Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat ntuk Kesehatan

Hallo brother and sister.. Hayo siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini ? Ya, buah yang sering kita jumpai pada salad atau bahkan sering dibuat jus juga ini, tidak lain dan tidak bukan ialah buah alpukat.

Lantas ada yang tau gak sih, apa saja keunggulan buah alpukat selain dari rasanya yang lezat ?? Mau tahu apa saja  Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan ? Yuk baca artikel selengkapnya 😉 Tapi, abis baca jangan lupa si share ya kaka..

Alpukat merupakan jenis tanaman buah yang berasal dari daerah dataran tinggi yaitu Amerika Tengah. Diperhitungkan, buah alpukat masuk ke Indonesia pada abad ke-18.

Pada tahun 1920-1930, Indonesia telah resmi mengintroduksi 20 varietas alpukat di USA yang bertujuan untuk memperoleh variestas baru yang unggul hingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai gizi dan kesehatan masyarakat setempat.

Jenis-jenis Buah Alpukat

Mendengar buah alpukat, tentu sangat tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain diketahui memiliki rasa yang begitu lembut dilidah, buah alpukat juga dicap sebagai jenis tanaman buah yang kaya bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Dan berikut ini, jenis-jenis buah alpukat unggul yang harus kamu ketahui dan wajib untuk dikonsumsi. Antara lain seperti :

Alpukat Wina

Alpukat wina memiliki berat sekitar 1,3-1,8 kilogram. Ciri utama yang dimilikinya adalah mempunyai daun pohon yang memanjang sekitar 12-25cm dan memiliki bunga yang berwarna kekuningan.

Selain itu, jenis alpukat ini memiliki rasa yang manis, gurih, lembut dan memiliki biji yang besar.

Jenis Alpukat Mentega

Jenis alpukat mentega, biasanya sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Alpukat ini memiliki tekstur daging yang kenyal, tebal, berwarna kuning dan tampak bersih seperti halnya mentega.

Alpukat Mentega Miki

Berbeda dengan alpukat mentega, buah alpukat mentega miki memiliki tekstur daging yang lembut dan memiliki ukuran lebih kecil dari pada jenis alpukat unggul lainnya.

Alpukat ini biasanya akan tumbuh didataran rendah yang beriklim panas, hingga akan menghasilkan bobot buah seberat 400-600 gram.

Alpukat Kendil

Alpukat kendil merupakan jenis alpukat yang hampir mirip dengan kendil dan termasuk sebagai jenis alpukat paling besar.

Buah ini biasanya akan mudah ditemukan pada daerah dataran tinggi sekitar 1.500 meter diatar permukaan laut. Dan tanaman ini akan sangat baik tumbuh, jika ditanam saat musim hujan.

Alpukat tanpa Biji

Alpukat tanpa biji tentunya tidak memiliki biji. Mungkin orang-orang akan aneh ketika mendengar jenis buah alpukat ini.

Namun, jenis alpukat tanpa biji memang benar-benar ada dan dicirikan memiliki daging buah lebih tebal karena tidak berbiji. Sama seperti jenis alpukat lainnya, alpukat ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut.

Alpukat Aligator

Alpukat aligator, sangat terkenal karena memilki bentuk yang unik yaitu lonjong, memanjang dan besar. Jenis alpukat ini memiliki rasa yang lebih lezat dan lebih pulen.

Kandungan Gizi Buah Alpukat

Buah Alpukat memang memiliki jenis yang berbeda-beda, namun kelebihan darinya ternyata sangat ampuh dalam mengatasi masalah penyakit.

Mampu mengatasi masalah seperti itu, karena buah alpukat memiliki kandungan gizi baik seperti tanin, zat alkaloida, saponin dan flavonoid. Sedangkan pada bagian daunnya memiliki kandungat zat seperti polifenol, gula alkohol persiit dan quersetin.

Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Buah alpukat merupakan buah yang unik, sampai menarik perhatian beberapa peneliti untuk menelitinya sebagai buah yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dan terbukti, bahwa buah alpukat ini ternyata mempunyai manfaat yang kuat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Manfaat tersebut seperti :

Memenuhi kebutuhan tubuh

Buah alpukat memang memiliki nilai gizi baik yang tinggi. Dalam satu porsi buah alpukat (100 gram) memiliki kandungan  nutrisi yang cukup tinggi.

Seperti sejumlah vitamin A, B1, B2, B3, seng, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, serat, karbohidrat dan kandungan lainnya yang dapat memenuhi dan melengkapi gizi seusai kebutuhan tubuh.

Mengatur tekanan darah tinggi

Menurut beberapa penelitian, buah alpukat memiliki kandungan mineral seperti kalium dan potasium tinggi yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus mengurangi risiko penyakit kardioviskular.

Menyehatkan jantung

Dikatakan sangat baik untuk jantung, karena buah alpukat ini memiliki kandungan minyak yang berasal dari asam oleat tak jenuh tunggal dan diyakini sebagai salah satu kandungan baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengandung serat tinggi

Kandungan yang terdapat pada buah alpukat, memiliki serat sebesar 7 gram dari 100 gram buah alpukat. Hal ini, akan sangat baik  jika dikonsumsi bagi mereka yang melakukan program penurunan berat badan.

Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Sejumlah penelitian buah alpukat, menunjukan bahwa mengkonsumsi alpukat secara teratur ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida darah hingga faktor risiko seperti jantung, bisa diturunkan dengan baik.

Meningkatkan antioksidan

Penelitian buah alpukat mengatakan bahwa alpukat merupakan buah sumber lemak sehat, tinggi vitamin A, D dan E seperti karateoid yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah antioksidan didalam tubuh.

Mengurangi gejala arthritis

Arthritis merupakan masalah penyakit umum yang saat ini rentan terjadi diberbagai belahan bumi. Namun, beberapa peneliti mengatakan bahwa minyak yang terdapat pada buah alpukat, ternyata bisa mengurangi gejala osteoarthritis secara signifikan.

Ada pertanyaan seputar buah alpukat yang belum dipahami ?? Yuk langsung tanyakan di kolom komentar yang tersedia di bawah.

Sumber

    https://www.healthline.com/nutrition/12-proven-benefits-of-avocado#section13

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *