Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Salam sehat untuk sahabat mujahadah.net dimanapun Anda berada.. 🙂 Selamat datang dan selamat bergabung kembali dengan kami disini..

Hanya untuk Anda saja, nih kali ini kita akan memberikan informasi seputar Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan.

Ada yang sudah tahu apa saja manfaatnya ? Yuk gak usah berlama-lama, kita langsung pada pokok pembahasannya aja ya.. 😉

Nanas atau Ananas Comosus merupakan salah satu tanaman buah daerah tropis dan sub tropis, hingga sering tumbuh di semak-semak atau pekarangan rumah.

Nanas memiliki ciri khas tersendiri karena memiliki buah yang  berbentuk agak lonjong, kulit bersisik dan diujung buahnya terdapat susunan mirip pohon yang bisa kita jadikan sebagai bibit baru.

Sejarah tanaman buah nanas, ternyata mulanya berasal dari negeri Brazil. Awalnya, buah nanas ini dibawa ke Nusantara sebagai buah tangan oleh bangsawan spanyol dan portugis pada aba ke-16.

Lalu dibawa ke daerah Filiphina dan Malaysia hingga masuk dan menyebar menjadi tanaman komoditi masyarakat Indonesia.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Masyarakat setempat, lebih senang memanfaatkannya sebagai salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Dikatakan mampu menjaga kesehatan tubuh, karena buah nanas mengandung sejumlah nutrisi baik seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C dan bromelain.

Selain itu, buah nanas juga mengandung rendah kalori hingga sangat baik bagi mereka yang mempunyai kelainan tinggi kolesterol.

Jenis-jenis Buah Nanas

Kebanyakan orang, mengira bahwa buah nanas ini hanya memiliki satu jenis saja. Namun pada kenyataannya, buah nanas memiliki keanekaragaman jenis dan memiliki sedikit perbedaan.

Orang-orang yang mengatahuinya, lebih sering membedakan buah nanas dengan cara melihat dari sisi bentuk buah dan daunnya.

  1. Nanas Cayenne

Buah nanas sejenis ini, selalu diindentikan dengan daun yang tidak memiliki duri dan buahnya yang cukup besar.

Nanas Cayenn biasanya banyak ditemukan di daerah Subang, karena sering tumbuh dalam keadaan baik hingga rasanya lebih manis ketimbang buah nanas lainya.

  1. Nanas Queen

Setelah Cayenne, nanas queen merupakan buah nanas kedua yang cenderung tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia.

Jenis ini memiliki daun yang pendek, buah yang lonjong dan memiliki duri tajam. Dan biasanya dapat kita jumpai didaerah Palembang, Kediri, Bogor dan daerah lainnya.

  1. Nanas Spanyol atau Spanish

Buah nanas spanyol mempunyai ciri bentuk buah yang agak bulat, daunnya panjang dan memiliki duri halus sampai kasar.

Jenis nanas ini dapat kita jumpai didaerah perbukitan tinggi seperti Bali, Garut, Palangkaraya, Kendal, Bali, Sumenep dan daerah perbukitan tinggi lainnya.

  1. Nanas Abacaxi

Para pakar ahli tanaman, telah merekomendasikan bahwa jenis nanas yang satu ini merupakan buah yang paling mudah dibedakan dengan jenis buah nanas lainnya.

Nanas Abacaxi memiliki bentuk fisik yang aneh, karena buahnya berbentuk seperti silindris dan ujungnya meruncing menyerupai bentuk piramida.

Dan nanas ini biasa akan kurang berkembang di Indonesia, melainkan cenderung berkembang di Brazil.

Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah nanas mampu memperkuat dan meningkatkan kekebalan tubuh yang lemah, karena didalamnya mengandungan bromelain.

Kandungan tersebut, dianggap sebagi zat anti-kanker sehingga bisa mencegah penyakit kanker dengan baik. Begitu dengan penyakit seperti pilek dan batuk, akan tercegahi dengan baik.

  1. Mencegah penyakit jantung

Buah nanas terkenal karena memiliki kandungan vitamin C dan bromelain cukup tinggi, hingga bisa meluruhkan radikal bebas didalam tubuh.

Selain itu, vitamin ini akan berperan untuk mencegah terjadinya penumpukan plak pada arteri atherosclerosis, yang mana penumpukan tersebut bisa menimbulkan penyakit jantung terjadi.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Manurut Medical Center di Maryland University, buah nanas ternyata memiliki enzim-enzim baik untuk pencernaan.

Enzim berupa proteolitik inilah, yang akan membantu usus untuk mengurai makanan hingga protein bisa diserap oleh tubuh dengan baik.

Kandungan bromelain juga ikut turut membantu, karena mampu menurunkan rasa sakit di bagian perut akibat diare.

  1. Mencegah terjadinya Peradangan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi buah nanas secara teratur, ternyata mampu mencegah terjadinya peradangan.

Hal tersebut  berkat adanya kandungan bromelain yang memiliki sifat anti-radang, hingga bisa mencegah terjadinya peradangan seperti dibagian kulit.

  1. Menjaga kesehatan gusi gigi

Bukan hanya lemon, namun buah nanas juga memiliki vitamin C yang berfungsi untuk mengurangi risiko peradangan digusi gigi sekaligus mencegah  penyakit gusi lainnya berdatangan.

  1. Mengobati asma

Kandungan betakaroten yang dimiliki buah nanas, tenyata sangat bermanfaat untuk penyakit asma.

Dalam sebuah studi juga disebutkan, bahwa kandungan betakaroten yang bisa diubah menjadi vitamin A, mampu menurunkan risiko penyakit dengan baik.

  1. Menyehatkan Mata

Menurut beberapa peneliti, selain mencegah penyakit gusi, vitamin C yang terdapat pada nanas juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata manusia dari penyakit katarak, degenerasi makula dan berbagai jenis penyakit mata lainnya.

  1. Meningkatkan kesuburan wanita dan pria

Begitu dengan kandungan vitamin dan sejumlah mineral dalam nanas, mampu meningkatkan kesuburan wanita dan pria yang tidak normal. Hingga sangat cocok bagi mereka yang ingin mempunyai keturunan.

  1. Mengurangi risiko sinusitis

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain, yang bukan hanya membantu mengatasi penyakit kanker.

Namun enzim ini, akan mengobati penyakit sinusitis dengan cara mengurangi lendir dibagin jaringan sinus dan mencegah terjadinya peradangan kembali.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan kulit

Nanas memiliki kandungan mineral seperti mangan, yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga bisa melindungi sel kulit dari kerusakan akibat terkena paparan sinar UV.

Selain itu, mangan ini akan menguatkan tulang agar terhindari penyakit osteoporosis sekaligus meningkatkan kepadatan tulang secara alami.

Demikianlah ulasan tentang manfaat dari buah nanas untuk kesehatan tubuh manusia. Dan bila ada yang penjelasan yang kurang dipahami, yuk boleh langsung tanyakan di kolom komentar yang ada di bawah ini 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *