Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Merah-merah, mungil dan memiliki kulit yang ekstra soft dan licin, siapa yang tahu hayo ?? Ya, benar sekali tomat. Yeah.. dan kini Anda kembali lagi bersama kami di situs kebanggan kita Mujahadah.NET.

Dan kali ini, kita akan membahas seputar Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan nih.. Ada yang tau gak nih manfaat si merah, mungil berkulit licin ini apaan ? Udah deh ya, gak usah nebak-nebak 😀 Mending yuk langsung result ke artikelnya aja. 😉

Tomat merupakan salah satu buah sayur yang sering digunakan, sebagai bahan pelengkap masakan. Namun, beberapa orang juga sering mengkonsumsinya secara langsung atau dibuat jus tomat.

Buah tomat juga merupakan salah satu tanaman liar yang tumbuh di daerah tropis seperti Amerika Selatan, Amerika Tengah dan tentunya Indonesia. Buah tomat, pertama kali ditemukan oleh bangsawan Indian yang konon dijadikan sebagai sumber makanan utama.

Pada tahun 1498, tanaman ini dibawa ke daratan Columbus (Eropa). Sesampai perjalanan itu, buah tomat dibudidayakan di Itali hingga tercatat sebagai tanaman hias yang pertama kali dibudidayakan sebagai tanaman paling banyak pengagumnya.

Hingga sampai saat ini, orang-orang Eropa sering menyebutnya dengan sebutan buah apel cinta, apel emas dan apel paradis.

Jenis-jenis Buah Tomat

Tomat Cherry

Mendengar kata tomat cherry, Anda akan langsung mengetahuinya bahwa bentuk tomat tersebut berbentuk seperti cherry. Jenis tomat ini, biasanya sering digunakan ketika memasak tumis-tumisan atau sebagai pelengkap pembuatan salad.

Tomat Plum

Tomat plum memiliki bentuk yang berbeda dengan jenis tomat lainnya. Tomat plum memiliki bentuk yang cenderung lebih lonjong, serta memiliki kulit buah lebih tebal.

Orang-orang sering memanfaatkannya, sebagai bahan pembuatan sambal karena memiliki rasa asam yang segar.

Tomat Beef

Ketika Anda mengumpulkan jenis buah tomat, jenis tomat beef’lah yang paling mudah dibedakan. Tomat beef memiliki bentuk lipatan yang tidak rata, lebih tepatnya lagi mirip dengan buah labu.

Dan orang-orang, sering menggunakannya sebagai isi sandwich karena memiliki ukuran yang begitu besar.

Tomat Anggur

Ciri utama yang dimiliki oleh jenis tomat adalah bentuknya mirip dengan buah anggur. Selain bentuk yang sama, tomat anggur memiliki rasa manis dan berbeda dengan jenis tomat lainnya yang identik memiliki rasa asam.

Di Indonesia sendiri, tomat anggur sangat sulit ditemukan karena kurangnya peminat dalam pembudidayaan tomat anggur.

Tomat Hijau

Tomat hijau, lebih identik memiliki rasa yang asam ketimbang jenis tomat lainnya. Mengapa demikian? Karena tomat hijau diambil dan dipetik ketika usia masih muda. Hingga saat dimasak, tomat tidak mudah layu seperti pada tomat umumnya.

Dan tomat hijau, lebih sering ditemukan dan digunakan sebagai bahan pelengkap pembuatan sambal balado ijo (masakan padang) atau tumis cumi asin.

Tomat Ungu

Tomat ungu pertama kali dipublikasikan dan diteliti oleh Origon State University. Secara umum, tomat ungu dijadikan sebagai tomat pelengkap warna dari jenis tomat warna lainnya.

Menurut para ahli, jenis tomat ungu mampu menjaga tubuh manusia dari serangan radikal bebas karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Manfaat Kandungan Nutrisi Buah Tomat untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Meski bentuknya yang kecil, namun buah tomat merupakan buah sayur yang kaya akan kandungan asam folat, vitamin A dan C yang berguna untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Dalam satu buah tomat berukuran sedang, ternyata memiliki kandungan sebesar 22 kalori dan 5 gram karbohidrat (3 gram gulan, 1 gram serat dan 1 gram protein).

Selain kandungan itu, buah tomat juga memiliki keragaman nutrisi lain seperti asam folat, betakaroten, likopen, alfa lipoic, lutein dan kolin, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit lainnya.

Berikut, kami paparkan sejumlah manfaat kandungan buah tomat untuk kesehatan tubuh manusia. Antara lain seperti :

  • Mengurangi risiko diabetes

Sebuah penelitian, mengatakan bahwa penderita diabetes tipe 1 mengalami penurunan kadar glukosa dalam darah setelah mencoba mengkonsumsi buah tomat.

Hal itu, bisa terjadi karena buah tomat mengandung alfa lipoic yang berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi energi,. Dibantu dengan kadar kromium dan mineral didalamnya, gula darah akan diturunkan hingga bisa terkontrol dengan baik.

  • Menurunkan tekanan darah

Seseorang yang memiliki kelainan hipertensi, mungkin saja terjadi akibat asupan natrium yang begitu rendah. Namun, memberi asupan kalium yang terdapat pada buah tomat, ternyata mampu menurunkan risiko kematian akibat hipertensi dengan baik.

  • Mengeluarkan radikal bebas

Sejumlah vitamin A dan C dalam buah tomat, juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena mampu mengeluarkan dan menghancurkan radikal bebas didalam tubuh.

  • Sehat bagi jantung

Beberapa enelitian menyebutkan bahwa, mengkonsumsi tomat sebanyak 4069 mg kalium setiap hari ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung iskemik.

Hal itu, muncul berkat adanya kandungan kolin yang berfungi untuk mengelastisikan otot pembuluh darah dan membantu menyerap lemak agar peredaran darah bisa lancar kebagian jantung,

  • Sebagai antikanker

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa lycopene yang terdapat pada buah tomat, ternyata sangat berfungsi untuk melawan dan menghambat pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Dengan begitu, risiko kanker pada usus besar dan lambung mampu tercegahi secara efektif.

  • Menyehatkan mata

Tomat bukan hanya memiliki kandungan lycopene, namun didalamnya memiliki sejumlan vitamin A yang dapat menyehatkan mata agar terbebaskan dari masalah penglihatan seperti degenerasi makula atau pun katarak bahkan bisa juga membantu proses penyembuhan mata minus.

  • Memperkuat tulang

Meski kandungan kalsium dalam tomat tak sebanyak dengan kandungan yang ada didalam susu, namun kalsium beserta vitamin K pada buah tomat ternyata bisa meningkatkan dan menjaga kekuatan tulang.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat pada buah tomat akan memperlancar sistem pencernaan manusia dan sangat baik pula jika dikonsumsi bagi mereka yang mengalami masalah seperti sembelit.

  • Menyehatkan kulit

Tak kalah pentingnya, bahwa tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga kualitas kulit agar tidak mudah rusak akibat terkena paparan radiasi, sinar UV atau pun polusi.

Itulah artikel kami tentang manfaat buah tomat, yang perlu Anda ketahui saat ini. Maka dari itulah, konsumsi buah tomat selagi mudah ditemukan agar tubuh bisa terlindungi dan terbebaskan dari serangan beberapa jenis penyakit.

Pembahasan kurang dipahami ?? Tenang aja kawan, karena Anda bisa menanyakannya secara langsung pada kolom komentar yang ada dibawan ini .. 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *