Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Hallo sahabat mujahadah.net semua.. Apa kabar hari ini sahabat ? Semoga selalu dalam kondisi yang sehat dan prima ya. 😉

Gak salah deh berkunjung pada artikel yang satu ini. Karena kali ini kami akan membahas berita tentang apa saja Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan nih sahabat. But hati-hati kepleset ya, ini duku bukan dukun.. 😀

Yuk langsung ke intinya aja 😉 But after your finishing reading this article, dont forget to share yo.. 😉

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan buah duku. Jenis buah mungil namun memilki rasa manis yang sangat lezat untuk dikonsumsi.

Buah duku juga hampir serupa dengan buah pisitan dan langsat yang memiliki kulit buah berwarna kuning dengan ukuran buah yang tidak terlalu besar. Sayangnya buah ini tidak bisa kita nikmati setiap saat karena duku termasuk buah musiman.

Tinggi phon buah duku bisa mencapai 15 sampai 20 meter dengan diameter 30-40 cm. Pohon ini baru akan berbuah setelah usia 8-10 tahun.

Selain enak dimakan, apakah Anda tahu bahwa buah duku memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan? Disebut-sebut buah duku memiliki sejumlah senyawa yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk membuktikan hal tersebut Anda bisa melihat ulasan lengkapnya di bawah ini!

Sejarah Buah Duku

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaatnya terlebih dahulu kita haru mengetahui dari mana asal muasal buah ini.

Duku atau Lansium domesticum Corr adalah tanaman khas Indonesia yang mana keberadaannya sekarang sudah tersebar luas di berbagai daerah di Nusantara.

Beberapa sumber juga menyatakan bahwa buah duku merupakan buah asal Asia Tenggara bagian Barat, Semenanjung Thailand Barat hingga Kalimantan timur.

Pohon duku sendiri masih dapat dijumpai tumbuh secara liar namun sekarang ini lebih banyak dibudidayakan untuk kepentingan usaha.

Jenis-jenis Buah Duku

Di kalangan masyarakat ada 3 jenis buah duku yang paling populer yaitu:

  1. Duku komering, yang mempunyai cita rasa manis yang khas. Jenis duku ini diketahui ditanam di wilayah sungai Komering. Bahkan pemerintah setempat telah memberikan sertifikat resmi Indikasi Geografis yang menjadikan hak paten dari nama buah duku ini.
  2. Duku condet, seperti namanya buah duku ini berasal dari daerah Condet DKI Jakarta. Hal yang sangat istimewa dari jenis duku ini adalah buahnya yang bening dan manis namun memilii kulit yang tipis serta bijinya berukuran kecil. Duku condet menjadi buah kebanggan tersendiri di daerah asalnya.
  3. Duku matesih, nah kalau buah duku yang satu ini berasal dari Karanganyar Jawa Tengah. Tak seperti buah duku pada umumnya, duku matesih memilik ukuran yang lebih besar dan kulit buahnya yang tipis.

Ciri lainnya dari buah ini adalah daging buahnya memiliki tekstur kenyal berwarna putih dan mengandung kadar air yang banyak. Untuk pohon dewasa, jenis duku ini bisa menghasilkan buah sekitar 300-400 kg buah duku per pohonnya.

Kandungan Nutrisi Buah Duku

Berbicara mengenai manfaat buah duku untuk kesehatan tetunya hal ini akan sangat erat kaitannya dengan kandungan nutrisi.

Meskipun masih jarang sekali diketahui namun kandungan nutrisi dalam buah duku layak dibandingkan dengan jenis buah-buahan pada umumnya. Nah, apa sajakah kandungan dalam buah duku tersebut, ini dia selengkapnya:

  • Vitamin C

Buah duku diperkaya dengan vitamin C sehingga menjadikan buah ini bersifat antioksidan. Antioksidan merupkan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal serangan panyakit akibat radikal bebas.

Selain itu antioksidan juga mampu menjaga tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi maupun zat beracun.

Karena vitamin C bersifat antioksidan maka akan sangat cocok dijadikan sebagai pencegahan penuaan dini yang disebabkan oleh serangan radikal bebas.

  • Fosfor

Seperti yang kita tahu bahwa fosfor memberikan pengaruh baik terhadap kesehatan gigi. Mengonsumsi buah duku secukupnya akan meningkatkan kesehatan gigi dan menguatakannya.

  • Serat

Serat dalam buah duku dapat membantu melancarkan pencernaan bahkan dapat mencegah terjadi nya kanker dalam saluran pencernaan terutama kanker usus besar.

  • Vitamin E

Salah satu untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit adalah dengan mengonsumsi buah duku. Dikarenakan buah duku memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Vitamin E ini memberikan banyak manfaat seperti mencegah terjadinya penuaan dini, menjaga kelembaban kulit, melembutkan kulit, menjaga kulit dari sinar ultraviolet dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

Selain nutrisi telah disebutkan di atas buah duku juga dilengkapi dengan kalori, zat besi, lemak, karbohidrat, protein dan mineral.

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

  • Mengatasi Demam dan Sejumlah Masalah Pencernaan

Karena bersifat antioksidan membuat buah duku ini memiliki kemampuan untuk mencegah kanker usus besar dengan memperbanyak jumlah bakteri baik dalam usus berkat kandungan serat tinggi dalam buah duku.

Bahkan penelitian yang dilakukan di Institus Pertanian Bogor (IPB) menyebutkan bahwa biji duku dapat digunakan sebagai obat tradisional yang dapat menurunkan demam.

  • Mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh

Kadar kolesterol dapat dikendalikan dengan bantuan vitamin C dari buah duku. Jumlah kolesterol yang terkendali dapat menurunkan terjadinya batu empedu dan penyakit berbahaya lainnya.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Duku mengandung riboflavin, tiamin, B1 dan B2. Dimana tiamin ini mampu mencegah penyakit jantung. Riboflavin juga berperan aktif dalam mendukung produksi energi dan asupan karbohidrat harian yang dibutuhkan.

  • Mempercepat pemulihan tubuh setelah sakit

Setelah sakit tubuh Anda tidak akan langsung kembali normal. Untuk mengembalikan energi yang hilang disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan.

Salah satunya dengan mengonsumsi buah duku yang dilengkapi dengan sejumlah nutrisi yang akan membantu mempercepat pemulihan tubuh.

  • Memperkuat gigi

Kandungan khusus seperti fosfor dalam buah duku mampu memperkuat gigi Anda. Selain kuat, gigi Anda akan terlihat lebih sehat jika mengonsumsi buah duku secara teratur.

Sebagaimana diketahui bahwa vitamin A memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan mata.

Untuk Anda yang menginginkan penglihatan lebih tajam dan membuat mata lebih sehat secara menyeluruh buah duku bisa dijadikan salah satu solusinya.

Siapa sangka buah musiman yang hanya berbuah satu tahun sekali ini ternyata menimbun sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan secara keseluruhan.

Oleh sebab itu ketika musim duku tiba, tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya dalam rangka meningkatkan kesehatan tubuh.

Namun harus diingat bahwa buah duku tidak boleh dikonsumsi berlebihan terutama untuk Anda yang memiliki riwayat sakit maag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *