Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang sering digunakan bukan hanya untuk Kecantikan tapi juga untuk Kesehatan Tubuh.

Yuk cari tau apa saja Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan disini 😉

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya atau Aloe Vera dikenal dengan berbagai nama yang berbeda seperti gaharu medis, tanaman bakar, bunga bakung makanan penutup, dan empedu gajah.

Kata “Aloe” sebenarnya berasal dari keluarga succulents yang berasal dari Aloe Vera. Aloe Vera diyakini berasal 6000 tahun yang lalu dari negara Sudan.

Tanaman ini tumbuh secara alami di daerah beriklim kering dan hangat seperti negara-negara Afrika, India, dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

Lidah Buaya telah digunakan sebagai tanaman obat selama ratusan tahun di berbagai negara seperti Yunani, Mesir, Cina, Filipina, Jepang, dan banyak lagi lainnya.

Bagian tanaman secara luas  diketahui memiliki sifat bermanfaat yang berbeda untuk tubuh, baik secara internal maupun eksternal.

Ini paling terkenal sebagai nutrisi penting untuk merawat rambut dan sering ditambahkan ke minuman yang berbeda.

Sejarah Lidah Buaya

Tamanan Lidah Buaya telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.

Fakta sejarah yang ada menyebutkan bahwa Bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat dari Lidah Buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM.

Karena manfaat Lidah Buaya ini yang begitu luar biasa, bangsa Mesir kuno menyebut tanaman Lidah Buaya sebagai tanaman keabadian.

Selain itu, seorang dokter dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes, menyebutkan jika salah satu manfaat Lidah Buaya yakni mempunyai khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Seperti diantaranya mengobati radang tenggorokan, bisul, rambut rontok, wasir, kulit memar, pecah-pecah, lecet, dsb.

Tanaman Lidah Buaya adalah satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Tanaman Lidah Buaya mempunyai beragam jenis. Setidaknya terdapat sekitar 200 jenis tanaman Lidah Buaya yang sudah diketahui.

Dari ke 200 jenis itu yang paling bagus digunakan untuk pengobatan yaitu jenis Aloevera Barbadensis Miller. Jenis ini setidaknya mengandung 72 jenis zat yang diperlukan oleh tubuh.

Jenis-Jenis Lidah Buaya

Berikut adalah 7 Jenis Tanaman Lidah Buaya Yang Berkhasiat

  1. Aloe excelsa (Zimbabwe Aloe)

Aloe excelza atau Zimbabwe Aloe adalah jenis tanaman spesia Aloe dari keluarga: Asphodel (Asphodelacea) yang dapat tumbuh pada suhu 22 derajat F, berasal dari Zimbabwe, Zambia dan Afrika Selatan.

Tanaman Aloe excelsa merupakan antimikroba yang bisa membantu pencernaan, dan digunakan untuk mengobati diabetes.

  1. Aloe cryptopoda (Twerkleur Aloe)

Aloe cryptopoda atau Twerkleur Aloe adalah jenis tanaman spesies Aloe dari keluarga: Asphodel (Asphodelacea) yang harus dilindungi dari embun beku, berasal dari tanjung barat Afrika Selatan.

Tanaman Aloe excelsa digunakan untuk obat-obatan seperti untuk mengobati sembelit dan penyakit kelamin.

  1. Aloe marlothii (Mountain Aloe)

Aloe marlothii atau Mountain Aloe adalah jenis tanaman spesies Aloe dari keluarga: Asphodel (Asphodelacea) yang dapat hidup pada suhu 20 derajat F, berasal dari Afrika Selatan, Swaziland, Botswana, dan Mozambik.

Aloe marlothii merupakan obat alami melawan cacing pita.

  1. Aloe Ellenbeckii

Aloe ellenbeckii berasal dari Ethiopia, Somalia dan Kenya, ini adalah pilihan Aloe karena mengandung banyak sekali lendir penyembuhan dan tidak pahit.

Aspek pahit tentu saja akan menunjukkan aloe emodin, yang biasa berada di lapisan bawah kulit, dan merupakan obat untuk penenang perut dan pencahar yang hebat.

  1. Aloe dichotoma (Quiver Tree)

Aloe, Quiver Tree (Aloe dichotoma) adalah jenis pohon aloe asli Afrika Selatan, tangguh sampai 25 derajat F, dengan populasi di wilayah Northern Cape serta Namibia.

Tanaman ini termasuk tanaman langka (CITES listed) dan spesimen mahal yang bisa ditemukan di kebun terbuka di Barat Daya AS, dan disimpan sebagai tanaman pot oleh para kolektor Aloe.

  1. Aloe maculata (Soap Aloe)

Aloe maculata atau Soap Aloe adalah jenis tanaman spesies Aloe dari keluarga: Asphodel (Asphodelacea) yang harus dilindungi dari embun beku, berasal dari Afrika Selatan.

Soap Aloe atau Zebra Aloe mengandung Lemak sigulen di dalam nya yang banyak didistribusikan ke seluruh Afrika Selatan.

Tanaman ini mempunyai perbedaan yang tidak membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik – bahkan akan tumbuh dalam kotoran.

  1. Aloe Ferox

Aloe ferox atau Aloe hanburyi juga termasuk ke dalam jenis aloe yang bisa tumbuh tinggi dan besar, sehingga termasuk pula sebagai jenis Aloe pohon.

Aloe Ferox mempunyai ciri yaitu memiliki tegakan batang yang membulat tepat dibawah roset daun, kemudian tidak berdaun lagi setelah tanaman tumbuh setinggi 1 m.

Aloe Ferox adalah sumber pencahar anthroquinone yang dikenal sebagai aloe-emodin, bubuk kuning yang berada di lapisan di bawah kulit daun dan diekstraksi dengan cara merebus.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

Berikut adalah beberapa kandungan Lidah Buaya yang lengkap sehingga sangat bermanfaat besar untuk kesehatan:

  • Energi 4,00 kal
  • Protein 0,10 g
  • Lemak 0,20 g
  • Serat 0,30 g
  • Abu 0,10 g
  • Kalsium 85,00 mg
  • Besi 0,80 mg
  • Vit A 4,564 IU
  • Vit C 3,476 mg

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat dari Lidah Buaya untuk kesehatan yang dibuktikan oleh ilmu pengetahuan:

  1. Lidah Buaya bisa menjaga kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang lemah dan tidak sehat terkait dengan banyak penyakit di dalam nya. Sistem pencernaan yang kuat adalah salah satu fondasi kesehatan yang penting.

Manfaat dari Lidah Buaya  ini bisa digunakan untuk menghaluskan dan membersihkan saluran pencernaan serta membantu meningkatkan pencernaan.

Hal yang menakjubkan tentang penggunaan Lidah Buaya secara internal adalah membantu mengatasi sembelit dan diare.

  1. Lidah Buaya bisa untuk Penyembuhan Luka

Lidah Buaya biasanya diaplikasikan sebagai obat topikal, artinya digosokkan pada kulit dan bagian tubuh eksternal lainnya daripada dikonsumsi secara langsung.

Lidah Buaya  telah lama digunakan untuk pengobatan luka seperti: luka bakar, luka akibat terbakar sinar matahari, dsb.

  1. Lidah Buaya bisa Mencegah Penumpukan Plak Gigi

Kebersihan mulut yang tidak sehat atau kesehatan mulut yang tidak terkendali bisa menyebabkan berbagai penyakit gusi dan gigi.

Mengurangi penumpukan plak di gigi adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi.

  1. Lidah Buaya bisa digunakan untuk Mengobati Sembelit

Lidah Buaya sering diyakini oleh generasi lebih tua untuk membantu melawan sembelit.

Ini karena pengobatan tradisional percaya bahwa Lidah Buaya memiliki banyak manfaat untuk sistem pencernaan, dan salah satu manfaatnya adalah memerangi sembelit.

  1. Ekstrak Lidah Buaya bisa digunakan untuk Mencegah Keriput dan Penuaan

Salah satu penyebab utama mengapa kulit menua dengan cepat adalah karena jatuhnya elastisitas sel dan serat kulit.

Salah satu alasannya adalah karena kurangnya kolagen dan kelembaban di kulit. Ini menyebabkan kulit mengendur dan membuat orang miskin yang menderita itu terlihat lebih tua dari usianya.

Untungnya, penelitian telah menunjukkan bahwa Lidah Buaya memiliki khasiat untuk membantu mencegah timbulnya penuaan dini pada kulit.

Ada bukti yang menunjukkan bahwa Lidah Buaya yang dioleskan secara topikal dapat memperlambat penuaan kulit.

  1. Jus Lidah Buaya bisa Menurunkan Gula Darah Dan Mencegah Diabetes

Lidah buaya telah digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit untuk waktu yang sangat lama.

Salah satu penyakit tersebut adalah diabetes yang mematikan. Diabetes disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin dan yang lainnya adalah kelebihan glukosa dan gula dalam aliran darah.

Baca Juga : Makanan Sehat dan Pantangan Makanan Penderita Diabetes

  1. Lidah Buaya bisa membantu Mengobati Bisul Mulut

Radang mulut sangat umum dan biasanya luka tidak berbahaya yang terjadi di mulut kita. Bisul mulut mungkin tidak berbahaya tetapi jelas tidak nyaman untuk hidup bersama.

Mereka sering muncul di bibir, lidah, atau di dalam pipi. Luka biasanya hilang setelah satu atau dua minggu.

  1. Minuman Lidah Buaya bisa meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minuman yang terbuat dari Lidah Buaya memiliki komponen detoksifikasi alami yang secara efektif membersihkan sistem peredaran darah dan pencernaan.

Lidah Buaya mampu mempercepat tingkat penyerapan nutrisi oleh tubuh, ini menghasilkan sirkulasi darah yang lebih baik.

  1. Gel Lidah Buaya bisa menjaga Makanan tetap Segar

Meskipun manfaat ini tidak benar-benar langsung dari Lidah Buaya kepada Anda, namun kemampuan Lidah Buaya untuk membantu melestarikan makanan sudah secara tidak langsung akan melindungi Anda terhadap kemungkinan penyakit di masa depan.

Sebuah studi tahun 2014 oleh Universitas Cambridge mengambil sampel tomat yang dilapisi gel dari Lidah Buaya.

Penelitian menemukan bahwa pelapis lidah buaya telah membantu mencegah pertumbuhan banyak jenis bakteri berbahaya.

  1. Lidah Buaya memiliki Potensi untuk mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara atau sejenis kanker ganas yang berasal dari sel payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum di antara pasien wanita dan keseluruhan kedua yang paling umum.

Lidah buaya telah dikatakan bisa mengurangi kemungkinan kanker payudara di antara orang-orang yang berpotensi terkena penyakit ini.

Sebuah studi yang terakhir pada tahun 2013 oleh Organisasi Pelengkap dan Pengobatan Alternatif Berbasis Bukti.

  1. Gel Lidah Buaya bisa digunakan untuk Mencegah Dan Menyembuhkan Rambut Rontok

Alopecia atau kerontokan rambut adalah masalah yang umum terjadi namun memalukan.

Ini paling umum di antara pria yang berusia di atas 40 tahun, karena kulit kepala mereka tidak mampu menangani keberadaan dihydrotestosterone, atau bentuk testosteron yang rusak.

Lidah Buaya telah dikenal oleh banyak budaya dan dokter asli sebagai solusi efektif melawan kerontokan rambut.

Manfaat tersebut sangat terkenal sehingga banyak perusahaan produk rambut multinasional telah mengintegrasikan ekstrak Lidah Buaya ke dalam produk mereka.

  1. Lidah Buaya bisa digunakan untuk Meredakan Mulas

Penyakit refluks gastroesofageal atau lebih dikenal dengan GERD atau Heartburn adalah gangguan pencernaan.

Ini mempengaruhi sfingter esofagus bagian bawah, yang merupakan otot yang menghubungkan kerongkongan dan perut.

Penyakit refluks gastroesofagus sering dapat diobati dengan hanya memiliki perubahan gaya hidup atau diet yang lebih sehat.

Namun, ada kasus di mana pasien perlu minum obat atau operasi untuk menyembuhkan GERD mereka.

  1. Aplikasi Gel Lidah Buaya bisa Mencegah dan Mengobati Jerawat

Manfaat kecantikan Lidah Buaya tidak ada habisnya. Itulah mengapa Lidah Buaya digunakan sebagai bahan aktif dalam pelembab, pencuci wajah, pelembab, lotion, sabun, dan banyak produk kecantikan lainnya.

Hal ini disebabkan oleh sifat pelembab dan kuratif yang terdapat dalam Lidah Buaya tersebut.

Lidah Buaya bisa membantu mencegah dan mengobati jerawat dengan berbagai cara. Salah satunya adalah sifat antibakteri yang bisa mencegah bakteri menginfeksi pori-pori.

  1. Lidah Buaya bisa digunakan sebagai Obat Herbal untuk memerangi Kanker Lambung

Kanker Lambung ini berasal ketika ada sel-sel kanker yang tumbuh cepat di dalam lapisan perut.

Gejala-gejala penyakit berbahaya seperti bisa berupa kurang nafsu makan, nyeri, dan perasaan perut kembung dan penuh.

Menariknya, pilihan pengobatan untuk kanker lambung salah satunya Lidah Buaya karena sifat sitotoksiknya yang kuat.

  1. Ekstrak Daun Lidah Buaya bisa membantu Menyembuhkan Psoriasis

Psoriasis biasa ditandai dengan bercak kering, gatal, dan sensitif pada kulit. Ini adalah kondisi kekebalan yang serius meningkat dengan kematian sel di permukaan kulit.

Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan jika ekstrak Lidah Buaya juga menawarkan sifat magis mereka sendiri untuk pengelolaan psoriasis.

Ekstrak Lidah Buaya tidak memiliki efek samping sehingga dapat dianggap sebagai alternatif yang lebih aman dan lebih alami untuk menyembuhkan psoriasis.

Baca Juga : Makanan Baik dan Buruk Penderita Psiroasis

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Sumber

    https://alivebynature.com/15-health-benefits-of-aloe-vera/

    https://mellindapsari.wordpress.com/2012/06/13/sejarah-dan-asal-usul-tanaman-lidah-buaya-3/

    https://edyutomo.com/kandungan-lidah-buaya-yang-berkhasiat-tinggi/

    https://www.upayasehatalami.com/2017/09/7-jenis-tanaman-aloe-di-dunia-yang-berkhasiat.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *