Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Hai guys, main tebak-tebakan yuk ?? Rempah, rempah apa yang identik dengan warna kuning hayo ? Yaps, betul sekali.. memang kunyit jawabannya.

Nah untuk melengkapi tebak-tebakan tersebut, kurang apdol rasanya jika tak membahas manfaat yang terkandung pada rempah tersebut.

Oleh karena itu, kali ini mujahadah.net akan memberikan informasi perihal apa saja sih Manfaat Kunyit untuk Kesehatan ?? To the poin aja ya guys, yuk check result.. 😉

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang banyak ditemukan dan digunakan sebagai bahan masakan, bahkan sekarang ini tidak sedikit yang banyak menggunakannya sebagai obat herbal tradisional.

Karena, manfaat dari tanaman yang satu ini tak hanya digunakan untuk masakan saja, namun bisa juga untuk kesehatan.

Macam-macam Kunyit

Kunyit oranye sering kita gunakan karena mudah ditemukan wujud serta manfaatnya. Namun, tahukah Anda, bahwa  kunyit ini selain berwarna kuning/oranye juga memiliki warna yang putih, yang sering disebut kunyit putih.

Kunyit dengan warna putih ini mempunyai kandungan yang berbeda dengan si kunyit kuning, namun sama-sama ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit dan bermanfaat untuk kesehatan.

Kunyit putih atau Zedoaria (Curcuma Zedoaria) merupakan jenis tanaman rempah-rempah yang semua bagiannya termasuk akar, minyak dan daunnya bisa digunakan untuk obat.

Tanaman ini adalah asli dari India dan Indonesia, tapi juga telah dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan berbagai wilayah Asia lainnya.

Kunyit ini memiliki daging yang lunak dan rasanya menyerupai jahe, meski meninggalkan jejak pahit diakhir. Namun, kunyit putih ini jarang sekali digunakan dalam bumbu masak, dan sering digantikan oleh jahe.

Tetapi, kunyit putih ini masih banyak digunakan sebagai bumbu masakan di beberapa wilayah Asia. Sedangkan di Indonesia, bubuk kunyit putih ini sering di tambahkan pada masakan kari.

Di Thailand, irisan kunyit putih ini digunakan sebagai penyegar rasa salad.

Kandungan Zat dalam Kunyit

Kunyit kuningatau oranye memiliki sejumlah kandungan, diantaranya :

  1. Zat warna kurkuminoid – Sebuah senyawa sekitar 3-4% diarilheptanoiddan terdiri dari dihidrokurkumin,desmetoksikurkumin,curcumin, dan bisdesmetoksikurkumin.
  2. Minyak atsiri – Mengandung sebanyak 2-5% yang terdiri dari turunan fenilpropana turmeron danseskuiterpen (alpha turmeron, aril-turmeron, dan beta turmeron) atlanton, bisabolen, seskuifellandren, kurlon kurkumol,zingiberin, aril kurkumen, humulen.
  3. Mineral – Magnesium besi, kalsium,mangan, aluminium, natrium, kalium, seng, kobalt, bismuth,dan timbal.
  4. Zat lain – Arabinosa, pati, fruktosa, dammardan tannin, glukosa.

Sedangkan kunyit putih mengandung minyak essensial, pati, dan curcumin. Minyak essensial dari kunyit putih ini dipercaya dapatmenghilangkan dampak akibat dari radikal bebas.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

1.  Beberapa manfaat kunyit kuning/oranye untuk kesehatan diantaranya ialah :

  • Sebagai Antiperadang

Kunyit merupakan salah satu tanaman yang memiliki sifat antiperadang paling kuat. Sebuah penelitian pada 117 orang yang didiagnosis memiliki masalah pencernaan, dan di berikan 1 gr bubuk kunyit halus untuk dijadikan teh selama 8 minggu.

Setelah meraka mengonsumsi ramuan tersebut, hasil yang ditemukan pada akhir penelitian yaitu peradangan pencernaan mereka lebih rendah daripada orang yang jarang mengonsumsi kunyit.

Hal ini merupakan salah satu manfaat kunyit untuk mengatasi masalah pencernaan yaitu mengobati radang usus.

Beberapa jenis makanan dapat membahayakan kesehatan lambung dan dapat mengikis dinding usus.

Senyawa yang terkandung dalam kunyit ini bermanfaat untuk melindungi  dan melapisi dinding lambung, dengan cara meningkatkan produksi lendir.

Sebuah studi dalam jurnal Systematic Reviews menemukan bahwa orang yang menambahkan satu sendok rempah kunyit pada masakanya, terbukti memiliki sistem pencernaan lebih sehat.

Pencernaan yang dimaksud disini ialah lambung dan usus besar.

  • Mengurangi Mual

Kondisi mual biasanya disebabkan disaat pencernaan kita ada masalah. Penyebabnya bisa ditimbulnya rasa mual, seperti stres, dehidrasi, atau bahkan infeksi pada pencernaan.

Untuk cara mengobati rasa mual pada pencernaan, kunyit solusinya ! Phytochemical ialah salah satu kandungan yang terdapat pada kunyit yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk memerangi racun penyebab rasa mual.

  • Meredakan Diare

Diare bisa disebabkan oleh keracunan makanan, obat, virus, dampak alergi, dan makanan yang tidak sehat. Ramuan herbal dari kunyit dapat membantu menyembuhkan diare Anda.

Kandungan kalium dan magnesium pada kunyit dapat membantu melawan dehidrasi sehingga cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diareakan seimbang.

2. Adapun manfaat dari kunyit putih, sebagai berikut :

  • Mengandung Zat Antimikroba dan Antijamur

Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak dari kunyit putih ini dapat melawan spesies bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Bakteri seperti E.coli penyebab gangguan pencernaan seperti diare dan keracunan makanan, serta bakteri Staphylococcus aureus penyebab bisul, impetigo, sululitis, sepsis, dan osteomelitis.

Ekstrak dari kunyit putih ini juga dapat melawan infeksi jamur Candida dan Aspergillus.

  • Mengobati Alergi

Kunyit putih ini memiliki senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi dan terbukti bisa mengatasi gejala alergi pada kulit.

Kunyit ini bekerja layaknya antihistamin untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, zat kimia yang memicu reaksi alergi.

  • Menjaga Sistem Pencernaan

Sama halnya dengan kunyit kuning, kunyit putih ini juga mampu dalam mengobati masalah pada pencernaan.

Minyak esensial dari kunyit putih ini bermanfaat untuk pengobatan kejang otot, kolik, penurunan nafsu makan, perut kembung, cacingan, jarang buang air besar, dan lidah yang terasa pahit.

Hal ini juga dapat membantu mencegah peradangan pada usus akibat stres.

  • Penghilang Rasa Sakit

Tanaman kunyit ini memiliki sifat analgesik yang lebih baik dibandingkan aspirin, karena kandungan senyawa alaminya dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Kunyit ini juga dapat digunakan untuk melindungi paru-paru penderita asma.

Setelah selah membaca, jangan lupa share ya.. Oh iya, jika Anda pertanyaan dalam bentuk apapun bisa langsung di tulis dikolom komentar yang tersedia ya.. 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *