Manfaat Daun Angsana untuk Kesehatan

Banyak tanaman dalam lingkungan kita yang bermanfaat bagi kesehatan, akan tetapi jarang kita perdulikan ataupaun kita tidak tau manfaat sebenarnya dari tanaman itu, salah satunya adalah Daun Angsana.

Mungkin daun ini terdengar asing di telinga, sehingga tidak banyak orang yang mengetahui manfaat dan khasiat di dalam nya.

Maka dari itu, di kesempatan kali ini tim Mujahadah.Net akan menyuguhkan informasi penting mengenai:

Manfaat Daun Angsana untuk Kesehatan

Manfaat Daun Angsana untuk Kesehatan

Pohon Angsana merupakan salah salah satu jenis pepohonan penghasil kayu yang banyak dimanfaatkan untuk industri mebel.

Tinggi pohon ini bisa mencapai hingga 40 m sehingga bisa meneduhkan lingkungan, sedangkan bagian kulitnya bisa mengeluarkan getah kemerahan saat dibelah.

Selain itu, angsana juga mempunyai daun majemuk, bunga dan buah. Pohon ini memiliki manfaat nya yang beragam, mulai dari kayu sampai daunnya.

Diantara semua bagian pohon angsan, daun angsana adalah bagian yang cukup dikenal karena telah lama dijadikan obat alami untuk berbagai gangguan kesehatan.

Bentuk daun angsana cukup mudah untuk dikenali. Daun angsana mempunyai bentuk lonjong dengan ujung runcing, berukuran panjang sekitar 6 hingga 12 cm.

Pohon angsana juga mempunyai bunga berwarna kuning cerag berukuran kecil dan buah unik berbentuk pipih membulat dengan bentuk tengah mengembung, dan ukuran buah hanya sekitar 5 cm.

Sejarah Pohon Angsana

Angsana atau yang lebih dikenal dengan nama Sonokembang (Pterocarpus Indicus) adalah salah satu jenis pohon asli semenanjung malaya yang banyak digunakan oleh manusia terutama bagian kayunya.

Tanaman ini biasa menghiasi pinggiran jalan raya sebagai pohon peneduh. Pohon ini memiliki beberapa nama yang berbeda sesuai dengan daerahnya.

Secara alami, tanaman ini menyukai lingkungan hutan hijau tropika yang ditemukan mulai dari burma bagian selatan, melewati asia tenggara, dan kepulauan nusantara sampai pasifik barat.

Pohon angsana ini memang mungkin jarang atau bahkan tidak pernah terdengar. Pohon yang umum nya diketahui sebagai pohon peneduh ini merupakan pohon obat tradisional asli indonesia dengan banyak manfaat untuk kesehatan, dan pengobatan penyakit.

Manfaat Daun Angsana untuk Kesehatan

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika salah satu manfaat utama dari pohon angsana adalah dari bagian daunnya.

Daun angsana mempunyai sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh karena kandungan komponen fitokimia yang tersimpan di dalam nya.

Beberapa manfaat daun angsana untuk kesehatan antara lain:

  1. Mencegah Diabetes

Dalam daun angsana terkandung sitosterol dan stigmasterol. Menurut sumber food & function tahun 2016 mengemukakan jika kedua kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme dan sensitivitas insulin yang baik untuk tubuh.

Hal tersebut terbukti untuk menjaga kadar gula darah dengan efektif sehingga bisa membantu mencegah terjadinya kasus diabetes dan jangka panjang.

Selain itu, kedua komponen sterol dan flavonoid dalam daun angsana juga baik sebagai anti diabetes yang akan bekerja memperbaiki sinyal insulin dan fungsi reseptor insulin pada sel.

  1. Mengatasi Batu Ginjal

Meskipun secara medis metode pengobatan batu ginjal dengan herbal belum sepenuhnya diakui, namun beberapa terapi tradisional ala nusantara dan ayuverda sudah mengenal terapi dengan teh daun angsana sebagai pengobatan batu ginjal.

Mengkonsumsi daun angsana untuk batu ginjal akan sangat baik mengingat ekstraksinya mengandung komponen anti inflamasi dan antiseptik.

Hal itu akan mencegah terbentuknya peradangan serta infeksi akibat dari lepasnya batu yang berasal dari dalam ginjal.

  1. Meredakan Nyeri

Dalam daun angsana terdapat kandungan komponen senyawa fitokimia yang akan bekerja dalam membantu proses relaksasi otot dan saraf.

Kemampuan tersebut akan membantu meredakan efek kejang otot atau yang disebut juga dengan istilah anti spasmodik.

  1. Mengatasi Tukak dan Sariawan

Berkat kemampuan daun angsana sebagai anti septik dan anti inflamasi, tanaman herbal ini dipahami sebagai terapai yang ampuh dalam mengatasi tukak dan sariawan.

Selain itu, terapi daun angsana juga baik digunakan untuk sejumlah kasus peradangan di dalam tenggorokan termasuk amandel.

  1. Membantu Masalah Hormonal

Kandungan senyawa Stigmasterol dalam daun angsana bisa memberi manfaat bagi tubuh untuk membantu menormalkan kembali keseimbangan hormonal.

Hal itu sudah dijelaskan dalam sejumlah jurnal, termasuk dalam Public Chemistry Library of Medicine mengenai manfaat kandungan stigmasterol.

Kemampuan kandungan stigmasterol dalam daun angsana bisa membantu mengatasi sejumlah keluhan kesehatan terkait dengan masalah hormonal termasuk: jerawat, penuaan dini, kerontokan rambut, imunitas, masalah payudara, dsb.

  1. Mengatasi Diare

Dalam daun angsana terdapat kandungan sterol termasuk sitosterol dan fitosterol yang bisa membantu mengatasi keluhan diare.

Salah satu kemampuan dari kandungan tersebut adalah bisa membantu mengatasi infeksi akibat dari bakteri escherichia coli.

  1. Mencegah Kanker

Dalam penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan pada tahun 2016 dijelaskan jika adanya kandungan antioksidan dalam daun angsana.

Terdapat sejumlah jensi komponen fitokimia yang disinyalit bisa berkeja sebagai antioksidan, dan utamanya ialah stigmasterol dan falavonoid.

Komponen antikosidan tersebut bekerja sebagai anti radikal bebas dan anti inflamasi yang sekaligus akan bekerja sebagai DNA protektor yang akan membantu memperbaiki masalah ketidakseimbangan hormonal, dan bisa bekerja sebagai anti kanker.

  1. Meredakan Demam

Daun angsana juga mengandung komponen antireptik yang bisa membantu meredakan keluhan demam pada semua kalangan usia.

Selain itu, dalam daun angsana juga ditemukan komponen terpenoid dan flavonoid yang bekerja sebagai anti inflamasi.

Komponen tersebut bekerja menghambat peradangan dan membantu mempercepat proses penyembuhan peradangan yang sudah terjadi.

  1. Baik untuk Terapi Antiseptik

Dijelaskan bahwa daun angsana mempunyai khasiat sebagai antiseptik yang di dalam nya terkandunagn komponen fungsi alami dan kemampuan anti viral dan anti bakteri.

Daun angsana ini lazim dimanfaatkan untuk terapi oral pada mulut dan gigi, termasuk untuk membantu menyembuhkan sejumlah keluhan infeksi pada mulut seperti: radang gusi, tenggorokan, dan sariawan.

  1. Meningkatkan Imunitas

Kemampuan daun angsana dalam membantu menstimulasi fungsi imunitas memang telah diakui dalam dunia medis.

Bahkan beberapa industri pengobatan di filipina sudah memanfaatkan ekstraksi daun angsana sebagai herbal immunobooster.

Mengkonsumsi teh daun angsana secara ruton akan membantu menstimulasi sistem imun tubuh dalam jangka waktu panjang.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Menurut Biochimica et Biophysica acta tahun 2015, dijelaskan jika manfaat stigmasterol, sitosterol, dan fitosterol lain dalam daun angsana mengandung sterol yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kolesterol jahat bisa mengakibatkan plak pada pembuluh darah yang menyumbat dalam sistem sirkulasi darah.

  1. Merawat Rambut

Dalam pengobatan tradisional daun angsana dimanfaatkan untuk merawat rambut. Perawatan rambut dengan daun angsana baik untuk mencegah serta menebalkan rambut.

Lazim daun angsana diberikan untuk membantu mengatasi kebotakan pada orang dewasa dan merangsang pertumbuhan rambut pada anak-anak.

  1. Merawat Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi air rebusan daun angsana dan menggunakannya sebagai air saat mencuci muka diketahui bisa membantu merawat kesehatan kulit.

Selain itu, daun angsana juga diketahui baik untuk mengatasi keluhan jerawat, proses penuaan dini, juga termasuk membantu mempercepat mengatasi keluhan kulit.

Memanfaatkan daun angsana untuk pengobatan herbal merupakan salah satu adiluhur pengobatan tradisional, baik di Indonesia ataupun di berbagai budaya pengobatan belahan dunia lain.

Meskipun sejumlah fakta mulai terungkap mengenai khasiat tanaman herbal ini, namun selalu pastikan mengonsumsi dengan hati-hati untuk menghindari efek samping yang mungkin mengancam.

Manfaat Daun Angsana untuk Kesehatan

Sumber

    https://www.deherba.com/khasiat-daun-angsana.html

    https://www.kaskus.co.id/thread/515151042775b4783b000008/angsana-pohon-asli-indonesia-berjuta-manfaat/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *