Kepala – Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

Hallo pengunjung Setia Mujahadah.net, sebelumnya kami ucapkan Terimakasih kepada Anda yang telah berkunjung ke situs webiste kami.

Pada kesempatan kali ini, tim Mujahadah akan menjelaskan tentang Kepala – Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

Kepala - Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

DEFINISI DAN FUNGSI 

Kepala manusia membentuk bagian paling atas dari tubuh. Dimana organ tubuh ini mendukung wajah, berisi otak, dan mempunyai struktur muskuloskeletal yang didukung oleh tengkorak.

Otak merupakan organ utama dari sistem saraf pusat pada manusia. Sementara otak manusia mempunyai struktur yang mirip dengan mamalia lain.

Ia mempunyai korteks serebral yang lebih maju untuk fungsi kognitif lanjutan, termasuk pengendalian diri, penalaran, perencanaan, serta fungsi abstrak.

Fitur pendukung utama kepala ialah tengkorak, yang merupakan struktur tulang yang menopang lapisan luar yang berdaging dari wajah dan memberikan perlindungan untuk otak.

Selain itu, bagian ini juga memungkinkan penglihatan stereoskopis dan lokalisasi suara dengan memperbaiki jarak antara mata dan posisi telinga.

Didukung oleh viskerocranium atau kerangka wajah. Wajah sendiri adalah organ sensorik pusat untuk manusia dan banyak spesies lainnya.

Wajah sendiri terletak di permukaan depan kepala dan merupakan fitur identitas vital bagi manusia. Wajah ini terdiri dari dahi, mata, hidung, pipi, dagu, dan mulut.

Selain itu wajah juga juga terdiri dari perumahan empat organ sensorik utama yaitu: lidah, hidung, telinga, dan mata yang merupakan kunci untuk komunikasi dan ekspresi emosi di antara manusia.

Wajah juga merupakan bagian yang sangat sensitif dari tubuh manusia, memproses informasi sensorik seperti suhu, sentuhan, informasi visual, rasa, dan pendengaran.

PENYAKIT

Berikut adalah jenis penyakit yang biasa menyerang pada kepala.

  1. Sakit kepala tegang (tension headache)

Merupakan salah satu kondisi sakit kepala yang sering dialami oleh banyak orang. Sehingga sebagian besar orang menyebut penyakit ini sebagai sakit kepala sehari-hari.

Sebab hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala ini beberapa kali dalam hidup mereka. Mungkin Anda akan mengalami sakit kepala di bagian sebelah kanan secara konstan.

Dimana rasa sakit tersebut adalah jenis sakit kepala yang paling umum terjadi. Walaupun sampai saat ini penyebab dari sakit tersebut belum diketahui secara pasti.

Tidak hanya itu, mungkin Anda juga akan merasakan kaku di bagian belakang leher serta bagian otot bahu lalu menyebar hingga ke depan.

Serta merasa seperti adanya tekanan di bagian belakang mata bersamaan dengan adanya tekanan pada bagian rahang.

  1. Migrain

Merupakan serangan dari sakit kepala yang hanya terjadi pada sebelah saja namun secara berulang yang juga diikuti dengan rasa nyeri yang parah.

Kondisi ini sering membuat penderitanya meras tidak berdaya. Sebagian besar orang menyebut kondisi ini sebagai sakit kepala sebelah.

Rasa sakit yang timbul berdenyut intens atau berupa seperti rasa sakit yang ekstrem sama hal nya seperti dipukul dengan benda keras.

Meski demikian, penyakit ini tergolong sebagai suatu gangguan neurologis genetik (keturunan).

Dimana kondisi ini disebabkan akibat ketahanan terhadap rangsangan yang lebih ringan, yang berbeda dengan sakit kepala biasa maupun cluster.

  1. Sakit kepala cluster

Penyakit ini sama hal nya sseperti migrain, dimana kondisi ini juga mengakibatkan terjadinya sakit kepala sebelah yang berada di salah satu sisi kepala.

Namun bedanya, rasa nyeri yang intens pada kondisi ini terjadi secara tiba-tiba serta cenderung muncul di bagian belakang mata atau di area sekitar mata.

Selain menyebabkan nyeri yang intens, kondisi ini juga bisa menimbulan gejala lain seperti: pupil mengecil, hidung berair, mata memerah dan berair.

Kondisi bisa disebut umum terjadi, namun terbilang paling parah di antara jenis sakit kepala lainnya.

  1. Sakit kepala sinus

Jenis sakit kepala ini memiliki gejala khas yaitu menimbulkan nyeri yang intens serta konstan tepat di bagian tulang pipi, dahi, atau bagian hidung.

Namun terkadang, gejala yang dirasakan dari sakit kepala ini hampir sama dengan gejala dari migrain. Penyakit ini biasa disebabkan karena adanya infeksi dari virus, seperti: virus flu.

Dimana virus tersebut akan menyebar hingga ke organ rongga sinus yang berasal dari pernapasan atas.

Sehingga akhirnya mengakibatkan ruang kecil yang ada di bagian tengkorak (dinding anus) mengalami peradangan.

  1. Sakit kepala hormon

Penyakit ini rentan terjadi pada wanita, terutama ketika mendekati atau selama berada di siklus menstruasi ataupun menopause.

Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh pemicu lain yang mungkin terjadi sesudah masa kehamilan atau ketika mengkonsumsi pil KB. 

Walaupun sakit kepala yang terjadi pada bagian belakang atau sebelah tidak berbahaya hingga mengancam jiwa,

tapi kondisi ini dapat menjadi tanda jika adanya kondisi kesehatan lainnya yang lebih serius, seperti penyakit stroke.

Kepala - Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

Sumber

    https://www.docdoc.com.sg/info/body/head/

    https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/nyeri-kronis/mengenal-berbagai-jenis-sakit-kepala/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *