9+ Rekomendasi Obat Bintitan Di Apotik

Hallo sobat mujahadah.net, seperti yang kalian lihat di judul kali ini kita akan membahas tentang “9+ Rekomendasi Obat Bintitan Di Apotik ” yuk simak artikel kami selengkapnya.

9+ Rekomendasi Obat Bintitan Di Apotik

Bintitan dalam bahasa medis disebut dengan hordeolum merupakan kondisi munculnya benjolan mirip dengan jerawat atau bisul di bagian kelopak mata.

Bintitan ini muncul di bagian kelopak mata bagian luar, namun kadang muncul di bagian dalam. Bintil dapat tumbuh dibagian dalam sehingga akan terasa lebih menyakitkan dibandingkan yang tumbuh di luar.

Gejala Bintitan

  • Mata Berair
  • Bagian kelopak mata memerah
  • Kelopakmata dengan mudah
  • Muncul benjolan berwarna merah, letaknya bisa di bagian bulu mata atau kelopak bagian dalam kelopak mata.
  • Penderita bintitan akan merasakan susah untuk berkedip ketika benjolan semakin membesar.

Jenis Bintitan

Masalah kesehatan mata ini memiliki 3 jenis mata bintitan yang sering terjadi diantaranya :

Bintitan Interna

Jenis ini biasanya menyerang kelopak mata bagian atas atau di bawah bagian dalam, bintitan menyerang kelenjar lemak yang ada di kelopak mata.

Jenis ini sering dialami orang dibandingkan dengan jenis bintitan eksterna, bintitan jenis ini banyak terjadi infeksi di bagian dalam kelopak mata dibandingkan diluar kelopak mata.

Bintitan Kalaizon

Bintit jenis ini di tandai adanya benjolan keras tidak ada nanah atau cairannya. Penyebab bintit jenis ini diantaranya :

  • Sekresi pada bagian mata mengalami gangguan
  • Sekresi mata terganggu, biasanya sekresi mata terdapat pada kelenjar meibom
  • Jaringan mata di sekitar kelenjar meibom bereaksi dengan bahan yang tertahan di bagian kelenjar meibom
  • Bahan yang tertahan tersebut merupakan benjolan yang mengeras serta benjolan.

Bintitan Eksterna

Bintitan jenis ini menyerang kelopak moaya bagian luar, bintitan tipe ini benjolan yang dihasilkan cenderung kecil.

Kuman ini akan menempel pada bulu mata bukan pada kelopak mata, kuman ini masuk dalam pori bulu mata, kemudian mengenai kelenjar zeiss dan kelenjar moll.

Kedua kelenjar ini letaknya berdekatan dengan pangkal bulu mata, oleh sebab itu benjolan terjadi hanya di bagian sekitar bulu mata saja.

Penyebab Mata Bintitan

Utamanya bintitan ini disebabkan oleh bakteri stafilokokus, bakteri ini biasanya hidup pada bagian kulit manusia tanpa menyebabkan penyakit.

Akan tetapi resiko bintitan akan meningkat jika tangan yang terinfeksi bakteri tersebut menyentuh bagian mata. Faktor resiko lain yang dapat meningkatkan resiko mata bintitan yaitu :

  • Gunakan kosmetik yang sudah kedaluarsa
  • Tidak sering membersihkan kosmetik ketika akan tidur
  • Lensa kontak yang tidak steril atau tangan tidak bersih
  • Mengidap radang kelopak mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau komplikasi akibat penyakit kulit

Obat Mata Bintitan Di Apotik

Mata bintitan dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-2 minggu, akan tetapi rasa gatal serta mengganjal pada area mata dapat membuat tidak nyaman dan percaya diri. Maka dengan begitu berikut ini daftar obat bintitan yang ada di apotik :

Salep Mata Xitrol

Salep ini baik digunakan untuk mengatasi peradangan pada mata, gunakan sebanyak 3-4 atau lakukan sesuai anjuran dokter.

Salep Mata Fenicol

Manfaat salep ini bisa menyembuhkan radang selaput bening mata, untuk penggunaannya harus memiliki resep dokter.

Salep Mata Chloramphenicol

Obat salep ini ditujukan untuk infeksi telinga namun bisa digunakan sebagai obat penyembuh infeksi mata seperti konjungtivis dan infeksi okular mata.

Terra Cortil Eye Oint

Obat salep ini bekerja dengan menyembuhkan infeksi mata bintitan, mata belekan atau timbelen pada mata, caranya oleskan salep sebanyak 3-4x sehari.

Cendo Genta

Salep cendo mengandung gentamicin sulfate (anti-jamur) sehingga cara kerja salep ini merdakan masalah jamur yang ada pada bagian mata secara efektif.

Cendo Mycos Oint

Produk salep ini dapat digunakan sebagai obat infeksi mata usai pembedahan atau infeksi lainnya. Oleskan secara tipis pada bagian bawah mata sebanyak 1-3x sehari.

Cendo Xytrol

Direkomendasikan untuk membantu menyembuhkan mata bengkak sampai mengempis, obati sebanyak 3-4x dalam sehari.

Albucetin

Salep ini berfungsi sebagai pencegah infeksi setelah operasi atau karena luka bakar.  Selain itu dapat digunakan juga sebagai penyembuh mata bintitan.

Salep Terramycin

Fungsi utama salep ini yaitu untuk mengobati infeksi pada bagian mata, dokter akan merekomendasikan penggunaan obat selama 4-6 hari. Reaksi obatnya yaitu peningkatan air mata setelah penggunaan obat.

Garamycin

Fungsinya dapat meringankan masalah peradangan yang terjadi pada mata, sehingga masalah mata akan segera terselesaikan.

Nebacetin

Obat ini digunakan untuk mengobati masalah infeksi lokal pada mata dengan cepat. Penggunaannya bisa anda gunakan sebanyak 1-3x sehari, gunakan salep sampai mata benar-benar sembuh.

Spersanocol Salep

Penggunaan obat ini bertujuan untuk pencegahan sebelum dan sesudah oprasi. Obat ini juga dapat membantu infeksi bakteri pada bagian kelopak mata dan saluran air mata.

Oxytetracycline

Salep ini biasanya digunakan untuk konjungtivitas pada bagian mata serta infeksi pada bagian mata lainnya. cara penggunaannya oleskan pada bagian mata yang sakit.

Walatra Sehat Mata

Produk dari walatra ini terbuat dari 100% bahan alami sehingga kemampuannya tidak diragukan lagi untuk mengatasi masalah kesehatan mata anda.

Bahan walatra sehat mata ini diantaranya ekstrak wortel, blueberry, green tea, biji anggur, jeruk, minyak bunga canola, alpukat dan ekstrak bunga matahari.

Bahan-bahan tersebut kemudian di olah dengan menggunakan mesin berteknologi canggih, dimana mesin ini dapat menjaga utuh kandungan vitamin, mineral yang ada pada setiap bahan.

Nah itulah beberapa contoh obat kimia yang ada di apotik untuk menyembuhkan bintitan. Jangan lupa ya untuk share artikel ini ke teman sosial media anda agar artikel ini bisa memberi manfaaat bagi banyak orang.

Sumber :

    https://www.alodokter.com/bintitan.html

    http://bidhuan.id/obat/45123/15-salep-mata-untuk-bengkak-bintitan-infeksi-dan-harganya-di-apotik/

    https://halosehat.com/penyakit/mata-bintitan/cara-menghilangkan-mata-bintitan-dengan-cepat

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *