Manfaat Daun Jambu untuk Kesehatan

Manfaat Daun Jambu untuk Kesehatan

Salam sehat, kali ini Mujahadah.Net akan membahas artikel kesehatan penting seputar Manfaat Daun Jambu untuk Kesehatan.

Nah, langsung saja simak dan jangan lupa share ya. Terimakasih 🙂

Daun jambu biji memang lebih banyak dikenal orang sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit diare. Padahal selain itu, daun jambu biji juga memiliki masih banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Bahkan ada sebagian orang yang mengetahui kandungan yang terdapat di dalam daun jambu biji tersebut digunakan sebagai perawatan kecantikan, seperti perawatan kecantikan kulit dan juga rambut.

Sebagian besar dari kita sudah ada yang mengetahui tentang manfaat kesehatan buah jambu biji dan sebagian lainnya pun ada yang belum mengetahuinya.

Akan tetapi, kita tidak menyadari fakta bahwa bahkan daun jambu biji yang disebut juga (Amrood ke Patte) dalam bahasa Hindi memiliki beberapa sifat obat dan menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Dikemas dengan adanya kandungan antioksidan, antibakteri, agen anti-inflamasi dan tanin yang bermanfaat, daun jambu biji segar ini dianggap sebagai penghilang rasa sakit alami.

Bahan kimia yang terkandung dalam daun ini seperti polifenol, karotenoid, flavonoid, dan tanin juga sangat efektif dalam mengobati berbagai jenis penyakit.

Baca Juga : Manfaat Buah Jambu untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi daun Jambu

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun jambu biji sebenarnya hampir sama dengan kandungan yang terdapat di dalam buahnya, yang paling dominan yaitu kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Apabila daun jambu biji ini dijadikan sebagai obat, salah satu fungsi dari pengobatan tersebut adalah sebagai antibiotik atau sebagai antioksidan. Selain vitamin C juga masih banyak kandungan lainnya yang terdapat di dalam daun jambu biji tersebut.

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun jambu :

  • Beberapa jenis vitamin, seperti : vitamin A, vitamin C, dan vitamin E
  • Serat
  • Lemah
  • Protein
  • Natrium
  • Folat
  • Kalium niacin
  • Riboflavin
  • Asam pantotenat
  • Dan masih banyak lagi

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun biji, maka tidak heran jika banyak ahli herbal yang memanfaatkan daun jambu biji ini sebagai pengobatan dan juga untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Karena kandungan nutrisi di dalamnya yang cukup lengkap tersebut yang memang berfungsi sebagai nutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat daun Jambu untuk penyakit

√ Pengobatan Diare dan Disentri

Daun jambu biji merupakan obat herbal yang terkena untuk penyakit diare dan disentri. Caranya, Anda bisa merebus 30 gram daun jambu biji dengan segenggam penuh tepung beras dalam 1-2 gelas air dan minum ramuan tersebut secara rutin 2 kali sehari.

Sedangkan, dalam kasus disentri Anda bisa memotong akar dan daun tanaman jambu biji dan rebus selama 20 menit pada suhu 90 derajat Celcius. Setelah itu saring air ramuan dan minum secukupnya sampai lega.

Membantu menurunkan Kolesterol

Sebuah hasil penelitian telah membuktikan bahwa dengan minum teh daun jambu biji selama 3 bulan bisa menyebabkan penurunan LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida tanpa efek buruk pada kolesterol baik.

Selain itu, daun jambu biji merupakan tonik hati yang hebat.

√  Membantu Sistem Pencernaan

Dengan rutin minum teh daun jambu biji bisa membantu pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan.

Agen antibakteri yang kuat  yang terdapat di dalam daun jambu biji bisa membunuh bakteri yang terdapat di lapisan usus dan menghentikan proliferasi enzim beracun oleh bakteri.

Daun jambu biji ini sangat bermanfaat dalam hal mengeluarkan racun makanan serta menenangkan tubuh, juga membantu mencegah muntah dan mual.

Untuk meredakan sakit perut, Anda bisa merebus 8 lembar daun jambu biji dalam 1,5 liter air dan rutin meminumnya 3 kali sehari.

√ Membantu menyembuhkan Demam Berdarah

Daun jambu biji dianggap sebagai obat alami untuk menyembuhkan demam berdarah. Hal ini karena ekstrak daun jambu biji bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit yang terdapat di dalam darah dan tidak beracun sama sekali.

Untuk menyembuhkan demam berdarah, Anda bisa merebus 9 lembar daun jambu biji dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas air. Kemudian setelah peregangan dan pendinginan, konsumsi ramuan tersebut secara rutin 3 kali sehari.

√ Perawatan Luka dan Infeksi

Daun jambu biji memiliki sifat penyembuhan yang hebat di dalam nya yang bisa mengobati luka seperti luka dampak abrasi, dsb.

Agen antibakteri yang terdapat di dalam daun jambu biji bisa mencegah infeksi dan mengurangi radang rahim untuk mempercepat penyembuhan luka. Teh daun jambu biji ini  juga bisa membantu dalam menyembuhkan infeksi telinga.

√ Mencegah Risiko Alergi

Daun jambu biji bisa membantu mencegah pelepasan histamin. Selain itu, senyawa yang ditemukan di dalam daun jambu biji juga efektif dalam memblokir semua reaksi alergi.

√ Meningkatkan Produksi Sperma

Konsumsi teh daun jambu biji secara rutin telah terbukti efektif dalam membantu meningkatkan produksi sperma, sehingga bisa membantu dengan konsepsi.

√ Membantu dalam Penurunan Berat Badan

Manfaat daun jambu biji juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan mencegah pati kompleks dan diubah menjadi gula.

Untuk tujuan ini, karbohidrat harus dipecah dari hati untuk digunakan oleh tubuh dan manfaat daun jambu biji ini bisa mencegah transisi karbohidrat yang bisa masuk ke senyawa.

√ Bermanfaat untuk Penderita Diabetes

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central Institute di Jepang, teh daun jambu biji secara efektif bisa menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes dengan mengurangi aktivitas enzim alpha-glucosidease.

Selain itu, daun biji juga bisa mencegah penyerapan sukrosa dan maltosa oleh tubuh, sehingga bisa menurunkan kadar gula darah.

Minum teh daun jambu biji secara rutin selama 12 minggu terbukti bisa menurunkan kadar gula darah tanpa meningkatkan produksi insulin.

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Daun Jambu untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Bagi anda yang mempunyai keluhan atau ada sebuah pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan isi kolom komentar yang berada di bawah situs yaa 🙂

Sumber

    https://www.khasiat.co.id/daun/daun-jambu-biji.html

    https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-guava-leaves-for-skin-hair-and-health/#gref

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *