Mulut – Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

Salam Sehat kami ucapkan bagi Pengunjung Setia Mujahadah.NET, dan Selamat Datang bagi yang baru gabung di situs kami yang merupakan situs dengan berbagai informasi kesehatan.

Pada kempatan kali ini kami akan membahas artikel seputar Mulut – Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait.

Simak informasi selengkapnya berikut ini, dan jangan lupa untuk di share juga. 😉

Mulut - Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

DEFINISI DAN FUNGSI

Mulut adalah suatu organ pertama yang terlibat di dalam proses pencernaan dan organ yang berhubungan langsung dengan lingkungan yang ada di luar tubuh. Mulut memiliki fungsi sebagai tempat untuk masuknya makanan dan udara.

Makanan yang masuk ke dalam mulut terlebih dahulu akan melewati saluran pencernaan lain, kemudian dicerna dan diserap di dalam usus. Setelah itu sisa makanan di dalam tubuh akan di keluarkan melalui anus.

Ada beberapa komponen penting di dalam mulut seperti berikut :

  1. Bibir
  2. Pipi
  3. Gigi
  4. Lidah
  5. Kelenjar Saliva (Kelenjar Ludah)
  6. Gusi
  7. Langit – langit mulut (Palatum)
  8. Uvula

PENYAKIT

Berikut merupakan12 jenis jenis penyakit yang biasa menyerang pada mulut yang wajib diwaspadai agar penyakit ini tidak berakhir dengan kondisi yang lebih serius atau bahkan bisa menyebabkan kematian.

  1. Stomatitis atau radang mulut

Penyakit radang mulut terjadi akibat adanya jamur yang terdapat di dalam mulut. Gejala penyakit ini berupa lidah yang berwarna pucat dan terdapat bercak berwarna kuning keputihan yang sangat mudah untuk dikeruk.

  1. Glositis

Jenis penyakit ini bisa dikatakan sebagai penyakit radang yang terdapat pada lidah. Dimana penyakit ini merupakan sebuah kondisi di dalam mulut yang bisa ditunjukkan dengan adanya pembengkakan pada bagian lidah.

  1. Halitosis

Halitosis merupakan suatu istilah yang menggambarkan kondisi organ mulut pada saat nafas dihembuskan dan menimbulkan bau tidak sedap.

Penyakit ini menyebabkan timbulnya nafas tidak sedap yang berasal dari bagian rongga mulut.

  1. Tonsilitis

Penyakit tonsilitis merupakan peradangan yang terdapat pada bagian dari cincin waldeyer. Dimana cincin ini adalah susunan dari kelenjar limfa yang terdapat di dalam rongga mulut.

  1. Gingivitis

Gingivitis dikenal juga sebagai radang gusi atau gusi bengkak yang merupakan sebuah kondisi yang biasa terjadi akibat kurang menjaga kebersihan mulut dan pada akhirnya menyebabkan timbulnya karang gigi atau plak yang menumpuk pada mulut.

  1. Abses gigi

Penyakit abses gigi merupakan segumpal nanah yang menyebabkan timbulnya sakit gigi dan gangguan mulut lainnya. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit gigi dan mulut di mana bisa menyebabkan gusi bernanah.

  1. Tumor gigi

Kanker atau tumor gigi memang hampir sama dengan penyakit tumor lainnya. Tumor gigi adalah adanya daging atau sel yang tumbuh berkembang misalnya ada parasit yang merusak jaringan hidup di area sekitarnya.

  1. Karang gigi

Karang gigi atau lebih dikenal dengan Calculus merupakan sisa-sisa makanan yang terbentuk serta melekat erat pada bagian permukaan gigi yang terdapat di dalam mulut.

  1. Karies gigi

Karies gigi dikenal sebagai dental caries yang merupakan jenis penyakit mulut akibat terjadinya infeksi yang dapat memicu kerusakan struktur gigi. Penyakit ini bisa berdampak terjadinya gigi berlubang.

  1. Maloklusi

Maloklusi merupakan suatu keadaan dimana bentuk antara rahang atas dengan rahang bawah yang menyimpang dari bentuk standar yang diterima sebagai bentuk normal.

Dimana penyakit ini bisa disebabkan akibat tidak ada keseimbangan dentofasial.

  1. Hipersensitivitas

Penyakit hipersensitivitas adalah suatu kondisi reaksi tubuh yang berlebihan yang timbul akibat terlalu respon imun yang terlalu sensitif yang dihasilkan oleh sistem imun tubuh.

  1. Penyakit coxsackie

Kondisi jenis penyakit mulut ini tampak masih kurang begitu dikenal oleh masyarakat, namun penyakit ini sangat penting untuk diketahui bahwa penyakit ini cenderung bisa menyerang pada anak-anak.

Gejala dari penyakit coxsackie ini tampak seperti titik-titik merah bukan hanya berada di area sekitar bagian mulut saja. Namun juga ada pula di area sekitar kaki dan tangan.

Menurut medis Penyakit coxsackie ini tidak tergolong ke dalam sindrom mulut. Sebab penyakit ini juga bisa menyerang pada tangan dan kaki.

Mulut - Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

Sumber

    http://www.ilmudasar.com/2017/04/Pengertian-Struktur-Fungsi-Mulut-adalah.html

    https://doktermulut.com/jenis-jenis-penyakit-mulut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *