4 Jenis Obat Mata Katarak di Apotik

Sobat Mujahadah.NET pastinya sudah pada tahu ya, jika gangguan pada penglihatan itu banyak sekali jenisnya. Salah satunya ialah mata katarak.

Kondisi ini mengakibatkan penglihatan seseorang terganggu. Bahkan tak sedikit penderitanya harus menjalani tindakan operasi untuk mengatasinya.

Namun selain operasi, menggunakan sejumlah obat-obatan pun dapat mengatasi kondisi ini. Berikut ini kami berikan rekomendasi 4 Jenis Obat Mata Katarak di Apotik.

4 Jenis Obat Mata Katarak di Apotik

Mata katarak adalah keadaan dimana area mata yang sebelumnya jenih berubah menjadi keruh dan membuat mata menjadi buram.

Kondisi tersebut juga dipengaruhi oleh ukuran dan lokasi terjadinya katarak, yang dapat mengganggu penglihatan normal.

Kebanyakan, kasus katarak berkembang pada orang-orang yang berusia 55 tahun. Akan tetapi bayi dan anak kecil pun tak luput dari ancaman katarak ini.

Biasanya katarak berkembang di kedua mata, tetapi hanya satu bagian mata saja yang dapat memburuk dari bagian mata yang lainnya.

Lensa yang berlokasi didalam mata dan belakang iris, juga merupakan bagian berwarna dari mata. Biasanya, lensa memfokuskan cahaya pada retina, yang mengirimkan gambar melalui saraf optik ke otak.

Namun jika lensa menjadi keruh oleh katarak, maka cahaya yang tersebar sampai ke lensa tidak lagi dapat memfokuskan penglihatan dengan benar.

Lensa sebagian besar terbuat dari protein dan air. Clouding lensa terjadi karena ada perubahan protein dan serat lensa. Katarak umumnya terbentuk sangat lambat. Tanda dan gejala katarak dapat meliputi:

  • Penglihatan buram atau kabur
  • Berkurangnya intensitas warna
  • Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya yang menyilaukan, terutama saat berkendara di malam hari
  • Kesulitan melihat di malam hari yang meningkat

Apa Saja Penyebab Mata Katarak?

Kebanyakan mata katarak terjadi karena perubahan lensa mata yang berkaitan dengan usia. Hal tersebut menyebabkan mata menjadi keruh dan buram. Namun faktor lain juga dapat berkontribusi pada perkembangan katarak, diantaranya:

  • Diabetes melitus

Orang-orang dengan diabetes berada dalam resiko tinggi untuk mengalami katarak.

  • Obat-obatan

Obat-obatan tertentu juga berhubungan dengan perkembangan katarak. Misalnya kortikosteroid dan klorpromazin dan obat lain yang terkait fenotiazin.

  • Radiasi ultraviolet

Studi menunjukan bahwa peningkatan peluang pembentukan katarak berkaitan dengan paparan sinar UV.

  • Merokok

Ada kemungkinan yang berkaitan anatara merokok dan peningkatkan kekeruhan pada lensa.

  • Alkohol

Beberapa penelitian menunjukan peningkatkan pembentukan katarak dengan konsumsi alkohol tinggi dibandingkan mereka yang memiliki konsumsi alkohol rendah atau tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.

  • Kekurangan nutrisi

Meskipun hasilnya tidak meyakinkan, namun penelitian menunjukan hubungan antara pembentukan katrak dan antioksidan tingkat rendah (misalnya vitamin C, vitamin E dan karoten). Studi lebih jauh menunjukan bahwa antioksidan dapat membantu menurunkan pembentukan katarak.

Diketahui memang tidak ada kiat tertentu yang dapat memperlambat pembentukan katarak. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak menginginkan tindakan operasi, bisa mengonsumsi obat-obatan berikut yang sudah tersedia di apotik.

4 Jenis Obat Mata Katarak di Apotik

Sehat Mata Softgel

Sehat Mata Softgel Obat Mata Katarak di Apotik

Sehat Mata Softgel merupakan suplemen yang bertugas menjaga kesehatan dan mengatasi keluhan mata. Didalamnya terdapat ekstrak bahan-bahan alami yang dikemas dalam bentuk softgel.

Beberapa bahan alami yang digunakan diantaranya, biji anggur, blueberry, wortel, teh hijau, bunga canola, alpukat dan masih banyak lagi kandungan lainnya.

Semua kombinasi bahan-bahan tersebut dikemas dengan apik sehingga tidak mengurangi khasiatnya sedikitpun.

Adapun penggunaan Sehat Mata Softgel ini sangatlah luas karena dapat meningkatkan penglihatan, memenuhi nutrisi tubuh, memperbaiki sirkulasi darah menuju mata, menghentikan pembentukan katarak pada mata, membuat mata menjadi jernih kembali dan membantu mengobati katarak yang berkaitan dengan usia.

Sehat Mata softgel aman dikonsumsi semua usia dari anak-anak hingga lansia. Dosis yang diberikan untuk anak-anak adalah 1 softgel 2 kali sehari dan untuk orang dewasa 1 softgel 3 kali sehari.

Jika akan digunakan sebagai pengobatan dan ingin memperoleh hasil yang lebih cepat, konsumsi Sehat Mata ini sebanyak 3 softgel 3 kali sehari.

C Catarlent Eye Drop

C Catarlent Eye Drop Obat Mata Katarak di Apotik

Merupakan salah satu preparat mata yang dapat digunakan untuk katarak lentrikularis dan pendarahan dalam vitreus humour.

Tetes mata ini memiliki komposisi yang terdiri dari k-klorida 5mg, k-ioda 5mg, na-tiosulfat 0.5 mg dan timerosal 0.0002mg/ml.

Selain mengatasi dua keluhan tadi, C Catarlent Eye Drop juga diindikasikan untuk opesifikasi vitreous humour yang digunakan 1-2 tetes pada mata sebanyak 3 kali sehari.

Kary Uni Eye Drop

Kary Uni Eye Drop Obat Mata Katarak di Apotik

Kary Uni juga salah satu obat tetes mata yang setiap mg nya mengandung 0,05mg pirenoxine. Dengan kandungan tersebut, obat yang termasuk ke dalam kategori preparat mata ini dapat mengatasi katarak senilis.

Dimana kondisi tersebut terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Untuk menggunakannya cukup teteskan 1-2 tetes sebanyak 3-5 kali sehari.

Efek samping dari penggunaan produk ini diantaranya iritasi konjungtiva, hipersensitif dan keratis superfisialis difusa.

Catalin Eye Drop

Catlin Eye Drop Obat Mata Katarak di Apotik

Produk ini juga merupakan obat tetes mata selanjutnya yang diindikasikan untuk katarak senilis.

Obat ini terdiri dari 1 tablet dan 15 ml pelarut yang berkomposisikan pirenoxine. Dimana tablet tersebut harus dilarutkan terlebih dahulu dengan larutan tadi.

Gunakan 1-2 tetes sebanyak 3-5 kali sehari pada mata yang membutuhkan pengobatan. Catalin Eye Drop tidak boleh digunakan >20 hari setelah tablet tadi di larutkan.

Nah itulah beberapa obat di apotik yang bisa digunakan untuk mengatasi keluhan mata katarak.

Memilih obat dengan kandungan yang cocok dengan Anda dapat mempercepat proses penyembuhan, sehingga menjadi solusi yang tepat untuk Anda yang tidak menginginkan  tindakan operasi.

4 Jenis Obat Mata Katarak di Apotik

Sumber

    https://www.aoa.org/patients-and-public/eye-and-vision-problems/glossary-of-eye-and-vision-conditions/cataract

    https://www.k24klik.com/cariObat/katarak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *