Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Obesitas

Apa kabar teman ? Setelah kemarin kita membahas perihal makanan untuk penderita bisul, kali ini kita akan membahas info yang tak kalah penting nih.

Masih seputar makanan, kali ini kita bersama akan menguak informasi perihal “Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Obesitas

Simak baik-baik yuk teman ?? Happy reading and don’t forget to smile ya.. 😉

Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Obesitas

Apa itu obesitas ?

Obesitas adalah suatu masalah kesehatan yang terkait dengan kelebihan jumlah lemak di dalam tubuh. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh berbagai jenis faktor termasuk faktor genetik dan lingkungan.

Selain itu, obesitas juga diklasifikasikan sebagai indeks massa tubuh (sesuai ketentuan MBI) 30 atau lebih besar.

Tak hanya mengganggu penampilan luar saja, namun ternyata obesitas dapat meningkatkan resiko penyakit dan berbagai jenis masalah kesehatan yang cukup berbahaya termasuk hipertensi, diabetes dan penyakit jantung.

Ya, memiliki kelebihan berat badan umumnya memang cenderung terkait dengan berbagai jenis masalah kesehatan pada tubuh Anda.

Faktanya..

Meskipun faktor genetik memainkan peranan yang sangat besar pada obesitas. Namun gaya hidup dan hormon juga turut andil dalam masalah kesehatan yang satu ini.

Untungnya, obesitas merupakan suatu kondisi yang memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan makanan.

Pasalnya, bukan merupakan rahasia lagi jika jumlah kalori dalam yang biasa masuk ke dalam tubuh memiliki dampak langsung pada berat badan.

Mengonsumsi jumlah kalori dalam porsi yang tetap akan lebih mudah dibakar oleh tubuh dari waktu ke waktu, sehingga membuat berat badan tetap seimbang.

Sementara, mengonsumsi kalori dalam jumlah yang lebih banyak dari pada jumlah yang dibakar atau yang digunakan oleh tubuh. Maka dapat memicu kenaikan berat badan secara signifikan.

Benar, ada banyak sekali makanan yang akan membantu mengendalikan berat badan serta membantu mencegah berbagai jenis keluhan penyakit yang timbul akibat obesitas.

Beberapa jenis makanan tertentu memang dapat mengatasi atau justru memperburuk kondisi obesitas. Oleh karena itu, modifikasi diet sehat memang perlu dilakukan untuk mengatasi hal ini.

Pantangan Makanan Penderita Obesitas

  1. Kentang Goreng dan Keripik

Pantangan Makanan Penderita Obesitas

Kentang utuh memang mengenyangkan, namun lain halnya dengan kentang goreng. yang sangat tinggi akan kalori.

Bahkan dalam salah satu hasil studi menunjukkan bahwa kentang goreng dan keripik di kait-kaitkan dengan penambahan berat badan.

  1. Minuman Manis

Pantangan Makanan Penderita Obesitas

Berbagai jenis minuman manis yang berperisa gula seperti soda adalah salah satu makanan yang sangat tidak sehat di planet ini.

Selain itu, minuman manis juga memiliki keterkaitan dengan kenaikan berat badan serta dapat memberikan dampak yang sangat buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Roti Putih

Pantangan Makanan Penderita Obesitas

Umumnya, roti putih yang sangat halus dilengkapi dengan kandungan gula yang sangat tinggi. Sehingga seorang penderita obesitas sebaiknya mulai mengendalikan diri dari mengonsumsi makanan yang satu ini.

  1. Jus Buah Kemasan

Jus buah kemasan yang banyak berjejer di supermarket umumnya mengandung gula dan pemanis buatan yang bahkan setara dengan soda.

Jadi mengonsumsi buah utuh adalah hal yang lebih dianjurkan untuk penderita obesitas.

  1. Alkohol

Alkohol adalah minuman yang menyediakan lebih banyak kalori dari pada karbohidrat ataupun protein. Dan ia merupakan minuman yang disebut-sebut memiliki dampak terhadap kenaikan berat badan.

  1. Es Krim

Meskipun sangat lezat dan menggiurkan, es krim adalah makanan dengan kalori dan gula yang sangat tinggi.

  1. Junk Food

Meskipun junk food ataupun fast food adalah makanan yang lebih mudah untuk disajikan, namun mereka dibuat secara komersial dan juga sangat tidak sehat.

Makanan tersebut sangat tinggi akan kalori dan sering mengandung berbagai jenis bahan tidak sehat seperti daging olahan dan tepung olahan.

Anjuran Makanan Penderita Obesitas

Pada dasarnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah akan kalori akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Mengonsumsi makanan kaya akan serat dan rendah akan kalori adalah salah satu cara terbaik untuk membantu mengontrol berat badan agar tetap sehat dan seimbang.

Adapun beberapa jenis anjuran makanan untuk penderita obesitas ialah termasuk :

  1. Jeruk

Berbagai jenis jeruk termasuk jeruk Bali adalah sejenis makanan yang tinggi akan serat dan sangat rendah akan kandungan lemak.

Selain itu, buah yang satu ini juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Nah kombinasi dari berbagai jenis kandungan dalam buah jeruk ini dapat memberikan khasiat untuk membersihkan sistem pencernaan dan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

  1. Buah Beri

Berbagai jenis buah beri juga merupakan salah satu kunci sehat untuk membantu  mengontrol berat badan.

Sementara stroberi dan raspberi dilengkapi dengan kandungan serat yang tinggi dan kalori yang sangat rendah. Oleh karena itu, berbagai jenis buah beri sangat cocok dikonsumsi oleh penderita obesitas.

  1. Paprika

Paprika adalah sejenis sayuran yang sangat sehat untuk membantu menurunkan sekaligus mempertahankan berat badan yang sehat dan seimbang.

Pasalnya, paprika memiliki kemampuan untuk mengontrol rasa lapar serta membantu melawan depresi atau stres yang merupakan salah satu penyebab adanya obesitas.

  1. Jamur

Jamur adalah salah satu makanan yang disebut-sebut pembakar yang nyata. Kandungan seratnya sendiri juga dipercaya memiliki kemampuan untuk membantu memerangi obesitas.

Mereka juga merupakan sumber selenium yang sangat efektif untuk membantu melawan depresi sebagai salah satu penyebab obesitas dan atau kelebihan badan.

  1. Apel

Terdiri dari kandungan polifenol, menjadikan apel sebagai salah satu buah yang memiliki khasiat untuk membantu menurunkan kadar lemak darah serta mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Itulah beberapa informasi perihal Pantangan dan Anjuran Makanan untuk Penderita obesitas. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Obesitas

Sumber

    https://www.hsph.harvard.edu/obesity-prevention-source/obesity-causes/diet-and-weight/

    https://www.thespruceeats.com/top-fruits-and-vegetables-fight-obesity-2078217

    https://www.hsph.harvard.edu/obesity-prevention-source/diet-lifestyle-to-prevent-obesity/

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *