Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan,- Buah pisang merupakan salah satu buah yang paling terpoluler di dunia. Bentuk yang melengkung dan kuning ini, juga memiliki rasa yang lezat hingga sangat baik bagi tubuh kita.

Mengulas sedikit tentang sejarah buah pisang, sebenarnya buah pisang ini awalnya berwarna hijau dan merah. Tapi, ditahun 1836 Jean Francois Poujot dari Jamaika telah melakukan mutasi yang akhirnya buah pisang menjadi warna kuning.

Sejarah buah pisang, asal mulanya ditemukan di hutan Asia Tenggara. Dalam penyebarannya, cukup terbilang panjang mulai dari Asia, Eropa dam Amerika hingga menjadikan pisang ini mendapat sebutan andalan sebagai buah terpopuler di Dunia.

  1. Jenis-jenis Buah Pisang
  • Pisang Ambon

Pisang ambon lebih dikenal memiliki daging yang tebal, kulit berwarna hijau kekuningan atau putih kekuningan dan memiliki rasa yang begitu manis saat dikonsumsi. Buah pisang ambon juga mempunya ragam jenis pisang seperti pisang ambon lumut, pisang ambon kuning dan pisang ambon putih.

  • Pisang Cavendish

Orang-orang biasanya, mengkonsumsi pisang jenis ini menjadi makanan penutup atau cuci mulut. Pohon jenis ini biasanya memiliki ketinggian maksimal 3 meter, memiliki warna hijau tua dan warna daging putih kekuning-kuningan. Meski terlihat lezat disantap, namun buah ini mempunyai rasa asam dan sedikit rasa manis.

  • Pisang Mas

Buah pisang jenis ini, terkenal dengan kandungan mineral dan vitamin yang cukup tinggi. Pisang mas memiliki rasa yang manis dan aromanya akan tercium harum saat pisang sudah matang.

  • Pisang Susu

Pisang susu biasanya rentan dikonsumsi bagi wanita hamil, karena memiliki kandungan asam folat yang baik untuk perkembangan si janin. Jenis pisang ini cenderung memiliki bentuk dan ukurannya yang begitu mungil.

  • Pisang Kepok

Pada dasarnya, pisang kepok memiliki dua jenis pisang yaitu kepok putih dan kepok kuning. Biasanya pisang kepok ini memiliki bentuk yang agak gepeng persegi, kecil dan memiliki kulit yang tebal. Orang-orang lebih senang menjadikannya sebagai olahan makanan keripik.

  • Pisang Nangka

Jenis pisang satu ini merupakan pisang yang paling berukuran besar dari pada jenis pisang lainnya. Pisang nangka memiliki aroma yang sangat menggiurkan dan memiliki warna kuning kemerahan serta rasanya manis agak asam. Dan buah pisang ini berasal dari daerah Malang, Jawa Timur.

  • Pisang Tanduk

Dari segi namanya, pisang ini memang memiliki bentuk yang menyerupai tanduk. Kisarnya, buah pisang memiliki berat sekitar 300 gr dan panjang 30 cm. Namun, dalam memproduksi pisang tanduk ini terbilang sedikit karena satu pohon pisang tanduk menghasilkan 3 sisir yang mana satu sisirnya terdapat 10 buah pisang.

  • Pisang Lemak Manis

Pisang jenis ini memiliki rasa yang manis, kulit tipis dan bentuknya kecil. Bisa dipriotaskan bahwa pisang lemak manis ini merupakan jenis pisang yang paling digemari orang-orang.

  • Pisang Barangan

Pisang barang memiliki rasa yang manis dan daging buahnya berwarna sedikit orange. Setiap ukurannya terkadang memiliki panjang 12-18 cm dan sangat enak digunakan sebagai olahan makanan bermacam-macam.

  • Pisang Kapas

Dalam satu tandan buah pisang kapas terdapat 7 sisir dan 15 buah pisang. Pisang ini cenderung memiliki rasa yang manis, daging berwarna putih kekuningan, kulit tebal, kuning dan memiliki bintik hitam.

  • Pisang Kidang

Pisang kidang memiliki warna yang sangat aneh ayitu merah jingga. Namun, ketika di kupas dagingnya berwarna putih, rasanya manis dan dalam satu tandan terdapat 5-7 sisir yang mana satu sisirnya terdapat 12-13 buah.

  • Pisang Lampung

Pisang lampung memiliki aroma yang harum, daging berwarna putih kemerahan, manis dan kulitnya kuning. Pisang ini mempunyai bentuk yang lancip namun tidak tumpul.

  • Pisang Tongkat Langit

Pisang ini memiliki warna kulit merah jingga dan daging berwarna putih kekuningan. Sebutan dari tongkat langit karena tandan buahnya mengarah kelangit seperti tongkat.

  • Pisang Awak

Bentuk dari pisang awak seperti pangkal yang bulat dan memiliki panjang 15 cm. Dan biasanya buah ini akan matang sedudah berumut 5 bulan hingga bisa dijadikan pembuatan olahan makanan seperti keripik.

  • Pisang Badak

Jenis pisang ini biasanya matang lebih cepat dari pisang awak yaitu selama 4 bulan. Pisang badak memiliki rasa yang manis dan warna dagingnya putih kekuningan.

  • Pisang Camar Abang dan Camar Putih

Pisang jenis ini memiliki bentuk yang melengkung dan tidak memiliki biji. Dalam satu tandan terdapat 5 sisir yang mana satu sisirnya terdapat 15 buah pisang.

  • Pisang Barly

Pisang barly memiiki bentuk yang lurus dengan pangkal yang bulat, daging berwarna kuning, kulit tebal dan tidak memiliki biji. Buah jenis ini biasanya masak setelah 5,5 bulan setelah berbunga dan dalam satu tanda memiliki 6 sisir.

  • Pisang Brintu

Pisang ini memiliki daging berwarna kuning, kulit tebal dan tidak memiliki biji. Biasanya akan matang setelah berumur 4,5 bulan dan setelah berbungan selama 11 bulan.

  • Pisang Rayap

Pisang ini memiliki bentuk lurus sepanjang 9 cm, kulit tebal dan daging buangnya berwarna kuning muda. Dalam satu tandan, buah rayap biasanya memiliki 6 sisir dan satu sisir terdapat 13 buah pisang.

  • Pisang Salah Roso

Pisang ini biasanya memiliki warna daging putih kekuning-kningan, bentuknya lurus dan tidak berbiji. Biasanya akan matang setelah berumur 5 bulan.

  • Pisang Sembat

Pisang sembat mempunyai daging berwarna kuning, bentuk lurus dan tidak berbiji. Dalam satu tandan buah pisang sembat terdapat 9 sisir  serta 13 buah dalam setiap sisirnya.

  • Pisang Kawisto

Memiliki bentuk yang lurus, pangkal bulat, daging berwarna keputihan dan tidak memiliki biji. Pisang kawisto biasanya matang setelah berumur 5 bulan dan akan menghasilkan 8 sisir (12 buang setiap sisirnya).

  • Pisang Sawo Awu

Buah pisang ini memiliki warna daging yang sama seperti buah pisang lainnya, namun pisang sawo ini biasanya akan matang setlah berumur 5,5 bulan setelah 16 bulan berbunga.

  • Pisang Cici

Pisang cici memiliki daging berwarna krem dan tidak memiliki biji. Biasanya akan diambil ketika berumur 3,5 bulan dan 12 setelah berbunga.

  • Pisang empat puluh hari

Pisang empat puluh hari memiliki bentuk yang melengkung dan disertai pangkal yang bulat. Satu tandan yang dihasilkan biasanya terdiri 8 sisir dan 13 buah dalam setiap sisirnya. Biasanya akan diambil ketika berumurh 4,5 dan setelah berbunga selama 14 bulan.

  • Pisang Graito

Memiliki 1 tandang pisang yang terdapat 4 buah sisir dan 11 buah pisang dalam 1 sisirnya. Seteah 12 bulan, pisang ini akan berbunga dan akan matang selama 4,5 bulan.

  • Pisang Masan

Pisanmasan biasanya akan matang dalam waktu 5 bulan setelah 14 bulan berbunga. Pisang ini bisa menghasilkan 6 buah sisir dan 15 buah pisang dalam satu sisirnya.

  • Pisang Raja

Pisang raja memiliki jenis pisang lain yaitu raja sere, raja uli, raja jambe, raja molo, raja kul , raja tahun dan raja bulu.  Rata-rata jenis pisang raja akan menghasilkan 5-9 sisir dimana satu sisirnya terdapat 12-16 buah.

  1. Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Kandungan yang terdapat pada buah pisang, memang memiliki beberapa nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kususnya pencernaan. Didalam satu buah pisang, terdapat 0,3 gm lemak total, 2,6 gm serat makanan, 12 gm gula, 1,1 gm protein, 360 gm kalium dan 12 gm gula.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

  • Melancarkan program diet

Baik untuk diet karena buah pisang memiliki serat tinggi yang cenderung akan menghambat pencernaan untuk membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

  • Baik bagi kesehatan jantung

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, bahwa pisang memiliki serat tinggai yang dapat menurunkan panyakit jantung koroner dan kardioviskular.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Menurut Ayurveda, pisang yang memiliki rasa manis dan asam akan merangsang cairan pencernaan agar saluran pencernaan bisa lancar kembali sekaligus membangun metabolisme yang turun.

  • Mengontrol tekanan darah tinggi

Pisang memiliki kandungan garam rendah dan kalium tinggi yang mampu berkonstribusi untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Mencegah anemia

Pisang juga berperan sebagai antianemia karena memiliki kandungan zat besi tinggi hingga akan menambah jumlah sel darah merah yang baru.

Itulah macam-macam sekaligus manfaat dari pada buah pisang untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan salam sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *