Penyakit Kanker – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Kanker, penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Apa tanggapan Anda tentang penyakit yang satu ini? Pasti sangat menakutkan bukan?

Anda tidak ingin menderita penyakit kanker? Untuk itu, cegah mulai dari sekarang ! Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Langkah pencegahannya, salah satunya yaitu mengetahui apa penyebab dari penyakit yang satu ini.

Jika Anda ingin mengetahui penyebab penyakit ini, kebetulan sekali tim MujaHadah.Net kali ini akan membahas seputar masalah Penyakit Kanker – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya.

Untuk itu simak baik-baik yah artikel nya 😉

Penyakit Kanker - Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Apa itu Penyakit Kanker ?

Kanker mengacu terhadap salah satu dari sejumlah besar penyakit yang ditandai melalui pertumbuhan sel-sel yang membelah tak terkendali dan memiliki kemampuan untuk menyusup dan menghancurkan jaringan tubuh yang normal.

Kanker sering memiliki kemampuan untuk menyebar ke seluruh tubuh Anda. Kanker adalah penyebab kematian kedua di Amerika Serikat.

Tapi tingkat kelangsungan hidup membaik untuk banyak jenis kanker, berkat perbaikan dalam skrining kanker dan pengobatan kanker.

Penyebab Penyakit Kanker

Kanker disebabkan oleh perubahan (mutasi) ke DNA di dalam sel. DNA di dalam sel dikemas menjadi sejumlah besar gen individu.

Masing-masing berisi seperangkat instruksi yang memberi tahu apa fungsi sel yang harus dilakukan, serta bagaimana menumbuhkan dan membaginya.

Kesalahan dalam instruksi dapat menyebabkan sel berhenti berfungsi normal dan memungkinkan sel menjadi kanker.

Apa yang dilakukan mutasi gen?

Sebuah mutasi gen dapat menginstruksikan sel sehat untuk :

  • Tumbuh lebih cepat. Suatu mutasi gen dapat memberitahu sel untuk tumbuh dan membelah lebih cepat. Ini menciptakan banyak sel baru yang semuanya memiliki mutasi yang sama.
  • Menghentikan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Sel-sel normal tahu kapan harus berhenti tumbuh sehingga Anda memiliki jumlah yang tepat dari setiap jenis sel.

Sel-sel kanker kehilangan kontrol (gen penekan tumor) yang memberi tahu mereka kapan  harus berhenti tumbuh. Suatu mutasi pada gen penekan tumor memungkinkan sel kanker untuk terus tumbuh dan berakumulasi.

  • Melakukan kesalahan saat memperbaiki kesalahan DNA. Gen perbaikan DNA mencari kesalahan dalam DNA dapat berarti bahwa kesalahan lain tidak dikoreksi, menyebabkan sel menjadi kanker.

Mutasi ini adalah yang paling umum ditemukan pada kanker. Tetapi banyak mutasi gen lain yang dapat berkontribusi menyebabkan kanker.

Apa yang menyebabkan mutasi gen ?

Mutasi gen dapat terjadi karena beberapa alasan, misalnya :

  • Mutasi gen yang telah ada sejak lahir. Anda mungkin dilahirkan dengan mutasi genetik yang di warisi dari orang tua Anda. Jenis mutasi ini menyumbang sejumlah kanker kecil.
  • Mutasi gen yang terjadi setelah lahir. Sebagian besar mutasi gen terjadi setelah Anda lahir dan tidak diwariskan.

Sejumlah kekuatan dapat menyebabkan mutasi gen, seperti radiasi, merokok, virus, karsinogen (zat kimia penyebab kanker), peradangan kronis, obesitas, hormon, dan kurangnya olahraga.

Gejala Penyakit Kanker

Tanda dan gejala yang disebabkan oleh kanker akan bervariasi tergantung pada bagian tubuh mana yang terkena. Beberapa tanda dan gejala umum yang terkait, tetapi tidak spesifik untuk kanker, termasuk :

  • Kelelahan
  • Benjolan atau area penebalan yang bisa dirasakan di bawah kulit
  • Perubahan berat badan, termasuk kehilangan atau keuntungan yang tidak diinginkan
  • Perubahan kulit, seperti menguning, menggelap atau kemerahan pada kulit, luka yang tidak akan sembuh, atau perubahan pada tahi lalat yang ada
  • Perubahan kebiasaan buang air besar atau kandung kemih
  • Batuk terus menerus atau kesulitan bernapas
  • Kesulitan menelan
  • Suara serak
  • Gangguan pencernaan atau ketidaknyamanan setelah makan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri otot atau sendi yang persisten dan tidak dapat dijelaskan
  • Demam yang berlangsung terus menerus, tanpa alasan atau berkeringat di malam hari
  • Pendarahan atau memar yang tidak jelas.

Bahaya Penyakit Kanker

Kanker dan perawatannya dapat menyebabkan beberapa komplikasi, termasuk :

  1. Rasa sakit

Nyeri bisa disebabkan oleh kanker atau oleh perawatan kanker, meskipun tidak semua kanker itu menyakitkan. Obat-obatan dan pendekatan lain secara efektif dapat mengobati nyeri terkait kanker.

  1. Perubahan kimia dalam tubuh Anda

Kanker dapat mengganggu keseimbangan kimia normal dalam tubuh Anda dan meningkatkan risiko komplikasi serius.

Tanda dan gejala ketidakseimbangan kimia mungkin termasuk rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, sembelit dan kebingungan.

  1. Masalah sistem otak dan saraf

Kanker dapat menekan saraf di dekatnya dan menyebabkan rasa sakit dan hilangnya fungsi satu bagian dari tubuh Anda.

Kanker yang melibatkan otak dapat menyebabkan sakit kepala serta tanda dan gejala seperti stroke, kelemahan pada satu sisi tubuh Anda.

  1. Reaksi sistem kekebalan tubuh yang tidak biasa

Dalam beberapa kasus sistem kekebalan tubuh dapat bereaksi terhadap kehadiran kanker dengan menyerang sel-sel sehat.

Disebut sindrom paraneoplastic, reaksi yang sangat langka ini dapat menyebabkan berbagai tanda dan gejala, seperti kesulitan berjalan dan kejang.

  1. Kanker yang menyebar

Saat kanker berkembang, ia dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh yang lain. Di mana penyebaran kanker tergantung pada jenis kanker.

Baca Juga Artikel Mengenai Kanker Lainnya:

  1. Kanker yang kembali

Korban kanker memiliki risiko kekambuhan kanker. Beberapa jenis kanker lebih mungkin kambuh daripada yang lain.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kekambuhan kanker.

Untuk menghindari berbagai komplikasi kanker yang sangat berbahaya itu, sebaiknya segeralah lakukan pengobatan.

Apabila Anda mengunjungi dokter, pasti dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi, radioterapi, kemoterapi, dan lainnya.

Tindakan tersebut memang upaya untuk menghilangkan kanker dalam tubuh. Namun, semua tindakan itu nantinya dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Untuk itu, jika Anda menderita kanker sebaiknya segera atasi penyakit Anda secara alami dengan menggunakan obat herbal Walatra Zedoril 7. Solusi terbaik dalam mengobati kanker secara aman, nyaman, dan efektif !!

Sumber

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cancer/symptoms-causes/syc-20370588

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *