7+ Obat Sakit Punggung Di Apotik

Hallo sobat MujaHadah.Net, kali ini kita akan membahas tentang “7+ Obat Sakit Punggung Di Apotik”, sebelumnya seperti biasa kita cari tahu dulu “Apa itu nyeri punggung ?”.

Obat Sakit Punggung Di Apotik

Nyeri punggung merupakan kondisi dimana adanya rasa nyeri atau kaku pada bagian tulang belakang, di mulai dari leher sampai tulang ekor.

Umumnya rasa sakit ini bukan akibat dari adanya kelainan akan tetapi merupakan gejala dari berbagai jenis penyakit yang di derita.

Gejala Nyeri Punggung

Sakit punggung biasanya menimbulkan beberapa gejala di antaranya :

  • Nyeri punggung hanya membaik ketika malam hari/ beristirahat.
  • Rasa nyeri yang timbul biasanya ringan akan tetapi berkepanjangan.
  • Terasa kaku dan nyeri pada punggung bagian bawah.

Penyebab Nyeri Punggung

Pada umumnya rasa nyeri pada bagian punggung ini akibat adanya bagian tulang punggung yang terkilir atau tegang, penyebab hal tersebut akibat dari :

  • Posisi duduk tidak benar
  • Melakukan peregangan tubuh berlebih
  • Sering berkendara atau sudah berkendara terlalu lama
  • Melakukan posisi membungkuk tanpa jeda
  • Salah posisi tubuh ketika melakukan mengangkat, menarik atau membawa barang.
  • Akibat gerakan berulang

Seperti yang telah di jelaskan di atas nyeri punggung dapat menjadi pertanda kondisi penyakit lain yang lebih serius.

Namun beberapa penyakit ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan akibat terkilir atau permasalahan pada struktur tulang belakang.

Berikut ini beberapa contoh penyakit yang bisa membuat sakit punggung :

  • Infeksi tulang belakang : infeksi ini terjadi akibat bakteri dan jamur.
  • Tumor: kemungkinan tumor/ kanker muncul pada tulang belakang, baik jinak maupun ganas bisa menyebabkan nyeri punggung.
  • Spondilolisis : kelainan struktur yang di sebabkan oleh patah atau retak pada salah satu ruas tulang belakang.
  • Spondilolistesis : kondisi posisi ruas tulang belakang bergeser akibat spondilolisis. Kedua kelainan ini dapat menyebabkan nyeri punggung khususnya pada atlet.
  • Sindrom Cauda Equina, kelaianan yang terjadi akibat ujung saraf tulang belakang pada bagian tulang ekor mengalami penekanan.

Faktor Resiko Nyeri Punggung

Obesitas Faktor Resiko Nyeri Punggung

Seseorang memiliki tinggi resiko nyeri pungung jika memiliki beberapa kondisi seperti berikut :

  • Obesitas (berat badan berlebih) dapat membuat tulang menjadi bekerja lebih keras untuk menopang tubuh.
  • Ketika akan berolahraga tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu.
  • Adanya gangguan psikologi (stres atau depresi)
  • Akibat merokok, kebiasaan ini dapat merusak jaringan tubuh
  • Mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang membuat tulang menjadi rapuh seperti kortikosteroid.
  • Duduk terlalu lama, misalnya ketika sedang bekerja.
  • Akibat janin yang menambah berat badan, dapat meningkatkan beban tulang belakang seorang wanita hamil di bandingkan pada wanita tidak hamil.
  • Anggota keluarga memiliki riwayat sakit punggung.
  • Akibat adanya kelainan punggung bawaan.
  • Efek bekas operasi punggung.

7+ Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Voltaren

Voltaren Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Obat ini memiliki manfaat untuk mengobati rasa sakit pada bagian punggung, voltaren memiliki kandungan natrium diklofenak.

Natrium diklofenak merupakan obat analgesik yang termasuk pada golongan anti-inflamasi non-steroid yang disebur dengan OAINS.

Kandungan tersebut dapat digunakan untuk meringankan gejala rematik , radang sendi, cedera, nyeri pada beberapa bagian sendi.

Penggunaan obat sesuaikan dengan dosis yang di anjurkan, sebab obat ini termasuk kedalam golongan obat keras. Jika mengalami efek samping serius segera larikan kerumah sakit terdekat.

Novalgin

Novalgin Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Novalgin mengandung bahan aktif metamizole yang banyak digunakan untuk meredakan sakit dan rasa nyeri mulai dari sedang sampai berat.

Obat ini dapat mengobati sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid dan nyeri setelah operasi beberapa nyeri lainnya.

Kandungan metamizole natriumnya berbeda-beda pada setiap bentuknya, seperti bentuk tablet mengandung 500mg/tablet dan bentuk syirup mengandung 250mg/ 5ml.

Penggunaan obat tidak di anjurkan untuk bayi kurang dari 3bulan atau berat badan di bawah 6 kg, ibu hamil, ibu menyusui, dan gangguan pendarahan.

Viostin DS

Viostin DS Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Viostis Ds dapat mengatasi nyeri sendi akibat adanya penipisan atau kerusakan tulang rawan pada sendi. Obat ini memiliki kombinasi dari glukosamin dan kondroitin yang bagus di gunakan untuk merangsang pembentukan tulang rawan sendi.

Glukosamin terkandung sebanyak 500mg, kondroitin sebanyak 400mg, mangan sebanyak 0,5 mg, polivinil pirolidon, magnesium stearat, dan metholcel tartazin cl.

Penggunaan obat ini cukup 1x sehari untuk pencegahan dan pemeliharaan sedangkan untuk pengobatan minum sebanyak 2-3x sehari diminum setelah makan.

Neo Rheumacyl Neuro

Neo Rheumacyl Neuro Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Obat sakit punggung ini merupakan jenis obat analgetik yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Nyeri yang dapat di atasi dengan obat ini antara lain nyeri punggung, kram dan kesemutan.

Penggunaan obat ini tidak di perbolehkan untuk ibu hamil, ulkus peptikum, pengidap broncos patik terhadap asetosal, rintis dan urtikaria.

Sorlex Cream

Sorlex Cream Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Obat ini dipercaya sangat manjur untuk mengobati sakit punggung, penggunaan cream lebih efektif ketimbang mengkonsumsi obat.

Dalam setiap gramnya cream ini mengandung ekstrak chamomile sebanyak 0,1%, menthol 5,5%, methylsulfonylmethane 2%, minyak gandapura 1,5%, camphora 0,5% dan capsaicin 0,06%.

Sorlex cream dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada bagian leher, otot, dan juga sendi. Jika mengalami efek samping cukup serius dan nyeri punggung tak kunjung sembuh segera periksakan diri ke dokter.

Paramex Nyeri Otot

Paramex Nyeri Otot Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Didalam obat ini mengandung paracetamol dan ibuprofen yang memiliki fungsi sebagai obat analgesik untuk meredakan nyeri.

Paracetamol memiliki manfaat untuk meredakan demam, sakit gigi dan sakit kepala. Sehingga paramex nyeri otot sangat baik untuk anda yang merasakan nyeri otot di sertai dengan demam.

Panadol Extend

Panadol Extend Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Kandungan Paracetamol didalamnya dapat meredakan nyeri otot dalam waktu yang lama, analgesic dalam obat dapat meredakan nyeri selama 8 jam.

Bentuk tablet bilayer membuat lapisan pertamanya langsung bekerja cepat meredakan nyeri, sedangkan lapisan kedua meredakan nyeri lebih lambat dan tahan lama.

Counterpain Cool Analgesic Gel

Counterpain Cool Analgesic Gel Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Obat oles ini dapat menjadi obat alernatif lain sebagai penghilang nyeri otot dalam bentuk gel transparan. Nyeri otot yang diakibatkan oleh keseleo, nyeri punggung, akibat olahraga dapat mereda oleh kandungan menthol didalamnya.

Lafasol Cream

Lafasol Cream Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Cream ini mengandung menthol yang dapat merelaksasi sendi dan otot tegang sehingga rasa sakit berkurang. Dengan cara mengoleskan cream ini dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah nyeri otot dan sendi yang tegang.

Salonpas Gel Patch

Salonpas Gel Patch Obat Nyeri Punggung Di Apotik

Obat sakit pinggang jenis koyo ini dapat memberikan sensasi dingin dan hangat yang nyaman di kulit. Koyo ini dikombinasi dari dua bahan yang efektif untuk meredakan nyeri otot.

Bahan tersebut adalah capsaicin dan menthol, menthol dapat meredakan nyeri sedangkan capsaicin dapat mempertahankan efek hangat agar lebih lama.

Itulah beberapa rekomendasi obat untuk pertolongan pertama untuk sakit punggung, jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

Sumber :

    https://my-best.id/13595/

    https://trikkesehatanbiayamurah.blogspot.com/2017/03/nama-obat-sakit-punggung-di-apotik-yg.html

    https://www.alodokter.com/nyeri-punggung

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *