Otak – Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

Hallo pengunjung setia situs Mujahadah.NET, kami ucapakan terimakasih kepada Anda yang senantiasa selalu berkunjung ke situs kami.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas Otak – Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait. Ayo simak artikel nya sampai selesai yaa, dan jangan lupa share juga ke Teman, Keluarga, atau Kerabat Anda.. 😉

Otak - Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

DEFINISI DAN FUNGSI

Otak merupakan organ 3 salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang mengendalikan semua fungsi tubuh, menafsirkan semua informasi yang berasal dari dunia luar, dan merealisasikan inti dari pikiran dan jiwa.

Kecerdasan, kreativitas, emosi, serta memori merupakan sebagian beras hal yang diatur oleh otak. Otak ini terlindungi di dalam tengkorak, yang tersusun dari serebrum, serebelum, dan batang otak.

Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Cerebrum – bagian terbesar yang terdiri dari otak dan belahan otak kanan dan kiri, yang melakukan fungsi lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya yaitu: menafsirkan sentuhan, visi, pendengaran, penalaran, emosi, belajar, dan kontrol gerakan yang baik.
  2. Cerebellum – organ otak yang terletak di bawah serebrum. Dimana organ ini memiliki fungsi untuk mengkoordinasikan gerakan otot, dan menjaga postur.
  3. Batang otak – organ otak yang bertindak sebagai pusat relai yang menghubungkan antara serebrum dan serebelum menuju ke sumsum tulang belakang.

Organ ini melakukan banyak fungsi otomatis misalnya: pernapasan, detak jantung, suhu tubuh, bangun, siklus tidur, pencernaan, bersin, batuk, muntah, dan menelan.

Otak menerima informasi melewati panca indra yaitu: penglihatan, penciuman, sentuhan, pengecapan, serta pendengaran.

Otak mengontrol pikiran, ingatan, ucapan, gerakan lengan, kaki, serta fungsi banyak organ yang ada di dalam tubuh.

Sistem saraf pusat (SSP) terdiri dari organ otak dan sumsum tulang belakang.

Sedangkan sistem saraf perifer (PNS) terdiri dari organ saraf tulang belakang yang bercabang mulai dari sumsum tulang belakang hingga saraf kranial yang bercabang dari otak.

PENYAKIT

Terdapat banyak penyakit yang bisa menyerang otak, diantaranya sebagai berikut :

  • Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang biasa ditandai dengan penurunan daya ingat, kehilangan intelektual secara drastis.

Serta kesulitan untuk berbicara dan ketidakmampuan untuk menganalisa sesuatu yang sedang dialami oleh dirinya sendiri.

Baca juga : Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Alzheimer

  • Kanker otak

Adanya aktifitas sel yang terdapat di dalam otak yang mengalami pertumbuhan abnormal karena adanya serangan radikal bebas dimana sel itu akan menjadi sel kanker yang memicu timbulnya penyakit kanker otak.

  • Tumor otak

Tumor yang muncul pada otak berpotensi bisa mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah.

  • Dimensia

Penurunan fungsi (dimensia) otak yang biasa diawali dengan gejala unik yaitu mengakibatkan seseorang sering berkhayal, melamun, tersesat atau menderita kepanikan secara tiba tiba.

Kondisi ini biasa terjadi akibat adanya kerusakan pada saraf otak yang terjadi di beberapa bagian otak seperti: otak besar, otak tengah dan otak kecil.

  • Parkinson

Penyakit parkinson ini biasa diawali dengan tubuh yang mulai limbung dan ketidakmampuan berdiri atau berjalan secara normal, tubuh bergemetar serta tangan yang terus bergerak.

Baca juga : Makanan Sehat dan Pantangan Makanan bagi Penderita Parkinson

  • Stess berat

Stres merupakan penyakit perubahan suasana hati yang bisa mempengaruhi saraf yang terdapat pada kepala menjadi tegang, kaku dan mengerut.

Dimana kondisi ini dapat mengakibatkan seseorang menjadi terserang penyakit kepala yang luar biasa yang timbul secara tiba tiba.

  • Otak lumpuh sementara

Otak lumpuh sementara merupakan jenis penyakit umum yang menyerang otak dan paling sering dialami manusia yang mengakibatkan seseorang kehilangan kemampuannya dalam mengontrol gerakan tubuhnya.

  • Meningitis

Penyakit Meningitis adalah selaput halus yang befungsi untuk melapisi otak dan saraf tulang belakang agar otak tetap sehat.

Apabila selaput tersebut terserang oleh bakteri dan virus maka akan menyebabkan terjadinya peradangan yang mengakibatkan munculnya gejala penyakit meningitis.

Baca Juga : Makanan Baik dan Buruk untuk Penderita Meningitis

  • Skizofenia

Skizofenia merupakan penyakit yang timbul akibat ketidakseimbangan sel sel kimia yang terdapat dalam otak.

Dimana seseorang yang menderita penyakit ini kesulitan untuk membedakan mana sesuatu yang nyata dan tidak nyata serta ia selalu berhalusinasi.

  • Eilepsi

Epilepsi merupakan suatu penyakit otak yang berhubungan dengan ketidakseimbangan sinyal elektrik otak serta lambatnya respon.

Sehingga kondisi ini bisa memicu terjadinya kejang serta penurunan kesadaran diri akibat saraf saraf otak ikut terganggu.

  • Vertigo

Vertigo merupakan suatu penyakit kepala yang dirasakan oleh orang seperti ia sedang berputar putar. Dimana kondisi ini mengakibatkan keseimbangan tubuh menjadi terganggu.

  • Ataxia

Ataxia merupakan kerusakan otak kecil karena terjadi benturan hebat yang mengakibatkan seseorang tidak mampu untuk mengenali dirinya sendiri ataupun orang lain.

  • Stroke

Penyakit Stroke yang tidak kunjung sembuh bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah menuju otak yang mengakibatkan terjadinya iritasi, dan peradangan.

Selain itu, juga bisa menyebabkan pembengkakan kronis bahkan sampai mengakibatkan kehilangan kemampuan motorik serta penurunan kecerdasan.

Baca juga : Makanan Baik dan Buruk untuk Penderita Stroke

  • Migrain

Migrain atau Sakit kepala sebelah yang datang terus menerus setiap hari perlu segera ditangani agar tidak menimbulkan mual, muntah, penglihatan berkurang serta stres berat.

  • Hidrosefalus

Hidrosefalus merupakan pengendapan cairan yang ada pada tengkorak kepala yang mengalami reaksi peradangan serta pendarahan.

  • Hipertensi berat

Penyakit darah tinggi yang tidak segera mendapat penanganan medis bisa mengakibatkan aliran darah tersumbat serta mengalami ketegangan otot di area seputar kepala.

Otak - Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

Sumber

    https://mayfieldclinic.com/pe-anatbrain.htm

    https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-otak/jenis-penyakit-yang-menyerang-otak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *