Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Hallo Sis/Gan.. Bertemu kembali di Mujahadah.Net yang kali ini akan membahas artikel tentang Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Jangan lupa baca sampai selesai, share dan semoga yang share rizkinya lancar ya 🙂

Diabetes adalah suatu kondisi yang mengacu pada jumlah kadar glukosa yang ada di dalam tubuh. Dalam kadar yang normal, glukosa adalah suatu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh karena merupakan sumber energi dan sebagai pembentuk sel-sel otot pada jaringan tubuh.

Selain itu, glukosa juga bisa dikatakan sebagai bahan bakar untuk menutrisi jaringan otak. Namun kondisi berlainan terjadi pada penderita diabetes.

Faktanya, penderita diabetes memiliki kadar glukosa yang sangat berlebih. Kadar glukosa yang berlebihan di dalam tubuh tentu saja akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Sangat perlu Anda ketahui pula bahwa kondisi ini juga dipicu oleh rendahnya kadar hormon insulin di dalam tubuh. Hormon insulin inilah yang memiliki fungsi untuk mengolah glukosa  di dalam tubuh.

Ya, jadi bisa dikatakan bahwa diabetes merupakan sejenis penyakit yang memiliki keterkaitan erat dengan hormon insulin.

Rendahnya insulin di dalam tubuh juga bukan tak beralasan, kondisi ini juga dipicu oleh rusaknya sel beta pada pankreas yang berfungsi untuk memproduksi insulin.

Inilah hal mendasar yang menjadi penyebab kadar gula darah seseorang menjadi terlampau tinggi di dalam tubuh. Sehingga mengakibatkan kadar glukosa di dalam tubuh membludak.

Terlepas dari beberapa hal tersebut, ternyata pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan penyakit diabetes. Untuk itu penting sekali mengetahui makanan apa saja yang baik dan buruk untuk kondisi kesehatan tubuh Anda dari gangguan diabetes. Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Mencari makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes memang gampang-gampang susah. Karena salah mengonsumsi makanan bisa mengakibatkan bertambahnya kadar glukosa tak terpakai di dalam tubuh.

Sehingga selain memenuhi asupan nutrisi tubuh, tujuan memilih makanan pada penderita penyakit diabetes juga untuk mengontrol kadar gula di dalam tubuh.

Namun jangan khawatir, karena berikut ini ada beberapa tips menu makanan sehat terbaik untuk penderita penyakit diabetes :

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak adalah salah satu makanan sehat yang cukup dianjurkan pengonsumsiannya untuk penderita diabetes. Ikan berlemak sendiri merupakan sumber omega 3 DHA dan EPA. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Pasalnya, seorang penderita diabetes memiliki kemungkinana resiko yang cukup tinggi terkena penyakit jantung dan stroke.

Selain itu ikan juga merupakan sumber protein yang cukup baik, sehingga dengan mengonsumsinya akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama guna membantu meningkatkan laju metabolisme di dalam tubuh Anda.

2. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi serta rendah akan kalori. Sayuran hijau juga rendah akan kandungan karbohidrat sehingga lebih mudah  untuk di cerna tanpa membuat kadar glukosa di dalam tubuh menjadi bertambah.

Hasil sebuah penelitian menunjukan bahwa kandungan vitamin C pada sayuran hijau akan membantu meminimalisir resiko naiknya kadar gula darah, mengontrol tekanan darah tinggi serta mencegah inflamasi atau peradangan pada penderita diabetes tipe 2. Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Selain itu, sayuran hijau juga dikenal memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan bagian dari senyawa anti-oksidan.

Kandungan anti-oksidan jenis ini memiliki kemampuan untuk membantu mencegah degerasi makula dan katarak yang kerap di timbulkan oleh komplikasi dari penyakit diabetes.

3. Kayu Manis

Kayu manis adalah sejenis rempah dengan rasa manis kepedasan yang dilengkapi dengan kandungan anti-oksidan yang cukup kuat.

Karena kandungannya tersebut, banyak sekali hasil penelitian yang menunjukan bahwa kayu manis memiliki kemampuan untuk menurunkan glukosa tinggi serta meningkatkan sensitivitas produksi insulin.

Selain itu, hasil analisis terbaru dari 10 penelitian yang dilakukan terhadap kayu manis menunjukan hasil yang luar biasa.

Karena faktanya, kayu manis juga sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

4. Telur

Telur adalah salah satu maknaan terbaik yang sangat direkomendasikan untuk mereka yang mengidap penyakit diabetes.

Pasalnya, telur akan memberikan sensasi rasa kenyang yang lebih lama pada penderita diabetes. Selain itu, dengan mengonsumsi telur secara rutin dan teratur akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Telur sendiri memiliki aktivitas anti-inflamasi yang sangat baik dalam mencegah peradangan, merangsang produksi insulin agar meningkat.

Serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) Anda. Dan penting pula untuk Anda ketahui, bahwa telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin terbaik.

Sehingga telur juga memiliki fungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda. Selain telur, Anda juga bisa mengonsumsi produk herbal Sehat Mata untuk mendapatkan mata sehat secara alami dan terhindar dari berbagai jenis gangguan penyakit mata. Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

5. Biji Selasih

Makanan luar biasa untuk penderita diabetes bisa Anda temukan pada biji selasih. Karena apa ? Karena fakta menunjukan bahwa biji selasih memiliki kandungan serat yang sangat tinggi namum rendah akan karbohidrat.

Serat ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah tinggi di dalam tubuh. Selain itu, biji selasih ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan berat badan yang sehat dan seimbang.

Karena biji selasih memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa lapar dan dapat memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Dan hebatnya, kandungan seratnya ini bisa menyerap kalori pada makanan lain yang dikonsumsi secara bersamaan dengan biji selasih.

6. Kunyit

Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Kunyit adalah sejenis rempah yang memiliki banyak manfaat terbaik untuk kesehatan. Kandungan kurkuminnya sendiri dapat meminimalisir resiko peradangan, gula darah tinggi, serta berbagai resiko dari gangguan penyakit jantung.

Tak hanya itu saja, namun kandungan kurkumin dalam rimpang kunyit ini juga sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan ginjal. Tentu saja hal ini menjadi sangat penting, karena salah satu faktor yang memicu kerusakan pada ginjal adalah diabetes. Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

7. Yogurt Plain

Salah satu produk susu yang dianjurkan pengonsumsiannya untuk penderita diabates adalah yogurt. Pasalnya yogurt telah terbukti memiliki khasiat untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, meminimalisir resiko penyakit jantung serta dapat membantu memanage berat badan pada penderita diabetes.

8. Kacang-kacangan

Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh nyemil? Nyatanya boleh-boleh saja kok. Dan kacang-kacangan adalah adalah salah satu camilan yang cukup di rekomendasikan untuk penderita diabetes. Pasalnya kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan serat dan rendah karbohidrat.

Fakta lain menunjukan bahwa jika seorang penderita diabetes juga mengalami obesitas kerap memiliki kadar insulin dalam jumlah yang sangat tinggi.

Kadar insulin yang yang terlampau tinggi, akan memberikan dampak buruk pada kesehatan seperti beberapa penyakit kronis seperti penyakit kanker dan alzheimer.

Sehingga kacang-kacangan adalah solusi makanan alternatif yang cukup baik  untuk penderita diabetes tipe 2 yang memiliki kadar insulin yang terlampau tinggi, membantu menurunkan kadar gula darah serta menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh Anda. Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

9. Brokoli

Brokoli adalah sejenis sayuran yang paling bergizi dibandingkan dengan jenis sayuran sejenis lainnya. Salah satu studi pada penderita diabetes menunjukan bahwa brokoli memiliki kemampuan untuk melindungi sel dari pengaruh radikal bebas berbahaya yang dihasilkan dari proses metabolisme.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitu adalah sejenis minyak yang memiliki kandungan anti-oksidan dari jenis polifenol. Kandungan tersebut berfungsi untuk membantu mengurangi peradangan, melindungi sel dari kerusakan, menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan mengontrol kadar koleterol serta asam oleatnya juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

11. Biji Rami

Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Dengan mengonsumsi biji rami secara rutin dan teratur, maka akan sangat membantu menurunkan resiko penyakit jantung pada penderita diabetes. Serta kadar gula darah di dalam tubuh juga akan lebih terkontrol.

Hasil studi lainnya juga menunjukan bahwa biji rami memiliki kemampuan untuk mencegah pembekuan darah sehingga meminimalisir resiko penyakit stroke.

12. Stawberri

Stawberri adalah buah yang akaya akan kandungan anti-oksidan yang lebih dikenal dengan antisianin yang memberikan efek warna merah pada buah tersebut. Antisianin ini terbukti memiliki khasiat untuk meminimalisir resiko penyakit jantung pada penderita diabetes tipe 2. Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

13. Bawang Putih

Bawang putih adalah jenis rempah yang sangat pamungkas dalam membantu meminimalisir resiko penyakit diabetes.

Hal ini juga dikuatkan oleh beberapa pendapat para ahli yang menunjukan bahwa bawang putih memiliki aktivitas anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan, mengontrol gula darah serta menurunkan kolesterol tinggi pada penderita diabetes tipe 2.

Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Sebagai salah satu hal yang memberikan dampak yang cukup berpengaruh terhadap kondisi diabetes. Manyaring makanan yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi adalah tindakan yang harus dilakukan.

Karena salah mengonsumsi makanan dapat memicu kondisi yang lebih serius pada penyakit diabetes yang tengah Anda alami saat ini.

Adapun beberapa jenis pantangan makanan untuk penderita diabetes, diantaranya aialah sebagai berikut :

Berbagai jenis makanan dan minumam manis atau yang mengandung gula tinggi

  • Lemak trans (lemak jahat)
  • Roti putih, nasi putih serta berbagai jenis produk olahannya
  • Yogurt dengan rasa buah-buahan
  • Sereal yang mengandung pemanis
  • Minuman kopi
  • Berbagai jenis buah-buahan yang dikeringkan
  • Makanan snack kemasan
  • Jus buah
  • Kentang goreng.

Sejatinya, makanan hanya berfungsi untuk mengontrol penyakit diabetes agar tidak semakin parah. Sehingga Anda tetap perlu melakukan upaya pengobatan untuk mengatasi penyakit tersebut.

Dan Anda bisa mempercayakan pengobatan diabetes Anda pada metode pengobatan herbal untuk diabetes terbaik dari QnC Jelly Gamat.

Bagi anda yang mempunyai keluhan atau ada sebuah pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan isi kolom komentar yang berada di bawah situs yaa 🙂

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Sumber

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/symptoms-causes/syc-20371444

    https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-avoid-with-diabetes

    https://www.webmd.com/diabetes/default.htm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *