Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Salak pondoh, salak madu, salak condet, salak bali tentu Anda familiar dengan nama-nama salak tersebut bukan?

Buah ini mudah sekali kita temui mulai dari di jual di pick-up pingir jalan, pasar tradisional, hingga mall besar dan tidak mengenal musim.

Nah tahukah Anda ternyata salak memiliki manfaat bagi kesehatan kita, dan inilah manfaat tak terduga buah ular ini.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Buah salak sebenarnya adalah nama dari jenis phon palem yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia dan bagin Selatan Pasifik.

Pohon ini dibudidayakan untuk diperoleh buahnya, buah salak sendiri tumbuh secara berkelompok di pangkal pohonnya dan memiliki warna merah yang unik dan bagian luar yang bersisik

Itulah sebabnya buah ini juga disebut dengan snake fruit. Buah salak hanya hampir seukuran buah ara yang juga mungkin menyerupai siung bawang putih besar ketika di kupas.

Bagian luarnya bertekstur kasar dapat terkelupas ketika Anda mencubit salah satu ujungnya dan didalam buah salak ini terdapat 3 lobus, hanya 2 atau 3 buah yang memiliki biji. Rasanya sedikit asam dan teksturnya yang mirip dengan buah apel.

Ada 3 kultivar salak di pasaran dan jenis gula pasir adalah yang termahal dan paling banyak dicari. Buah salak juga dapat dibuat menjadi minumal alkohol karena memiliki kulaitas yang hampir sama dengan buah anggur yang merupakan bahan dasar pembuatan wine.

Setiap buah salak memiliki biji yang tidak bisa dimakan tetapi daging buah yang mengelilinya dapat dikonsumsi karena rasa manisnya.

Rasa yang tidak biasa membuat salak menjadi bahan yang popler diberbagai hidangan di Selatan Pasifik dan daerah sekitarnya.

Ada lebih dari 30 kultivar dari buah ini, tetapi sebagian besar memiliki kandungan nutrisi yang serupa meskipun memiliki rasa yang sedikit berbeda.

Sejarah Penemuan Buah Salak

Sampai sekarang buah salak masih tidak diketahui secara pasti dari mana asalnya, namun buah ini diperkirakan berasal dari Thailand, Indonesia dan Malaysia. Sebagai orang juga mengatakan bahwa buah ini asli dari Pulau Jawa.

Perlu Anda ketahui bahwa biji buah salak dibawa oleh para saudagar pada masa penjajahan. Sejak saat itulah buah ini menyebar keseluruh wilayah Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

Jenis dan Varietas Buah Salak

Salak Yogyakarta

Salak jenis ini juga akrab disebut dengan salak pondoh. Salak pondoh juga populer dikalangan orang-orang Indonesia dikarenakan intensitas aroma yang dimilikinya.

Jenis ini memiliki 3 varietas unggulan yang terdiri dari pondoh super, pondoh hitam dan pondoh gading.

Salak Bali

Jenis ini tanaman yang satu ini tumbuh di Desa Sibetan, Nongan dan Batusesa serta tempat-tempat wisata lainnya seperti Pantai Candidasa dan Pura Besakih.

Buah ini berbentuk bulat atau kerucut dan tumbuh secara berkelompok dengan 10 hingga 20 buah. Selama musimnya salak bisa menghasilkan 3 sampai 5 tandan.

Buah salak jenis ini ditutupi dengan sisik coklat yang terlihat seperti kulit ular. Salak Bali memiliki rasa zat tepung ketika dikonsumsi dan rasa yang hampir mirip seperti buah nanas dan jus lemon.

Salak Gula Pasir

Salak paling mahal dari semua jenis kultivar salak adalah salak gula pasir. Buah ini lebih kecil dibandingkan dengan salak normal dan merupakan salak termanis dari semua jenis salak.

Salak gula pasir dikenal karena kemanisannya dan terkadang dihgunakan dan difermentasikan untuk dijadikan wine salak.

Buah ini memiliki kandungan alkohol sebanyak 13.5% yang hampir mirip dengan anggur. Wine yang terbuat dari salak memiliki rasa yang manis dan kering.

Sejumlah Kandungan Nutrisi dalam Buah Salak

Salak tidak hanya terkenal karena rasanya tetapi juga karena kandungan nutrisinya. Yang mana buah salak ini tinggi kadar serat, protein, gula, kalium, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin C dan vitamin A serta berbagai antiokisdan dan bahan aktifnya.

Buah salak hanya memiliki 82 kalori dalam 100 gramnya. Yang paling utamanya adalah karbohidrat, 4% lemak dan 1% protein. Ini juga berarti bahwa salak memiliki dampak yang kurang pada asupan kalori secara keseluruhan.

Manfaat Salak untuk Berbagai Kondisi Kesehatan

  1. Meningkatkan daya ingat

Berkat keberadaan mineral dan bahan aktif dalam buah ini seperti kalium, beta-karoten dan pectin menjadikan buah ini mampu meningkatkan aliran darah ke otak yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan daya ingat.

Buah ini juga membantu dalam menghilangkan stres oksidatif dan menurunkan resiko penyakit neurodegeneratif.

  1. Meningkatkan energi

Sejumlah studi telah menemukan bahwa salak mampu meningkatkan stamina dan meningkatkan metabolisme yang dapat memberikan dorongan kuat untuk energi Anda.

Karbohidrat yang ditemukan dalam buah ini juga baik dalam mempertahankan energi sepanjang hari.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Serat tinggi yang ada dalam salak cocok untuk meningkatkan kekenyangan dan mencegah makan berlebihan.

Kemampuan ini juga dapat meningkatkan efisiensi pencernaan dan menghilangkan gejala konstipasi, perut kembung dan kram.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kalium dalam buah salak membantu menurunkan tekanan darah, karena kalium merupakan vasodilator.

Yang berarti kemampuan ini dapat menguragi tekanan dalam pembuluh darah dan arteri yang juga menurunkan tekanan secara menyeluruh pada sistem kardiovaskular.

  1. Melindungi penglihatan

Beta-karoten adalah salah satu antioksidan yang ditemukan dalam salak yang memiliki keterkaitan langsung untuk kesehatan penglihatan.

Kandungan betakaroten yang cukup dalam menu makan Anda dapat menurunkan resiko dari degenerasi makula dan memperlambat perkembangan katarak seiring bertambahnya usia Anda.

  1. Mengobati diabetes

Serat tinggi alami dalam buah ini membuatnya sangat baik untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh, yang merupakan hal penting untuk pasien diabetes.

Di dalamnya terdapat jumlah karbohidrat yang cukup (gula sederhana), tetapi serat di dari salak dapat melawan efek-efek tersebut dan mencegah lonjakan gula darah serta mengurangi ketegangan pada pankreas.

  1. Meredakan gejala heartburn

Salak secara tradisional telah digunakan sebagai pengobatan untuk heartburn yang juga banyak dari penduduk asli Asia yang menganggap buah ini sebagai makanan diet yang penting selama ratusan tahun.

Itulah sejumlah manfaat buah salak yang masih jarang diketahui banyak orang. Mudah-mudahan dengan adanya informasi ini dapat memperluas wawasan Anda tentang manfaat buah salak untuk kesehatan.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Sumber

    https://ayusari59.wordpress.com/2015/02/15/sejarah-dan-manfaat-salak/

    https://www.organicfacts.net/salak-snake-fruit.html

    https://www.fruitsinfo.com/Salak-Exotic-fruits.php

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *