Manfaat Buah Terong bagi Kesehatan

Manfaat Buah Terong bagi Kesehatan

Hallo sobat,,,, Salam sehat untuk anda yang sudah berkunjung ke website Mujahadah. Net. Pada kesempatan kali ini, Mujahadah. Net akan membahas tentang Manfaat Buah Terong Bagi Kesehatan.

Tapi, setelah selasai membaca. Jangan lupa share yah ke sobat-sobat anda 🙂

Terong adalah buah yang aslinya berasal dari wilayah bagian India dan sekarang dapat ditemukan di seluruh dunia dalam berbagai macam hidangan.

Di inggris, terong ini dikenal sebagai “aubergine” dan juga dipanggil dengan brinjal, melongene, dan guinea squash. Buah yang berwarna ungu atau hitam berkilau ini dapat tumbuh lebih dari satu kaki pada varietas liar, meskipun buah terong dapat tumbuh lebih kecil pada pertanian normal.

Buah terong diketahui memasuki Timur Tengah dan wilayah Mediterania sekitar 800 tahun yang lalu dan kemudaian direferensikan di Inggris pada abad ke 16.

Ada sejumlah varietas yang digunakan di seluruh dunia, dan buah varietas tersebut sering diolah menjadi masakan yang berbeda. Manfaat Buah Terong bagi Kesehatan

Meskipun terong termasuk kedalam buah-buah namun secara umum buah ini dipanggil dengan “rajanya sayuran” di India. Dikarenakan buah ini adalah salah satu bahan makanan yang paling serbaguna dan fungsional di budaya gamut.

Macam-macam Buah Terong

1. Graffiti eggplant

Panjang terong ini mulai dari 3 smpai 8 inci, sebutan graffiti memang sangat cocok untuk jenis ini mengingat sifat aneh dari warnanya.

Varietas dari terong ini juga agak pahit, membuat banyak budidaya menghentikan penanamannya karena berpotensi mengandung racun.

Namun telah ditemukan bahwa beberapa senyawa dalam kulit terong sebenarnya dapat mencegah beberapa jenis kanker. Manfaat Buah Terong bagi Kesehatan

2. Japanese eggplant

Terong jenis ini sangat mudah untuk dikenal, karena lebih panjang dan ramping dibandingkan dengan kebanyakan varietas lain. Berwarna ungu sangat gelap bahkan hampir berwarna hitam.

Kulit dari terong ini sedikit tipis, sehingga Anda tidak perlu mengupasnya ketika memasak. Anehnya, hanya ada sedikit biji dalam terong ini sehingga japanese eggplant tidak memiliki rasa pahit dibandingkan dengan varietas terong yang lain. Manfaat Buah Terong bagi Kesehatan

3. Chinese eggplant

Seperti japanese eggplant, chinese aggplant juga merupakan jenis terong yang paling mudah dikenali. Dengan warna ungu cerah di bagian luarnya serta panjangnya yang dapat melebihi 18 inci.

Untuk mereka yang penikmat masakan terong, jenis ini adalah varietas paling manis dan hanya memiliki beberapa biji pahit di dalamnya.

Warna uniknya menandakan bahwa ada beberapa anthocyanin dalam varietas ini membuatnya sangat baik untuk mencegah stres oksidatif dan penyakit kronis.

4. Fairytale eggplant

Terong paling kecil ini memiliki bentuk seperti tetesan air mata dan berwarna ungu cerah. Mirip dengan japanese eggplant, kulit dari varietas ini sangat tipis. Dagingnya tampak pucat, seperti putih susu dan memiliki sejumlah biji dan rasanya juga agak netral.

5. Italian eggplant

Jenis ini adalah salah satu jenis terong yang paling umum. Italian eggplant sebenarnya adalah istilah luas yang mencakup perbedaan varietas terong di Eropa dan wilayah Mediterania. Buah terong ini lebih besar pada pangkalnya dan cenderung memiliki panjang 8 sampai 10 inci.

Warna dari terong ini berkisar dari ungu tua ke levender, dan kulitnya sedikit berkilau. Memiliki daging berwarna putih dan memiliki rasa yang sedikit ringan dibandingkan varietas terong lainnya.

6. White eggplant

Panjangnya berkisar antara 3-6 inci, white eggplant ini hampir selalu lebih kecil dari pada terong lainnya. Tidak seperti beberapa jenis terong lainnya, white eggplant harus dikupas sebelum dimasak, karena kulitnya yang sangat tebal. Manfaat Buah Terong bagi Kesehatan

7. Indian eggplant

Varietas terong yang khusus ini sebenarnya adalah versi mini dari ukuran sayuran normal dan memiliki warna ungu tua. Varietas terong ini jarang memiliki panjang melebihi 5 inci.

Bagian dalamnya berwarna putih krem dan dapat matang dengan cepat. Ada beberapa biji kecil di dalamnya yang membuat sayuran ini sedikit pahit.

8. Thai Eggplant

Dari semua jenis terong, tidak ada yang menonjol seperti thai eggplant, yang terlihat berbeda hampir disegala aspek. Pertama bentuknya yang mirip seperti bola golf.

Kedua terong ini berwarna hijau terang dan memiliki garis ungu dan putih. Jenis terong ini memang tidak terlalu umum namun memiliki rasa dan tampilan yang unik ketika di masak.

9. Green apple eggplant

Dinamai green apple eggplant karena tampilannya yang mirip apel hijau. Varietas terong ini bahkan memiliki bagian dalam yang menyerupai apel ketika Anda memotongnya. Dagingnya hampir tampak meleleh ketika dimasak dan bertekstur lembut.

Kandungan Nutrisi Buah Terong

Manfaat terong untuk kesehatan yang luar biasa ini berasal dari vitamin, mineral dan kandungan nutrisi lainnya. Terong kaya sumber vitamin C, vitamin K, vitamin B6, thiamin, niacin, magnesium dan phosphorus.

Bahkan tembaga, serat makananm asam folat, kalium dan mangan. Buah ini juga tidak mengandung kolesterol ataupun lemak jenuh.

Manfaat Buah Terong bagi Kesehatan

  1. Melancarkan saluran pencernaan

Seperti kebanyakan sayuran lainnya, terong juga kaya sumber serat. Serat merupakan elemen penting yang harus ada dalam makanan yang Anda konsumsi. Kandungan ini penting untuk menjaga kesehatan gastrointestinal juga untuk gerakan teratur usus.

Serat akan membantu tinja keluar lebih mudah melalui saluran pencernaan. Sekaligus menstimulasi gerakan peristaltik dan kontraksi otot halus yang membantu makanan terdorong keluar dari tubuh.

Sehingga serat menstimulasi sekresi cairan lambung yang memfasilitasi penyerapan nutrisi dan pengolahan makanan.

  1. Menurunkan berat badan

Karena terong mengandung jumlah minimal dari lemak atau kolesterol, buah ini adalah makanan yang sangat sehat untuk orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan atau untuk memerangi masalah obesitas.

Jumlah seratnya juga sangat cukup untuk tubuh yang akan menghambat pelepasan ghrelin yang merupakan hormon yang memberitahu otak ketika perut merasa lapar.

Dengan mengurangi nafsu makan, kemungkinan untuk makan berlebihan dapat sangat dikurangi sehingga usaha Anda dalam menurunkan berat badan dapat lebih berhasil.

  1. Mencegah serangan kanker

Besama dengan efek dari serat, terong juga merupakan sumber antioksidan terbaik, yang berfungsi sebagai salah satu lapisan pertahanan tubuh untuk memerangi berbagai macam kondisi dan penyakit.

Terong mengandung vitamin C, yang merupakan bagian penting dalam sistem imun karena kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Terong juga mengandung mangan yang merupakan sifat antioksidan dan mineral penting.

Tubuh Anda bisa mendapatkan manfaat dari nasunin dan asam klorogenik yang merupakan dua antioksidan organik yang tidak biasa namun telah menunjukan aktivitas yang dapat menghambat radikal bebas yang juga disertai dengan sifat anti-virus dan anti-bakterialnya.

Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat menyerang kesehatan sel dan mendekonstruksi DNA menjadi sel-sel karsiogenik.

Memiliki kadar antioksidan tinggi dalam tubuh, akan memastikan bahwa organ-organ Anda terlindungi dari infeksi dan penyakit berbahaya seperti kanker dan gangguan jantung.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Ada sejumlah manfaat untuk kesehatan tulang yang berasal dari terong, yang sangat baik untuk orang-orang yang memiliki resiko tinggi untuk mengalami degradasi tulang dan osteoporosis.

Senyawa phenolic telah dikaitakan dapat mengurangi gejala osteoporosis, menguatkan tulang dan meningkatkan massa jenis tulang.

Terong juga memiliki jumlah besi dan kalsium yang signifikan, yang merupakan bagian integral dari kesehatan dan kekuatan tulang secara keseluruhan.

Pada akhirnya jumlah kalium dalam terong membantu dalam penyerapan kalsium sehingga membuat terong menjadi pendorong yang komprehensif dan sangat berguna untuk osteoporosis dan kesehatan tulang.

  1. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi dapat sangat berbahaya pada kesehatan tubuh secara menyeluruh dan bisa menyebabkan anemia. Anemia dikarakteristikan sebagai sakit kepala dan migren, kelelahan, lemas, depresi dan malfugsi kognitif.

Karenanya mengonsumsi makanan tinggi zat besi dapat mengurangi anemia dan terong memiliki jumlah zat besi yang cukup untuk mengatasi hal tersebut. Terong juga kaya tembaga dan senyawa penting lainnya untuk mendukung sel darah merah.

Tanpa dua mineral ini jumlah sel darah merah dalam tubuh akan terus berkurang. Dengan sel darah merah yang mengalir dengan lancar, maka Anda akan menyadari adanya peningkatan kekuatan dan energi yang akan membebaskan Anda dari rasa lelah dan stres. Manfaat Buah Terong bagi Kesehatan

  1. Meningkatkan fungsi otak

Terong adalah sumber fitonutrisi yang luar biasa yang dikenal sebagai penguat untuk aktivitas kognitif dan kesehatan mental secara umum.

Terong ini tidak hanya menyerang aktivitas radikal bebas dan membuat tubuh dan otak Anda tetap aman dari racun juga mampu meningkatkan aliran darah ke toak.

Dengan mengirimkan lebih banyak darah yang kaya oksigen ke otak, maka dapat menstimulasi sistem syaraf untuk berkembang, meningkatkan kekuatan ingatan dan pemikiran analitik.

Kalium dalam terong juga bertindak sebagai vasolidator dan pendorong otak, jadi secara keseluruhan terong ini bisa disebut dengan “brain food”.

  1. Meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung

Ada beberapa cara berbeda dimana terong memberikan manfaat untuk kesehatan jantung Anda, termasuk serat yang telah kami sebutkan sebelumnya. Terong telah dikenal dapat mengurangi kehadiran LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan penyerapan HDL yang merupakan kolesterol baik.

Keseimbangan dari kolesterol dalam tubuh selalu mengalami fluktuasi berdasarkan makanan yang kita konsumsi, tetapi kadar kolesterol HDL yang banyak tentunya lebih baik untuk kesehatan tubuh. Mengurangi kolesterol LDL dapat mencegah serangan jantung, stroke dan atheroclerosis.

Bioflavonoid dalam terong sangat baik dalam mengurangi tekanan darah yang juga dapat mengurangi tegangan dan tekanan pada sistem kardiovaskulalr. Dengan adanya kemampuan tersebut kesehatan dan daya tahan jantung Anda akan meningkat.

  1. Mengontrol diabetes

Karena kandungan tinggi serat dan rendahnya jumlah karbohidrat yang larut, menjadikan terong ini makanan yang ideal untuk mengontrol diabetes. Kualitas dari terong membuatnya sangat berguna sebagai regulator glukosa dan aktivitas insulin dalam tubuh. Manfaat Buah Terong bagi Kesehatan

Ketika kadar insulin stabil kondisi tubuh tidak akan menurun secara drastis sehingga peluang untuk mengalami efek samping berbahaya dari diabetes dapat dihindari.

  1. Mencegah cacat lahir

Terong kaya sumber asam folat, yang bisa dijadikan camilan yang lezat dan tambahan diet untuk wanita hamil. Folat adalah bagian penting dalam menjalani diet. Asam folat sangat bermanfaat terutama untuk wanita hamil.

Asam folat secara langsung menjaga bayi dari cacat pembuluh syaraf Karena itu, para ibu hamil selalu disarankan untuk meningkatkan asam folat salah satunya dengan mengonsumsi buah terong.

Meskipun sering kita konsumsi namun sebenarnya banyak manfaat dari terong yang tidak kita ketahui. Oleh sebab itu mengonsumsi buah terong dengan cukup tentunya dapat menjaga kesehatan Anda dengan optimal. Manfaat Buah Terong bagi Kesehatan

Selain mengonsumsi terong, Anda juga bisa mencoba salah satu produk herbal yaitu QnC Jelly Gamat yang mampu membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan secara alami dan minim efek samping.

Untuk anda yang ingin bertanya seputar artikel tentang ” Manfaat Terong Bagi Kesehatan “, silahkan isi kolom komentar yang berada di bawah situs ya 🙂

Sumber

    https://www.organicfacts.net/eggplant-types.html

    https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-eggplant.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *