Demam – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Tak perlu panik berlebihan saat suhu badan menjadi panas atau hangat. Naiknya suhu tubuh tidak selalu pertanda terkena penyakit. Namun, waspada tetap perlu!

Maka dari itu, sebelum menanganinya, Anda perlu mengetahui seputar kondisi ini dangan menyimak artikel kami kali ini mengenai Demam – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya.

Check Result guys !!

Demam – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Demam adalah peningkatan sementara suhu tubuh Anda di atas kisaran normal 36-37 Celcius (98-100 Fahrenheit). Istilah lain dari demam termasuk pireksia dan hipertermia terkontrol.

Suhu tubuh normal orang dapat bervariasi dan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti makan, olahraga, tidur, dan jam berapa hari itu.

Suhu tubuh normal kita bervariasi, biasanya lebih rendah di pagi hari dan paling tinggi di sore dan malam hari.

Demam ini terjadi seringkali karena suatu penyakit. Demam adalah tanda bahwa sesuatu yang tidak biasa terjadi di tubuh Anda.

Untuk orang dewasa, demam mungkin tidak nyaman, tetapi biasanya tidak memprihatinkan kecuali jika mencapai 103 F (39,4 C) atau lebih tinggi. Untuk bayi dan balita, suhu yang sedikit lebih tinggi dapat mengindikasikan infeksi serius.

Suhu tubuh yang tinggi, atau demam adalah salah satu cara sistem kekebalan tubuh kita berupaya memerangi infeksi. Biasanya, kenaikan suhu tubuh membantu individu menyelesaikan infeksi.

Namun, kadang-kadang bisa naik terlalu tinggi. Dalam hal ini, demam bisa menjadi serius dan menyebabkan komplikasi.

Demam biasanya hilang dalam beberapa hari. Sejumlah obat bebas dapat menurunkan demam, tetapi terkadang lebih baik tidak diobati.

Baca Juga : Cara Mengobati Demam pada Anak dan Dewasa

Penyebab Demam

Demam terjadi ketika suatu area di otak Anda disebut hipotalamus juga dikenal sebagai “termostat” tubuh Anda, menggeser titik yang ditetapkan suhu tubuh normal Anda ke atas.

Ketika ini terjadi, Anda mungkin merasa kedinginan atau Anda mungkin menggigil untuk menghasilkan lebih banyak panas tubuh, yang akhirnya menghasilkan suhu tubuh yang tinggi.

Demam atau peningkatan suhu tubuh mungkin disebabkan oleh :

  • Sebuah virus
  • Infeksi bakteri
  • Kelelahan karena panas
  • Kondisi peradangan tertentu seperti rheumatoid arthritis
  • Tumor ganas
  • Beberapa obat, seperti antibiotik dan obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau kejang
  • Beberapa imunisasi, seperti difteri, tetanus, dan aselular pertusis (DTaP) atau vaksin pneumokokus.

Terkadang penyebab demam tidak dapat diindentifikasi. Jika Anda mengalami demam selama lebih dari tiga minggu, segera hubungi dokter Anda.

Gejala Demam

Ketika seseorang mengalami demam, tanda-tanda dan gejala bergantung pada apa yang menyebabkan demam Anda, tanda dan gejala demam bertambah mungkin termasuk :

Anda mengalami demam ketika suhu tubuh Anda naik di atas kisaran normal. Apa yang normal untuk Anda mungkin sedikit lebih tinggi atau lebih rendah dari suhu normal rata-rata 98,6 F (37 C).

Bahaya atau Komplikasi Demam

Anak-anak antara usia 6 bulan dan 5 tahun mungkin mengalami kejang-kejang yang disebabkan demam (kejang demam), yang biasanya melibatkan kehilangan kesadaran dan gemetar anggota badan di kedua sisi tubuh.

Meskipun mengkhawatirkan bagi orang tua, sebagian besar kejang demam tidak menyebabkan efek yang bertahan lama.

Jika kejang terjadi :

  • Baringkan anak Anda disamping atau perutnya dilantai
  • Lepaskan benda tajam yang ada di dekat anak Anda
  • Kendurkan pakaian ketat
  • Pegang anak Anda untuk mencegah cedera
  • Jangan letakkan apapun di mulut anak Anda atau cobalan untuk menghentikan kejang.

Kebanyakan kejang berhenti sendiri. Bawa anak Anda ke dokter sesegera mungkin setelah kejang untuk menentukan penyebab demam. Panggil bantuan medis jika kejang berlangsung lebih lama dari lima menit.

Atau sebelum ke tindakan medis, Anda juga bisa mengobati demam dengan cara yang alami. Mengambil tindakan yang tepat untuk mengobati demam ada hal yang paling utama.

Anda bisa mencoba mengobatinya dengan mengunakan obat herbal. Selain khasiatnya yang luar biasa, obat herbal ini juga tidak akan menimbulkan efek samping semacam obat kimia lainnya.

Obat herbal yang paling baik untuk mengobati demam yaitu QnC Jelly Gamat. Produk herbal ini sangat berkualitas dan aman digunakan oleh semua kalangan, termasuk balita, ibu hamil, ibu menyusui, bahkan sampai lansia.

Itulah informasi singkat mengenai demam. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung 😉

Demam – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Sumber

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fever/symptoms-causes/syc-20352759

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/168266.php

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *