberapa bulan. Dalam beberapa kasus, rasa nyeri ini bisa bertahap hingga bertahun-tahun.

  1. Berbagai komplikasi

Penyakit chikungunya ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Misalnya, gangguan saraf, mata, jantung, dan saluran pencernaan. Tak Cuma itu, kata ahli penyakit ini bisa mengakibatkan kematian bagi orang lanjut usia yang mengidapnya.

Tidak ada vaksin untuk mencegah demam chikungunya, dan tidak ada pengobatan antivirus yang efektif. Namun, untuk menghilangkan gejalanya, Anda bisa mengobatinya dengan cara yang alami dan aman.

Kini hadir obat herbal chikungunya QnC Jelly Gamat yang terbukti dapat mengobati penyakit chikungunya secara alami tanpa efek samping.

Penyakit Chikungunya – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Sumber

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/infectious-diseases/expert-answers/what-is-chikungunya-fever/faq-20109686

    http://www.kerjanya.net/faq/4942-chikungunya.html

    https://www.halodoc.com/3-alasan-mengapa-chikungunya-berbahaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *