Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Hallo.. Jumpa kembali disitus Mujahadah.Net dimana salah satu situs paling tepat bagi anda kunjungi.

Berbagai informasi kesehatan yang kami sajikan sebelumnya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk anda.

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan informasi kesehatan tentang Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Nah, langsung saja simak selengkapnya dibawah ini dan jangan lupa share ya.

Dan untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap berikut ini.

Kenikir atau Cosmos caudatus adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh dimana saja dan termasuk tanaman yang memiliki banyak khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Kenikir merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang mempunyai daun majemuk bersilangan dan berhadapan. Daun kenikir juga memiliki bau yang khas, dan memiliki Bunga majemuk yang berakar tunggang.

Pada umumnya daun kenikir dikonsumsi dengan cara di rebus atau dimakan mentah. Tanaman ini biasa tumbuh di daratan rendah yang memiliki kondisi tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik sampai ke daerah pegunungan.

Tanaman ini memiliki ketinggian 700 meter dari permukaan laut, terutama di tempat terbuka dan memiliki sinar matahari penuh.

Kenikir termasuk salah satu tanaman yang popular di daerah Asia, secara tradisional mereka menggunakan tanaman ini untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah, mencegah penuaan dini, menurunkan panas tubuh dan memperkuat tulang belakang.

Karena daun kenikir ini memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, dan bermanfaat juga untuk menghilangkan bau mulut atau nafas yang kurang segar.

Kenikir merupakan tanaman Indigenous yaitu tanaman asli Indonesia, yang termasuk ke dalam spesies tanaman yang berasal dari daerah atau wilayah dengan ekosistem tertentu.

Di Indonesia sendiri, kenikir merupakan salah satu sayuran favorit untuk orang orang. Bagi mereka yang menyukai sayuran ini biasanya akan mengolah tanaman ini dengan cara di cuci dan di rebus sebentar.

Atau hanya di cuci saja dan dinikmati secara mentah serta di tambahkan dengan sambal pedas yang pasti akan menigkatkan nafsu makan.

Kandungan Nutrisi daun Kenikir

Pada dasarnya daun kenikir memiliki rasa yang khas. Jika Anda Anda yang belum pernah memakan tanaman ini mungkin akan sulit untuk menerima rasanya yang agak pahit dan yang agak unik.

Akan tetapi ternyata daun kenikir ini memiliki kandungan dan khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, daun kenikir juga ternyata memiliki khasiat yang sangat mengejutkan dengan ukuran yang kecil tetapi bisa memiliki khasiat yang luar biasa, berikut merupakan beberapa kandungan yang terdapat pada daun kenikir diantaranya :

  • Saponin
  • Plavonoid polifenol
  • Minyak astiri
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Hidroksieugenol pada akar
  • Koniferil alcohol pada akar

Dalam sebuah penelitian juga ditemukan jika di dalam daun kenikir ini terdapat senyawa yang memiliki daya antioksidan yang cukup tinggi.

Senyawa yang memiliki sifat anti oksidan tersebut bisa memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsic atau jalur mitokondria.

Pemacuan apoptosis ini merupakan salah satu cara penghambatan karsiogenesis atau penyebab terjadinya penyakit kanker.

Senyawa yang bersifat radikal bebas bisa menghambat apoptosis melalui inhibisi pelepasan sitokrom C.

Dimana sitokrom C ini berperan dalam aktivasi protein regulator positif apoptosis. Selain itu, sifat anti oksidan yang dimiliki oleh tanaman kenikir juga memungkinkan untuk pengembangan tanaman tersebut sebagai agen yang komperhensif.

Manfaat daun Kenikir untuk penyakit

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun Cosmos caudatus atau daun katuk mengandung banyak vitamin A dan E yang merupakan zat yang sangat baik untuk pemulihan tubuh.

Terlebih lagi  kandungan protein di dalamnya yang merupakan bantuan besar untuk membentuk fagosit, yang merupakan masalah untuk mendukung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, di dalam daun kenikir juga terdapat kandungan vitamin C yang bisa membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh kembali ke kondisi puncaknya.

2. Memperkuat kerangka

Karena adanya kandungan mineral, kalsium, dan magnesium, dalam daun kenikir, menjadikan daun ini mampu memperkuat sistem kerangka tubuh.

Selain itu, daun kenikir juga merupakan dorongan besar untuk membangun sistem kerangka baik dan sehat di usia remaja.

Anda dapat menyantap daun kenikir ini seperti pada salad atau meminum air rebusannya. Jika Anda tidak menyukai rasanya, Anda bisa menambahkan madu atau gula sesuka Anda.

3. Meningkatkan nafsu makan

Daun Kenikir (Cosmos caudatus) mampu membantu meningkatkan nafsu makan. Karena daun kenikir ini memiliki kandungan kuersetin yang mampu membantu meningkatkan nafsu makan anak-anak.

Konsumsi setidaknya 3 kali seminggu, maka Anda akan merasakan manfaat di dalam daun kenikir yang juga bermanfaat untuk memulihkan stamina seseorang setelah jatuh sakit.

4. Mengatasi masalah bau mulut

Daun kenikir juga memiliki kemampuan sebagai anti bakteri dan kuman yang datang bersama dengan makanan yang kita makan. Hal ini terjadi karena daun kenikir memiliki alkohol coniferil di dalamnya.

Dimana alkohol koniferril ini mampu membersihkan area lidah dan air liur dari kuman yang menjadi penyebab bau mulut.

Agar mendapat khasiat maksimal dari daun kenikir, Anda bisa mengunyah daun kenikir sekitar dua puluh hingga tiga puluh detik sebelum Anda berkumur.

Selain itu, Anda juga bisa merebus daun kenikir dan menambahkan sedikit garam, kemudian minum air rebusan tersebut setidaknya 2 kali setiap hari.

5. Membantu menyembuhkan maag perut atau perut yang lemah

Daun kenikir mengandung zat tokoferol, pholyphenols, dan hydroxiugfenol, yang mampu membantu menetralkan kadar asam lambung. Selain itu, manfaat daun kenikir juga mampu membantu menguatkan otot-otot sphingter di perut.

Agar mendapatkan manfaat tersebut tentunya, Anda harus mengkonsumsi daun kenikir secara teratur agar mendapatkan efek terbaik.

6. Membantu memperkuat jantung yang lemah

Di dalam daun kenikir juga terdapat kandungan flavonoid dan antioksidan. Dimana zat-zat itu sangat membantu untuk merusak sel-sel di sekitar pemulihan jantung.

Selain itu, kedua zat tersebut juga bisa membantu kelancaran sirkulasi darah dengan memperkuat arteri dan otot-otot jantung.

7. Membantu menyembuhkan gondongan

Kandungan Pholyphenol dan tokoferol yang terdapat di dalam daun kenikir akan membantu menyembuhkan peradangan gondong secara alami.

Anda bisa menghalsukan daun kenikir, kemudian mencampurkannya dengan cuka sama rata, dan menggosokkannya pada area yang terdapat gondongan secara rutin setidaknya 3 kali sehari.

8. Membantu menyembuhkan peradangan saat menyusui

Manfaat duan kenikir yang teraakhir ini bersifat khusus bagi wanita yang menyusui. Ibu menyusui biasanya mengalami peradangan pada payudara nya.

Oleh sebab itu, Anda bisa menyembuhkan atau setidaknya meminimalkan rasa sakit dengan menggunakan daun Kenikir (Cosmos caudatus).

Kandungan terpenoid dan anti peradangan yang terdapat di dalam daun kenikir tersebut bisa membantu meringankan dan menyembuhkan peradangan saat menyusui.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Jika Ada Beberapa Pertanyaan Seputar Artikel diatas, Silahkan Tinggalkan Pertanyaan Di Kolom Komentar Dibawah Ini

Sumber

    https://www.kaskus.co.id/thread/5b0283dc54c07ae73a8b4567/kandungan-dan-manfaat-daun-kenikir-bagi-kesehatan/

    https://inetarticle.com/health-benefits-of-kenikir-leaves/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *