7 Cara Mudah Mengatasi Stretch Marks Saat Hamil

7 Cara Menghadapi Stretch Marks Saat Hamil

Siapa yang tak tahu dengan stretch marks ? Ya, masalah kulit yang kerap terjadi pada wanita ini menjadi gangguan yang cukup besar untuk penampilan setiap wanita.

Eits namun jangan khawatir, karena kali ini mujahadah.net akan memberika solusi untuk masalah stretch marks yang Anda miliki. Ya, karena kali ini kita akan membahas 7 Cara Mudah Mengatasi Stretch Marks Saat Hamil.

Stretch marks dapat terjadi selama adanya perubahan mendadak pada ukuran tubuh, seperti kehamilan, pubertas, atau naiknya berat badan yang terjadi dalam waktu singkat.

[Tweet: “90% wanita hamil akan mempunyai stretch marks pada perut, pinggul dan paha mereka. Dan sayangnya, stretch mark ini seperti semacam kondisi genetik.

Yang jika seorang ibu memiliki stretch marks maka besar kemungkinan anaknya juga akan berpeluang untuk mengalami hal yang sama.”]

7 Cara Mudah Mengatasi Stretch Marks Saat Hamil

Meskipun begitu, jangan takut. Karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stretch marks, sekaligus mengurangi munculnya stretch mark yang baru atau pun yang lama.

Lihat beberapa pilihan yang tercantum di bawah ini :

1. Menggunakan pelembab

Studi perbandingan pelembab herbal menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan pelembab dalam sehari-hari menujukan kemajuan yang signifikan pada tampilan dan keelastisan kulitnya.

Anggap saja seperti ini: jika kulit Anda sering meregang, maka dengan penggunaan losion kulit Anda tidak akan robek dan menyebabkan stretch mark karena kulit tersebut terhidrasi.

Anda bisa menggunakan pelembab pada stretch marks yang baru atau pada area yang Anda khawatirkan akan terkena stretch marks di masa yang akan datang.

Meskipun penggunaan lotion pada stretch marks lama kehadirannya masih akan terlihatan dan tidak akan seefektif saat Anda menggunakan pelembab saat stretch mark baru pertama kali muncul.

Jika Anda khawatir dengan bahan kimia yang berasal dari pelembab OTC (obat-obatan yang dapat diperoleh tanpa resep dokter), Anda bisa membuat sendiri pelembab dengan mencampurkan minyak gandum, minyak zaitun, dan lidah buaya.

Pada sebuah penelitian yang menunjukan bahwa kombinasi bahan-bahan tersebut merupakan pelembab alami terbaik yang bisa atasi stretch marks.

2. Gunakan Retin-A

Sebuah studi dari University of Michigan menyarankan bahwa orang-orang yang menggunakan Retin-A (atau krim asam retinoat) pada stretch mark yang baru muncul menunjukan kemajuan yang besar.

Retin-A adalah solusi untuk meningkatkan produksi kolagen, membantu kulit dalam menyamarkan bekasnya dan menghindari rasa sakit.

Perhatikan bahwa Anda tidak boleh menggunakan produk yang mengandung asam retinoat jika Anda sedang hamil atau menyusui. Karena itu akan berpotensi menyebabkan cacat lahir pada manusia.

Retin-A juga tidak akan efektif jika digunakan pada stretch mark lama. Kemungkinan untuk mendapatkan produk tertentu seperti Retin-A, Renova, Tazorac dan Differin Anda membutuhkan resep dokter.

Dikarenakan semua bahan tersebut mengandung asam retnoid. Batasi paparan sinar matahari pada kulit yang sedang di obati dengan Retin-A. Karena hal tersebut dapa membuat kulit lebih rentan untuk terbakar.

3. Menggunakan Lextrin

Lextrin adalah krim stretch mark FDA terdaftar yang memiliki kandungan tinggi akan minyak essensial dan vitamin yang dapat membantu merawat dan mengurangi tampilan dari stretch marks.

Lextrin memiliki kandungan aktif yaitu asam hyarolunic, thuja occidentalis dan centella asiatica yang telah terbukti dapapt mengurangi tampilan stretch marks paling singkat 2 minggu.

Perawatan juga dapat memakan waktu sampai dnegan 3 bulan hingga selesai. Perhatikan bahwa Anda tidak boleh menggunakan produk yang mengandung occidentalis jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Karena dapat mengakibatkan kecacatan lahir pada manusia.

4. Menggunakan asam glikolat

Penggunaan asam glikolat pada stretch marks dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit Anda lebih elastis secara keseluruhan.

Sebagai asam alpha-hydrocy (AHA), yang berasal dari komponen keluarga yang sama dan juga sering digunakan dalam pengelupasan kulit kimia.

Asam glikoat adalah bahan yang aman untuk digunakan pada kulit Anda selama kehamilan. Anda harus sangat hati-hati menjaga kulit yang sedang diobati dengan asam glikolat dari paparan sinar matahari.

Asam glikoat bisa Anda beli tanpa resep dokter. Untuk perawatan lebih, Anda bisa mendapatkan dosis tambahan dari dokter kulit yang sudah berlisensi.

5. Kombinasi asam glikoat dan Retin A

Ketika menggunakan asam glikoat dan Retin A secara bersamaan ternyata dapat menunjukan perubahan secara drastis pada tampilan stretch marks.

Jika Anda memilih cara ini Anda mungkin akan “mempersiapkan” kulit Anda dengan Retin-A sebelum menggunakan asam glikoat.

Jangan menggunakan Retin-A jika Anda sedang hamil atau menyusui. Karena Retin A dapat menyebabkan cacat kelahiran yang parah.

Jika Anda harus menemui dokter untuk medapatakan resep untuk Retin A, tanyakan pada dokter tersebut seperti apa saran yang diberikan untuk menggabungkannya dengan asam glikoat.

6. Mencoba minyak vitamin E

Minyak vitamin E seringkali dikatakan sebagai pengobatan ajaib untuk mengobati strtch marks.

Meskipun ada salah satu studi yang menunjukan bahwa akan sangat efektif pada wanita yang sudah pernah hamil sebelumnya, dan tidak efektif pada penggunaan umum.

Namun pengobatan ini tidaklah menyakitkan selama digunakan dalam dosis sedang. Cobalah untuk mencampurkan minyak vitamin E dengan pelembab yang biasa Anda gunakan untuk merasakan khasiatnya secara efektif.

7. Minyak telur

Minyak telur jika digunakan secara rutin pada trimester pertama dapat mencegah kemunculan stretch mark yang berhubungan dengan kemahilan.

Pijat dengan lembut minyak telur ini pada seluruh bagian perut 2 kali sehari dimulai dari minggu ke 8 sammpai 6 bulan setelah kelahiran.

Jadi Anda tidak perlu takut dan khawatir lagi dalam menghadapi stretch marks. Karena cara-cara diatas mampu mencegah dan mengobati stretch marks secara alami.

Jika Anda merasa kurang percaya diri atau ragu untuk mencoba beberapa cara alami untuk menghilangkan stretch mark tersebut. Anda bisa mengajukan pertanyaan atas keraguan Anda tersebut pada kami, melalui kolom komentar yang tersedia. 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *