Cara Mengobati Jerawat Secara Alami Tanpa Membekas

Cara Mengobati Jerawat Secara Alami Tanpa Membekas

Salam Sehat kami ucapkan bagi Pengunjung Setia Mujahadah.NET, pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai Cara Mengobati Jerawat Secara Alami Tanpa Membekas.

Bagi Anda memiliki masalah kulit seperti jerawat dan ingin mengobatinya dengan cepat, Anda bisa mendapatkan referensi pengobatan dari artikel ini.

Simak ulasan selengkapnya dibawah ini, dan jangan lupa di share yaa:)

Bagi wanita, munculnya jerawat satu atau dua itu bukanlah hal yang menggembirakan. Karena dengan munculnya jerawat membandel, akan membuat dirinya mengalami penurunan terhadap tingkat kepercayaannya masing-masing.

Jerawat memang bukanlah suatu penyakit yang tak banyak dikenal, melainkan setiap orang pasti akan pernah mengalaminya. Dan jerawat ini akan muncul, ketika kelenjar minyak pada kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati.

Orang yang sering aktif dalam mengikuti aktivitas di luar, tentu akan rentan mengalaminya. Sebab kulit akan terpaparkan oleh polusi yang kotor, hingga menutupi pori-pori di kulit.

Meski jerawat bukan merupakan suatu penyakit kronis, namun beberapa orang telah banyak melakukan cara untuk menghilangkan jerawat membandel sampai-sampai kehabisan stok sabun atau krim dengan nyata hasilnya tidak memuaskan.

Nah, jika kondisi ini sering dialami oleh Anda sendiri. Tentu akan sangat menjengkelkan bagi Anda bukan?

Namun, kali ini Anda tak usah khawatir lagi sebab ada cara alami yang bisa menghilangkan jerawat tanpa membekas sedikit pun. Berikut bahan-bahan alami yang perlu Anda ketahui !

1) Cuka sari apel

Menurut penelitian cuka sari apel, mengatakan bahwa cuka apel ini memang sangat membantu bagi mereka yang memiliki masalah jerawat.

Hal ini dikarenakan cuka sari apel, memiliki sifat kandungan yang mampu membunuh bakteri sekaligus menghilangkan bekas luka jerawat.

Bagaimana dengan cara penggunaannya? Cukup mudah, campurkan 1 bagian cuka sari apel ke dalam wadah yang telah di isi 3 gelas air.

Cuci wajah sampai bersih, lalu oleskan campuran cuka sari apel pada area kulit wajah jerawat menggunakan bola kapas. Diamkan selama 5-20 detik, lalu bilaslah dengan air sampai bersih.

2) Madu dan Kayu manis

Madu dan kayu manis, memang memiliki manfaat baik terutama bagi kecantikan kulit Anda yang sedang bermasalah dengan jerawat.

Kedua bahan ini memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri sehingga mampu menghilangkan jerawat secara efektif.

Untuk cara pemakaiannya, pertama-tama Anda bisa mencampurkan 2 sdm madu dan 1 sdt kayu manis hingga menjadi pasta.

Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sampai merata dan tunggulah selama 10-15 menit. Setelah itu, basuhlah dengan air bersih dan beri tepukan lembut agar kulit terasa kenyal.

3) Minyak pohon teh

Menerapkan minyak pohon teh pada kulit berjerawat merupakan cara terbaik untuk mangatasinya secara alami. Hal ini dikarenakan minyak pohon teh memiliki sifat antiiflamasi dan antibakteri.

Lalu, bagaimana cara membuat ramuan dari minyak pohon teh? Campurkan minyak kelapa ke dalam gelas yang berisi air.

Ambil kapas, lalu celupkan pada minyak pohon teh yang telah dicampurkan tadi. Aplikasikan pada kulit berjerawat dan lakukanlah 1-2 kali dalam sehari sampai jerawat menghilang.

4) Teh Hijau

Menurut studi teh hijau, mengatakan bahwa ekstrak teh hijau jika diterapkan sebanyak 2-3% pada kulit akan mengurangi produk sebum dan jerawat.

Hal ini disebabkan karena teh hijau memiliki kandungan flavonoid dan tanin yang mampu melawan bakteri jerawat agar tidak mengalami peradangan.

Seduh teh hijau selama 3-4 menit pada air hangat. Tunggu beberapa menit untuk mendinginkan suhunya. Jika sudah, oleskan teh hijau pada kulit menggunakan kapas sampai merata.

Tunggu sampai kering, lalu bilaslah dengan air bersih. Tambahkan daun teh dan sedikit ekstrak madu, agar kulit menjadi kenyal.

5) Witch Hazel

Tahukah Anda dengan Witch Hazel? Witch Hazel merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki efek baik bagi kulit.

Para peneliti menyebutkan bahwa, tanaman ini jika digunakan pada mereka yang mengalami kulit jerawat pasti akan sangat efektif karena mampu melawan bakteri sekaligus mencegah peradangan.

Untuk cara pembuatannya, Anda bisa mencampurkan 1 sdm kulit pohon witch hazel kedalam panci yang berisi 1 gelas air.

Rendam witch hazel selama 30 menit, kemudian rebuslah sampai mendidih. Bila sudah, kecilkan api dan tunggu selama 10 menit. Masukan kedalam wadah dan oleskan menggunakan bola kapas sebanyak 1-2 kali sehari.

6) Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman tropis, yang saat ini populer untuk dijadikan bahan kecantikan wajah.

Gel yang ada didalamnya, mengandung asam salisilat dan sulfur yang dapat menyembuhkan luka jerawat. Gosokan gel lidah buaya pada kulit jerawat sebanyak 1-2 kali sehari, sampai kulit terasa lembab.

7) Minyak ikan

Minyak ikan terkenal dengan kandungan EPA dan DHA asam lemak omega-3, yang mampu mengurangi bekas jerawat.

Namun kandungan itu bukan hanya dimiliki pada ikan saja, tetapi bisa Anda dapatkan pada makanan seperti salmon, biji rami, teri, sarden, biji chia dan walnut.

8) Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan kulit, untuk menghilangkan sel kulit mati. Dan Anda bisa menggunakan gula, garam dan minyak kelapa sebagai bahan utamanya.

Caranya cukup mudah, campurkan gula, garam dan minyak kelapa sampai merata. Gosokan pada kulit yang berjerawat secara perlahan. Tunggu beberapa menit dan bilaslah dengan air bersih.

9) Mengatur pola makanan

Sebenarnya, jerawat juga bisa disebabkan karena pola makanan yang tidak sehat. Makanan seperti glikemik dan insulin merupakan pemicu utama timbulnya jerawat.

Maka dari itu, hindari makanan seperti tinggi gula, kueh, permen, kue kering, sereal dan makanan olahan lainnya agar jerawat tidak semakin parah.

Itulah beberapa solusi, yang bisa Anda terapkan di rumah untuk mengobati jerawat secara alami. Pilih cara yang tepat dan gunakan setiap hari secara rutin, agar luka yang membekas bisa hilang dengan cepat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Untuk pertanyaan seputar artikel Cara Mengobati Jerawat Secara Alami Tanpa Membekas, silahkan isi kolom komentar yang berada di bawah situs yaa 🙂

Sumber

    https://www.healthline.com/nutrition/13-acne-remedies#section15

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *