Kanker Vagina – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Hello good readers! Welcome back to website Mujahadah.Net

Di kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar masalah kesehatan yang harus diwaspadai oleh kamu para leadies!

Ya, kita akan membahas masalah Kanker Vagina – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya. Tentu kalian ingin terhindar dari penyakit yang satu ini kan? Untuk itu, mari kita simak ulasan berikut ini…

Kanker Vagina – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Kanker vagina adalah kanker langka yang terjadi di vagina Anda (tabung berotot yang menghubungkan rahim Anda dengan alat kelamin luar).

Vagina dilapisi oleh lapisan sel datar yang disebut sel skuamosa. Lapisan sel ini juga disebut epitel karena ia dibentuk oleh sel-sel epitel.

Kanker vagina paling sering terjadi pada sel-sel yang melapisi permukaan vagina Anda, yang kadang-kadang disebut saluran lahir.

Sementara beberapa jenis kanker dapat menyebar ke vagina Anda dari tempat lain di tubuh Anda, kanker yang dimulai pada vagina Anda (kanker vagina primer) jarang terjadi.

Ada beberapa jenis utama kanker vagina, termasuk :

  • Sel skuamosa. Jenis kanker ini dimulai pada sel datar dan tipis (sel skuamosa) yang melapisi permukaan vagina, dan merupakan jenis yang paling umum.
  • Adenokarsinoma. Jenis kanker ini dimulai pada sel kelenjar vagina. Ini paling umum pada wanita berusia di atas 50 tahun. Ini adalah jenis kanker vagina yang paling umum kedua.
  • Melanoma. Seperti jenis kanker kulit melanoma yang lebih umum, jenis kanker ini berkembang di sel-sel penghasil pigmen (melanosit) vagina Anda.
  • Sarkoma. Jenis kanker ini berkembang di sel-sel jaringan ikat atau sel-sel otot di dinding vagina Anda.

Seberapa Umumkah?

Kanker vagina adalah jenis kanker yang menyerang wanita. Jenis kanker ini lebih umum pada wanita di atas usia 60 tahun.

Wanita yang memiliki human papillomavirus (HPV) berisiko lebih tinggi terkena kanker vagina.

Diagnosis kanker vagina tahap awal memiliki peluang terbaik untuk sembuh. Kanker vagina yang menyebar ke luar vagina jauh lebih sulit diobati.

Penyebab Kanker Vagina

Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker vagina. Secara umum, kanker dimulai ketika sel-sel sehat memperoleh mutasi genetik yang mengubah sel-sel normal menjadi sel-sel abnormal.

Sel-sel sehat tumbuh dan berkembang biak pada tingkat yang ditentukan, akhirnya mati pada waktu yang ditentukan.

Sel-sel kanker berkembang di luar kendali, dan mereka tidak mati. Penumpukan sel abnormal membentuk massa (tumor).

Sel-sel kanker menyerang jaringan terdekat dan dapat terputus dari tumor awal untuk menyebar di tempat lain di tubuh (bermetastasis).

Penyebab kanker vagina termasuk :

  • Human papilloma virus (HPV). Infeksi menular seksual ini adalah penyebab paling umum dari kanker vagina.
  • Kanker serviks sebelumnya. HPV juga sering menyebabkan kanker serviks.
  • Paparan dalam terhadap dietilstilbestrol (DES). Obat ini dulunya diberikan kepada wanita hamil untuk mencegah keguguran. Kanker vagina yang disebabkan oleh DES sekarang sangat jarang.

Faktor Risiko

Faktor risiko untuk kanker vagina termasuk :

  • Pernah menjalani histerektomi sebelumnya, apakah itu untuk massa yang jinak atau ganas
  • Merokok yang menggandakan risiko kanker vagina
  • Lebih tua dari 60 tahun
  • Menderita HIV
  • Paparan awal HPV melalui aktivitas seksual.

Gejala Kanker Vagina

Kanker vagina dini mungkin tidak menyebabkan tanda dan gejala apapun. Seiring perkembangan, kanker vagina dapat menyebabkan tanda dan gejala seperti :

  • Pendarahan vagina yang tidak biasa, misalnya setelah berhubungan seksual atau setelah menopause dan perdarahan di antara menstruasi
  • Keputihan encer
  • Buang air kecil yang menyakitkan atau sering
  • Nyeri panggul, terutama saat berhubungan seks
  • Sembelit
  • Benjolan atau massa di vagina Anda.

Meskipun 8 dari 10 wanita dengan kanker vagina invasif memiliki satu atau lebih dari gejala-gejala ini. Dalam beberapa kasus, kanker vagina tidak memiliki gejala. Dalam kasus ini, ini dapat ditemukan selama pemeriksaan panggul rutin.

Bahaya atau Komplikasi Kanker Vagina

Kanker vagina dapat menyebar (bermetastasis) ke area yang jauh dari tubuh Anda, seperti paru-paru, hati, dan tulang Anda.

Pilihan perawatan Anda untuk kanker vagina tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis kanker vagina yang Anda alami dan stadiumnya. Perawatan untuk kanker vagina biasanya termasuk pembedahan dan radiasi.

Perawatan untuk kanker vagina dapat memiliki dampak emosional yang signifikan, terutama pada wanita yang belum mencapai menopause dan perlu menjalani radioterapi atau histerektomi.

Kedua perawatan ini memicu menopause dini, yang berarti bahwa banyak wanita harus menerima kenyataan bahwa mereka tidak akan pernah dapat memiliki anak.

Ini bisa sangat traumatis bagi wanita dengan adenokarsinoma sel jernih karena saat mereka remaja biasanya kanker berkembang.

Pengangkatan sebagian atau seluruh vagina bisa menimbulkan trauma bagi wanita pra dan pasca menopause, dan banyak wanita merasa kurang ‘kewanitaan’ daripada sebelumnya.

Tidak jarang merasakan kehilangan setelah perawatan dan pada beberapa wanita, ini dapat memicu dimulainya depresi.

Dan untuk Anda yang sekarang sedang mengalami kanker vagina, kami sarankan lakukan pengobatan yang alami dan aman agar tidak mengalami beberapa komplikasi tersebut.

Pengobatan yang aman yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi obat herbal Zedoril 7 yang sudah terbukti ampuh dan aman dalam mengobati berbagai jenis kanker, termasuk kanker vagina yang saat ini menyerang Anda.

Kanker Vagina – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Sumber

    https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15579-vaginal-cancer

    https://www.healthline.com/health/vaginal-cancer

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vaginal-cancer/symptoms-causes/syc-20352447

    https://www.hse.ie/eng/health/az/c/cancer,-vaginal/complications-of-vaginal-cancer.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *