Ibu Menyusui – Definisi dan Penyakit Terkait

Ibu Menyusui - Definisi dan Penyakit Terkait

Semuanya sudah tentu tahu bahwa menyusui merupakan hal hanya bisa dilakukan oleh wanita. Setelah melahirkan sang ibu tidak lepas tanggung jawab begitu saja.

Mereka diwajibkan untuk menyusui si bayi yang telah dilahirkannya. Untuk membahas lebih dalam mengenai permasalahan tersebut yuk Sahabat Mujahadah.NET kita simak sama-sama artikel mengenai Ibu Menyusui – Definisi dan Penyakit Terkait.

Menyusui adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan setiap ibu yang baru melahirkan.

Menyusui ini bertujuan untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan sang buah hati.

ASI atau Air Susu Ibu mengandung antibodi yang tidak dapat direkayasa. Bahkan Menurut Jim Sears, MD co-author dari The Baby Book mengatakan bahwa “bayi yang menyusui lebih rendah terkena flu, sinus dan infeksi telinga”.

Para bayi yang mendapatkan air susu ibu juga tidak beresiko tinggi mengalami diare, konstipasi. ASI juga membantu menurunkan kemungkinan sang anak untuk memiliki alergi.

Selama jangka panjang, menyusui dapat membantu mencegah kanker payudara dan kanker ovarium untuk para ibu.

Dalam jangka pendek, kontak fisik antara bayi dan sang ibu dapat meningkatkan kualitas kedekatan ibu dan bayi.

Manfaat Menyusui untuk Si Buah Hati

ASI memberikan nutrisi yang ideal untuk sang bayi. Nutrisi tersebut memiliki campuran antara vitamin, protein dan lemak yang sempurna.

Dimana kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi Anda. Tidak hanya itu, kandungan-kandungan tersebut akan mudah dicerna dari pada susu formula.

ASI mengandung antibodi yang dapat membantu bayi Anda melawan virus dan bakteri. Menyusui dapat menurunkan bayi Anda dari resiko asma dan alergi.

Serta bayi yang mendapatkan asi secara eksklusif pada 6 bulan pertama, tanpa susu formula lebih rendah terkena infeksi telinga, penyakit pernapasan dan diare.

Menyusui telah dikaitkan pada angka IQ yang lebih tinggi pada anak-anak pada beberapa penelitian.

Terlebih lagi kedekatan fisik melalui sentuhan dan tatapan amta dapat membantu bayi Anda terasa terikat dan merasa nyaman.

Bayi menyusui berat badannya lebih mungkin mendapatkan berat badan yang tepat saat mereka tumbuh. Dengan begitu anak Anda kedepannya rendah resiko mengalami obesitas.

AAP mengatakan bahwa menyusui juga memmiliki peran penting dalam mencegah sindrom kematian bayi mendadak.

Sehingga kemampuan tersebut  telah dianggap dapat menurunkan resiko diabetes, obesitas serta beberapa jenis kanker, namun penelitian lebih lanjut masih di butuhkan.

Sejumlah Kondisi dan Penyakit yang Berkaitan dengan Ibu Menyusui :

  1. Osteoporosis

Osteoporosis pada ibu menyusui sering terjadi ketika sang ibu kurang mendapatkan asupan kalsium ketika hamil.

Pada saat melahirkan sang ibu beresiko kekurangan kalsium karena kondisi tersebut. Biasanya osteoporisis ini sering dirasakan oleh wanita yang berusia 30-40 tahun.

  1. Nyeri punggung

Nyeri punggung adalah suatu gangguan kesehatan yang paling sering dialami, baik itu pada saat ibu hamil ataupun menyusui.

Penyebab nyeri punggung ini juga beragam. Salah satunya ialah ketika ada sesuatu yang salah ketika proses persalinan.

Hal ini dapat membuat Anda merasakan nyeri paling sebentar 6 bulan. Namun tak perlu khawatir, dengan melakukan olahraga secara rutin, kondisi tersebut dapat diatasi dengan mudah.

  1. Hernia

Selain kesalahan proses persalinan menyebabkan nyeri punggung, hernia juga bisa terjadi akibat hal tersebut.

Hernia sering ditandai dengan adanya pertumbuhan daging di bagian perut dan membutuhkan pemotongan supaya daging tersebut dapat dihilangkan.

  1. Batu empedu

Saat hamil, hormon progresteron di sekresikan dalam jumlah yang banyak. Hormon progesteron ini ternyata dapat menghambat sekresi cairan empedu.

Yang pada akhirnya ibu menyusui rentan terkena batu empedu. Karena itulah selama menyusui Anda cukup beresiko menderita gangguan kesehatan ini.

  1. Mastitis

Mastitis merupakan infeksi yang sering menyerang payudara dan menyebabkan rasa sakit sampai demam.

Apabila Anda menderitamastitis saat menyusui, hendaknya untuk menunda dulu proses menyusui. Periksakan ke dokter Anda untuk memastikan pengobatan yang aman.

  1. Depresi

Selain penyakit fisik, saat menyusui para ibu juga bisa saja mengalami depresi. Depresi sendiri adalah salah satu gangguan mental yang serius.

Dari kondisi tersebut Anda bisa saja mengalami rambut rontok dan kehilangan berat badan. gangguan ini biasanya menyebabkan depresi klinis dan terkadang membutuhkan penanganan medis.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan seputar Ibu Menyusui – Definisi dan Penyakit Terkait.

Semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa share ya…

Sumber

    https://www.parents.com/baby/breastfeeding/basics/breastfeeding-advice/?slideId=slide_905274b8-6b91-454d-bb65-fb0174e41bd4#slide_905274b8-6b91-454d-bb65-fb0174e41bd4

    https://www.webmd.com/parenting/baby/nursing-basics#1

    https://lifestyle.okezone.com/read/2015/08/03/481/1189903/enam-masalah-kesehatan-sering-dialami-ibu-menyusui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *