Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kanker

Tahu gak guys, hari ini kita akan membahas apa ? Pokoknya merinding banget deh kalo ngedenger namanya, serius..

Guys.. guys.. guys.. kali ini kita akan membahas informasi seputar kanker guys.. Ngeri kan ? Lebih tepatnya, kali ini kita akan membahas informasi perihal :

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kanker

Ingat ya, guys.. !! Besar kecil makanan yang kita konsumsi akan memberikan pengaruh yang cukup besar untuk kesehatan kita. Jadi jangan sampai salah kaprah ya guys..

Yuk langsung kita cek kebenarannya disini.. 😉

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kanker

Apa itu kanker ??

Kanker adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada sejumlah penyakit yang penyebab, karakteristik dan kejadiannya sangat bervariasi.

Sepanjang hidup, sel-sel di dalam tubuh akan berkembang, membelah diri dan memperbaharui diri mereka dengan cara yang terkontrol.

Dan kanker, dimulai ketika perkembangan sel yang entah bagaimana menjadi tidak terkendali. Tumor sendiri adalah massa atau perkumpulan yang terdiri dari sekumpulan sel abnormal tersebut.

Sebagian besar penyakit kanker dimulai dengan tumor. Namun tidak semua tumor bersifat kanker. Tumor yang tidak bersifat kanker tidak akan menyebar dan meluas ke bagian tubuh lain.

Namun kanker memiliki sifat ganas yang akan terus-menerus tumbuh dan berkembang dan melakukan perluasan melalui proses yang disebut dengan metastasis.

Yaitu dimana sel-sel ganas melakukan perjalanan melalui limfatik atau melalui pembuluh darah yang akhirnya akan membentuk tumor baru dibagian tubuh yang lainnya.

Lantas bagaimana sesungguhnya kanker itu dimulai ??

Karsinogenesis adalah proses multi-tahap dimana kerusakan pada materi genetik sel dengan mengubah sel yang yang normal menjadi sel yang ganas.

Dan kerusakan tersebut akan terakumulasi secara bertahap pada sistem pengaturan pertumbuhan sel.

Kanker dimulai dari adanya kecacatan pada faktor genetik yang berarti gen yang terletak di dalam struktural sel yang disebut dengan kromosom.

Anjuran Makanan Sehat untuk Penderita Kanker

Apa yang Anda konsumsi, secara drastis akan memberi pengaruh yang sangat besar untuk aspek kehidupan Anda, termasuk untuk terkena penyakit kronis seperti diabetes, jantung dan kanker.

Perkembangan penyakit kanker sendiri telah dibuktikan bahwa ia memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan diet yang dilakukan oleh seseorang.

  1. Brokoli

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kanker

Brokoli adalah sejenis sayuran yang memiliki kandungan sulforaphane, yaitu sejenis senyawa yang ditemukan pada sayuran silangan yang memiliki khasiat sebagai anti kanker.

Salah satu uji tabung sendiri menunjukan bahwa sulforaphane akan membantu mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara di dalam tubuh bahkan hingga 75%.

Beberapa penelitian lain juga menemukan bahwa asupan tinggi sayur cruciferous seperti brokoli di kait-kaitkan dengan menurunnya resiko kanker kolorektal dan kanker usus besar.

  1. Wortel

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kanker

Hasil beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara pengonsumsian wortel dengan penurunan resiko kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker perut.

Sehingga, cobalah untuk memasukan wortel ke dalam list menu makanan harian Anda sebagai camilan lauk yang sehat.

  1. Kacang Polong

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kanker

Kacang polong yang dilengkapi dengan kandungan serat yang tinggi akan membantu melindungi tubuh dari bahaya serangan penyakit kanker kolorektal.

Sebuah hasil penelitian pada manusia dan hewan juga menemukan bahwa asupan kacang akan yang lebih tinggi akan membantu mengurangi resiko kanker kolorektal dan kanker kolon.

  1. Buah Beri

Beberapa hasil uji tabung dan beberapa penelitian menemukan bahwa senyawa yang terkandung di dalam buah beri ternyata memiliki khasiat yang luar biasa.

Yaitu untuk membantu menurunkan dan menghentikan penyebaran beberapa jenis penyakit kanker tertentu.

Hal ini bukan tanpa alasan, akan tetapi karena kandungan anthocyanin atau pigmen tumbuhan yang memiliki sifat sebagai antioksidan inilah yang di kait-kaitkan dengan khasiatnya tersebut.

  1. Kayu Manis

Kayu manis adalah sejenis rempah yang terkenal akan manfaatnya, termasuk untuk membantu menurunkan gula darah tinggi dan meredakan berbagai jenis peradangan.

Selain itu, hal ini juga telah dibuktikan oleh hasil uji tabung dan beberapa jenis penelitian tertentu yang menemukan bahwa ekstrak kayu manis ternyata memiliki khasiat sebagai anti kanker.

Termasuk untuk membantu mengurangi dan menghentikan gejala penyebaran penyakit kanker.

  1. Kacang

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa peningkatan asupan kacang-kacangan termasuk kacang almond dan kacang mete memiliki khasiat untuk menurunkan resiko kanker tertentu.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang dilengkapi dengan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan.

Sehingga tak heran, jika minyak zaitun ini menjadi salah satu makanan pokok di Mediterania.

Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa asupan minyak zaitun yang tinggi akan membantu melindungi tubuh dari serangan kanker tertentu.

Sehingga resiko kanker pada seseorang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun jelas akan berkurang.

  1. Kunyit

Selain memberikan warna yang khas, kunyit juga merupakan sejenis bumbu yang terkenal karena khasiatnya untuk kesehatan.

Kandungan senyawa kurkumin aktifnya memiliki sifat sebagai anti-inflamasi, antioksidan dan bahkan memiliki sifat sebagai anti kanker.

Salah satu studi yang mengamati efek kurkumin pada 44 pasien dengan lesi di usus yang bisa berubah menjadi kanker.

Mendapatkan kabar baik setelah selama 30 hari mengonsumsi 4 gram kurkumin secara rutin. Karena resiko kanker usus besar menurun hingga 40%.

  1. Buah Sitrus

Dalam beberapa penelitian di temukan bahwa mengonsumsi buah sitrus termasuk buah lemon, jeruk nipis, dan anggur dikait-kaitkan dengan resiko kanker yang lebih rendah.

Sebuah penelitian besar juga menemukan bahwa meningkatkan pengonsumsian buah jeruk akan menurunkan resiko kanker saluran pencernaan dan saluran pernapasan bagian atas.

  1. Biji Rami

Memiliki kandungan yang tinggi akan serat, menjadikan biji rami sebagai salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh penderita kanker.

Selain baik untuk kesehatan jantung, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa biji rami memiliki sifat untuk menghentikan dan membantu membunuh sel kanker.

  1. Tomat

Likopen adalah senyawa yang ditemukan pada tomat yang bertanggung jawab untuk memberikan warna pada buah satu ini.

Selain memberikan warna, ternyata tomat juga memiliki sifat sebagai anti kanker. Yang berkhasiat untuk membantu menurunkan resiko penyakit kanker prostat.

  1. Bawang Putih

Kandungan senyawa aktif yang ditemukan pada bawang putih allicin adalah sejenis antioksidan yang terbukti memiliki khasiat untuk membunuh sel-sel kanker.

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa hubungan antara asupan bawang putih dan resiko penurunan beberapa jenis kanker tertentu.

Salah satu studi yang melibatkan 543.220 peserta juga mengemukakan bahwa mereka yang banyak mengonsumsi sayuran dengan allium atau allicin.

Termasuk bawang putih, bawang bombay, daun bawang dan bawang merah memiliki resiko kanker perut, kanker prostat dan kanker kolorektal yang jauh lebih rendah.

Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi.

  1. Ikan Berlemak

Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi ikan berlemak ke dalam list menu harian Anda, maka akan membantu mengurangi resiko penyakit kanker.

Salah satu penelitian besar juga menemukan bahwa asupan ikan berlemak yang tinggi akan menurunkan resiko penyakit kanker saluran pencernaan.

Khususnya ialah ikan berlemak, seperti : Ikan tuna, ikan salmon, ikan makerel, dan ikan teri yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin D.

Baca Juga : Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Kanker

Pantangan Makanan untuk Penderita Kanker

  1. Alkohol

Sebuah studi menunjukan bahwa alkohol memiliki keterkaitan terhadap peningkatan resiko penyakit kanker payudara.

  1. Daging Merah

berbagai jenis daging merah terutama yang diolah dengan cara di bakar dan dipanggang sangat tidak dianjurkan pengonsumsiannya oleh penderita kanker.

Karena mengolah protein hewani dengan cara yang demikian, akan semakin meningkatkan suhu panas di dalam tubuh serta meningkatkan karsinogenik pemicu kanker.

  1. Makanan yang Diawetkan

Berbagai jenis makanan yang diawetkan termasuk selai, acar, krim dan telur abad mengandung nitrit yang bersifat karsinogenik.

  1. Garam dan Gula

Mengonsumsi makanan mengandung garam dan gula yang berlebihan atau berbagai jenis makanan berminyak sangat tidak dianjurkan karena akan semakin memperburuk kondisi pasien.

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kanker

Sumber

    https://www.healthline.com/nutrition/cancer-fighting-foods

    https://www.allaboutcancer.fi/facts-about-cancer/what-is-cancer/

    https://www.webmd.com/cancer/understanding-cancer-basics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *