Cara Mengobati Bibir Pecah-Pecah atau Kering

Bibir kamu pecah-pecah?? Terasa ganggu pada saat makan? Tidak nyaman? Kadang bibir berdarah hingga perih? Mau tahu cara mengobatinya?

Hanya di MujaHadah.NET kamu bisa mengetahui berbagai Cara Mengobati Bibir Pecah Pecah atau Kering. Jadi pantengin terus ya artikelnya !!

Cara Mengobati Bibir Pecah-Pecah atau Kering

‘BIBIR PECAH-PECAH’

Pernahkah kamu mengalami bibir pecah-pecah? Kebanyakan orang memang sering mengira bahwa bibir pecah-pecah ini muncul saat musin kemarau panjang atau panas.

Padahal, bibir pecah ini juga sering dialami oleh mereka pada saat musim dingin atau hujan juga. Bibir pecah-pecah sendiri merupakan salah satu istilah yang menggambarkan bagian bibir Anda kering.

Terkadang, adanya bibir pecah ini akan membuat bibir Anda menjadi terlihat retak, mengelupas dan kadang berdarah.

Meski semua orang akan pernah mendapatkan kondisi ini sewaktu-waktu, namun ingat ya bibir pecah-pecah ini bisa menjadi petunjuk bahwa kondisi Anda sedang tidak stabil atau adanya penyakit tertentu.

Misalnya kekurangan vitamin, menggunakan pasta gigi yang salah dan dehidrasi.


Penyebab Bibir Pecah-pecah

Sebenarnya, bibir manusia memiliki kondisi yang begitu unik dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Bagian ini, pada dasarnya tidak dibekali oleh kelenjar minyak untuk bisa menjaga kelembapan.

Oleh karena itu, paparan sinar matahari atau rendahkan kelembapan udara bisa membuat bibir Anda menjadi kering atau pecah-pecah dengan mudah.

Selain disebabkan oleh itu, beberapa kondisi medis seperti iritasi, kurang gizi dan efek samping dari obat-obatan juga bisa menimbulkan bibir Anda pecah-pecah loh.

Penyebab umum lainnya adalah sering kebiasaan menjilat bibir. Padahal air liur dari lidah ini, akan bisa mengupas kelembapan bibir hingga menjadi kekeringan.

Bahkan kondisi tersebut, akan bisa membuat kondisi bibir kamu menjadi memburuk. Karena itulah, penting sekali jika Anda harus mengenali gejala bibir pecah-pecah agar tidak memerlukan perawatan yang lebih.


Gejala Bibir Pecah-pecah

Salah satu gejala yang mungkin kamu temukan ketika mengalami bibir pecah-pecah adalah :

  • Retak
  • Bersisik
  • Luka
  • Berdarah
  • Kekeringan
  • Mengelupas
  • Pembengkakan

Tahukah Kamu?

Bibir pecah-pecah, juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan gizi.

Maka dari itulah, periksalah jika Anda mengalami gejala lain seperti mulut kering, sembelit, pusing, sakit kepala, penurunan produksi urin, demam dan detak jantung semakin cepat.

Dan temui dokter jika anda mengalami tanda seperti :

  1. Terdapat warna merah muda gelap
  2. Tekturnya kental
  3. Mengembang seperti borok
  4. Adanya plak putih di permukaan
  5. Cheilitis dan penyakit Crohn

3 Bahan Alami Hilangkan Bibir Pecah-pecah

Mengobati bibir kering juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan beberapa bahan umum lainnya di rumah.

Dan untuk memperbaiki bibir pecah-pecah, Anda bisa menggunakan salah satu dari tiga obat bibir pecah-pecah sederhana dibawah ini !!

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa mengatasi masalah bibir kering Anda, karena mampu membantu meningkatkan kesehatan kuli terutama kulit bagian bibir Anda secara alami.

Hal itu karena minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah (MCFAs), yang mana kandungannya mudah diserap oleh kulit.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam minyak kelapa juga berfungsi untuk mencegah produksi radikal bebas yang mana bisa merusak banyak sel.

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa murni di atas bibir Anda untuk mencegah hidrasi instan.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang memiliki sifat antiinflamasi, yang bisa membantu Anda untuk menghilangkan dan menenangkan rasa sensasi menyengat atau perih.

Jika Anda ingin menenangkan bibir pecah-pecah yang kering atau perih, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada bibir Anda secara rutin.

3. Madu dan air mawar

Kedua bahan alami ini memang dapat membantu Anda untuk mencegah keretakan pada kulit bibir Anda dan memberikan kelembapan yang dalam secara alami.

Untuk mendapatkan itu semua, Anda bisa mengoleskan air mawar yang telah dicampurkan dengan madu pada bibir Anda selam 15 menit.

Setelah itu, Anda bisa mencucinya kembali dan lakukan secara berulang kali sampai bibir Anda terasa lembut dan lebih terjaga kelembapannya.


8 Cara Mengobati Bibir Pecah-Pecah atau Kering

Selain menggunakan bahan alami di atas, Anda bisa menggunakan cara lain untuk membantu mengatasi bibir Anda yang pecah-pecah. Misalnya :

1. Eksfoliasi

Cara Mengobati Bibir Pecah-Pecah dengan Eksfoliasi

Menggosok bibir Anda dengan campuran minyak zaitun atau kelapa dan gula buatan rumah adalah salah satu cara alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

Pencampuran antara minyak, gula dan air hangat ini, tentu akan membantu pengelupasan kulit bibir kering Anda yang mati atau bersisik. Untuk itu, lakukan cara ini jika Anda mengalami bibir pecah-pecah.

2. Menggunakan Lip Balm

Cara Mengobati Bibir Pecah-Pecah dengan Lip Balm

Menggunakan lip balm adalah salah satu cara paling praktis wanita untuk mencegah bibir kering atau pecah-pecah.

Dengan menggunakan lipm balm berkualitas yang diperkaya shea butter, minyak almond, dan Hydra IQ, tentu akan memberikan pelembab intens yang tahan lama di bagin bibir Anda.

Selain itu, penggunaan lip balm ini akan membantu Anda mengunci hidrasi dan melindungi bibir Anda dari kekeringan selanjutnya.

3. Gunakan Tabir Surya

Cara Mengobati Bibir Pecah-Pecah dengan Gunakan Tabir Surya

Bila Anda berencana untuk pergi keluar dan seharian harus dibawah terik sinar matahari, biasakan menggunakan lip balm dengan tabir surya.

Hal ini akan membantu Anda lebih menjaga kesehatan bibir agar tidak terasa terbakar, mengelupas, perih dan kekeringan.

4. Banyak Minum Air Putih

Cara selanjutnya untuk mengatasi bibir pecah-pecah adalah mengkonsumsi air putih. Air putih ini tentu akan membuat tubuh Anda lebih menjaga kelembapan terutama pada bagian bibir.

Disamping itu, mengkonsumsi banyak air putih bisa mencegah tubuh dari dehidrasi dan terhindari dari bibir kering atau pecah-pecah.

Maka dari itu, biasakan untuk mengkonsumsi 8 gelas air putih atau setara 2 liter air setiap hari ya !

5. Kurangi Menjilat Bibir

Seperti yang dikatakan tadi, air ludah memang akan membuat bibir kamu semakin terlihat kekeringan.

Maka dari itulah, jauhi kebiasaan buruk menjilati bibir Anda sendiri jika bibir kamu ingin terlihat lembab dan tidak kering.

6. Rajin Melakukan Scrub Bibir

Melakukan scrubbing pada bibir juga termasuk hal yang penting kamu lakukan untuk mencegah bibir kering atau pecah-pecah.

Kamu bisa membuat scrub bibir alami dirumah dengan menggunakan gula pasir dan madu.

Campurkan kedua bahan masing-masing 2 sdm gula dan 1 sdt madu pada wadah sampai merata. Bila sudah, baru Anda bisa mengoleskannya pada bibir kering atau pecah.

7. Konsumsi Buah dan Sayuran

Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, mengkonsumsi buah dan sayuran sehat juga perlu dikonsumsi oleh Anda yang mengalami bibir pecah-pecah.

Buah dan sayur kaya vitamin C inilah yang akan membantu bibir kamu terlihat lebih lembab dan tidak kering.

Buah apel, pepaya, kubis, brokoli, kembang kol dan jeruk inilah merupakan contoh buah dan sayuran kaya vitamin C.

8. Jauhi Alergen

Khusus buat kamu yang memiliki bibir sensitif, pastikan kulit bibir Anda terjauhi dari produk kosmetik pewarna, parfum atau pewangi lainnya untuk mencegah bibir iritasi.


Itulah tips beserta cara alami yang bisa kamu lakukan ketika bibir kamu pecah-pecah. Apabila Anda mencari herbal yang bisa mengatasi keluhan penyakit dalam dan membuat bibir Anda menjadi pecah-pecah parah.

Sebaiknya bantu dengan mengkonsumsi herbal alami QnC Jelly Gamat. Selain aman, produk ini sudah terbukti khasiatnya dan mampu mengatasi penyakit luar dan dalam secara efektif. SAATNYA KAMU COBA !!

Sumber

    https://www.healthline.com/symptom/chapped-lips

    https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-chapped-lips#when-to-see-a-doctor

    https://www.nivea.com.au/skin-care-tips/face-care/lips/how-to-fix-dry-lips

    https://www.idntimes.com/life/women/maria-liana/8-cara-atasi-bibir-kering-pecah-pecah-c1c2/full

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *