Manfaat Daun Pohpohan untuk Kesehatan

Daun hijau segar ini biasa dikenal sebagai lalapan dalam masakan Sunda. Namun, siapa sangka ternyata khasiat daun pohpohan juga bagus untuk kesehatan.

Berikut adalah Manfaat Daun Pohpohan untuk Kesehatan Anda 😉

Manfaat Daun Pohpohan untuk Kesehatan

Ponpohon mempunyai nama latin Pilea Melastomoides atau Pilea Trinervia yang tergolong ke dalam famili urticaceae.

Daun ponpohan adalah salah satu daun yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan, dan sebagian besar dari masyarakat sunda sudah mengenal daun ponpohon ini.

Daun ponpohan mempunyai rasa yang unik dan lezat sehingga daun ini sangat direkomendasikan dikonsumsi oleh Anda yang belum pernah mengkonsumsi nya.

Selain mempunyai rasa yang unik dan lezat, daun ponpohon juga memiliki wangi yang harum, sehingga sangat cocok untuk dijadikan penambah citaras dalam makanan.

Tetapi tidak hanya itu saja, daun ponpohon juga kaya akan kandungan nutrisi sehingga berkhasiat untuk membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Kandungan Nutrisi Daun Ponpohan

Kandungan gizi yang terdapat dalam daun ponpohan sangat lengkap, termasuk diantaranya: kalsium, karbohidrat, energi, vitamin A, vitamin C, fosfor, lemak, zat besi, dan zat fosfor.

Berbagai macam kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan. Disini kami akan memaparkan berbagai macam manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengkonsumsi daun ponpohan.

Manfaat Daun Ponpohon untuk Kesehatan

Bukan hanya orang sunda saja yang harus mempelajari tentang manfaat dan khasiat daun ponpohan, namun semua orang juga sebaiknya mengetahuinya.

Apa saja manfaat daun ponpohan untuk kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mengatasi nyeri otot

Kandungan yang terdapat di dalam daun pohpohan membuat daun ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satu manfaat dari daun pohpohan tersebut adalah untuk mengatasi nyeri pada otot.

Bagi Anda yang menginginkan terhindar dari nyeri pada otot, Anda bisa mengkonsumsi daun pohpohan ini sebagai obat.

Karena daun pohpohan ini kaya akan kalsium, sehingga bisa menghindarkan masalah nyeri otot bagi seseorang yang rutin mengkonsumsinya.

  1. Mengatasi sakit pinggang

Sakit pinggang dapat terjadi pada siapapun baik orang tua dewasa maupun remaja, namun Tahukah Anda jika ternyata daun pohpohan memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit pinggang, sehingga dengan mengkonsumsinya kita dapat terhindar dari sakit pinggang.

  1. Mencegah Osteoporosis

Kalsium yang terdapat pada daun ponpohon juga berperan dalam pembentukan tulang yang kuat, dan sebagai penyusun kerangka tubuh.

Tiap 100 gram daun pohpohan mengandung 744 mg kalsium yaitu jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan kalsium pada bayam dan daun singkong. Asupan kalsium yang memadai mampu untuk mencegah pengapuran pada tulang yang sering disebut osteoporosis.

  1. Mengatasi rematik

Penyakit rematik juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun pohpohan. Karena di dalam kandungan daun pohpohan ini memiliki berbagai manfaat salah satunya adalah mengatasi rematik.

  1. Menyehatkan tulang

Tulang yang sehat tentu sangat didambakan oleh setiap orang. Untuk menjaga kesehatan tulang tidaklah sulit, cukup konsumsi lalab daun popohan ini sebab kandungan yang terdapat di dalam daun ponpohon memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

  1. Mengatasi keram

Keram pada tangan atau kaki bisa diatasi dengan daun popohan sebab kandungan yang terdapat di dalam daun ini sangat efektif digunakan untuk mengobati sakit keram.

  1. Meredakan nyeri haid

Selain bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang ternyata daun pohpohan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri saat haid, kandungan yang terdapat di dalam daun pohpohan akan membantu tubuh untuk meredakan rasa nyeri ketika haid.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam daun pohpohan efektif dalam menumpas radikal bebas, penyebab kanker. Antioksidan tersebut juga berguna untuk menetralisir racun dalam tubuh, dan mencegah peradangan.

Selain itu, senyawa flavonoida dalam pohpohan juga bersifat sebagai anti kanker. Benar-benar daun ponpohan ini adalah sayuran yang menyehatkan tubuh, yang mampu mencegah kanker usus.

  1. Menormalkan tekanan darah

Tekanan darah yang tidak normal bisa menimbulkan berbagai penyakit, untuk itu agar kita terhindar dari berbagai penyakit maka konsumsi daun pohpohan ini, sebab daun popohan bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah.

  1. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi mempunyai resiko untuk terkena berbagai penyakit. Jika Anda ingin terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan akibat tekanan darah tinggi, maka konsumsilah daun pohpohan ini.

Mineral penting dalam daun pohpohan ternyata berguna untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Manfaat tersebut bisa diperoleh dengan mengkonsumsinya secara teratur.

  1. Mengobati kencing manis

penyakit kencing manis juga bisa diatasi menggunakan daun pohpohan, sebab kandungan yang terdapat di dalam nya sangat efektif digunakan untuk alternatif penyembuhan kencing manis.

  1. Mencegah wasir

Daun pohpohan juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mencegah terjadinya penyakit wasir, dan bagi Anda yang sudah mengalami wasir Anda bisa mengkonsumsi daun pohpohan sebagai obatnya.

  1. Menyehatkan gigi

Manfaat daun popohan sangat banyak salah satunya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi, berkat adanya kandungan yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan gigi.

  1. Mencegah pikun

Pengiriman sinyal saraf membutuhkan ion kalsium agar bisa berjalan dengan baik. Kekurangan asupan kalsium akan mengganggu sinyal saraf, dan bisa memicu penurunan memori. Nah, salah satu sumber kalsium yang baik bisa Anda dapatkan adalah dari daun pohpohan.

  1. Mensterilkan racun dalam tubuh

Kandungan yang terdapat di dalam daun pohpohan sangat efektif digunakan untuk menetralkan Racun yang masuk ke dalam tubuh. Selain, itu Anda juga dapat menggukan manfaat air putih untuk mensterilkan racun.

  1. Mencegah efek radikal bebas

Untuk mencegah terjadinya efek radikal bebas Anda bisa mengkonsumsi daun popohan, sebab di dalam daun pohpohan memiliki berbagai kandungan yang bisa Anda gunakan untuk mencegah efek radikal bebas.

  1. Menjaga metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang baik bisa menghindarkan diri dari berbagai penyakit, dan bagi Anda yang menginginkan metabolisme berjalan dengan baik maka Anda dapat mengkonsumsi daun pohpohan.

  1. Mencegah gangguan jantung

Meskipun ukurannya kecil, namun jantung memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Dengan adanya jantung, maka darah akan tersalurkan ke seluruh sel tubuh.

Fungsi ini memerlukan kontraksi otot jantung secara rutin. Nah, kalsium berperan dalam memberikan energi bagi ekspansi jantung yang bisa Anda dapatkan dari daun pohpohan yang mengantongi kalsium dalam jumlah cukup tinggi.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Agar kita terhindar dari berbagai penyakit, maka penting untuk selalu menjaga ketahanan tubuh. Dan untuk menjaga ketahanan tubuh Anda bisa mengkonsumsi daun pohpohan secara rutin.

  1. Mencegah kulit kering dan kusam

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam daun pohpohan ternyata efektif untuk menjaga kelembaban kulit, sehingga terhindar dari kulit kusam dan retak-retak.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat mengkonsumsi daun pohpohan. Dengan mengkonsumsi daun pohpohan secara rutin akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan.

Selain mengkonsumsi daun pohpohan, Anda juga harus menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup rajin berolahraga dan membiasakan hidup sehat.

https://manfaat.co.id/manfaat-daun-pohpohan

http://www.kinisehat.com/2016/04/manfaat-pohpohan-kesehatan-kecantikan.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *