Pankreas – Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

Pankreas - Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

Salam Sehat untuk semua pengunjung setia Mujahadah.Net, kali ini kami akan membahas artikel mengenai Pankreas – Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait .

Nah langsung saja Simak artikel nya berikut ini, dan jangan lupa untuk di Share juga yaa..

DEFINISI 

Pankreas merupakan organ perut yang terdapat di bagian belakang perut dan dikelilingi oleh organ tubuh lain, seperti: limpa, hati dan usus kecil.

Organ perut ini memiliki panjang mencapai sekitar 6 inci (15,24 cm), persegi panjang dan datar. Pankreas memiliki peran penting di dalam sistem pencernaan dan di dalam proses mengatur gula darah di dalam tubuh.

FUNGSI

Menurut seorang perawat yang terdaftar di University of Florida Health Shands Hospital yang bernama Jordan Knowlton, beliau mengungkapkan jika Pankreas memiliki fungsi untuk melayani 2 fungsi utama.

Dimana fungsi pankreas tersebut untuk membuat enzim yang berperan untuk mencerna protein, lemak, serta karbohidrat yang terdapat di dalam usus, dan fungsi kedua untuk menghasilkan hormon insulin serta glukagon.

Dr. Richard Bowen yang berasal dari Departemen Ilmu Biomedis Colorado State beliaun menulis di dalam Hypertexts for Pathophysiology Endocrine System, bahwa:

Efek insulin yang terkenal merupakan peran untuk mengurangi konsentrasi glukosa yang terdapat dalam darah.

Dimana hal ini bisa menurunkan kadar gula darah seta memungkinkan sel-sel tubuh untuk menggunakan glukosa sebagai energi.

Menurut Bowen, beliau mengungkapkan jika insulin juga memungkinkan glukosa untuk bisa memasuki otot serat jaringan lain di dalam tubuh.

Selain itu insulin juga bekerja sama dengan hati untuk membantu menyimpan glukosa serta mensitensis asam lemak juga untuk membantu merangsang penyerapan asam amino.

Insulin biasa dilepaskan sesudah mendapat asupan protein dan terutama setelah seseorang mendapat asupan karbohidrat yang bisa membantu meningkatkan kadar glukosa yang terdapat di dalam darah.

Apabila pankreas tidak bisa menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup, maka bisa menyebabkan berkembangnya diabetes tipe 1. Insulin ini tidak sama seperti glukagon yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

Menurut Johns Hopkins University Sol Goldman Pankreas Cancer Research Center, beliau mengungkapkan jika kombinasi antara insulin dan glukagon bisa mempertahankan tingkat gula yang berada di dalam darah.

Selain itu menurut Pusat Penyakit Pencernaan Pusat Universitas Kedokteran South Carolina beliau juga mengungkapkan jika:

Fungsi kedua dari eskorin pankreas yaitu untuk memproduksi serta melepaskan cairan yang terdapat di saluran pencernaan.

Sesudah makanan masuk ke dalam perut, makanan tersebut melewati enzim pencernaan yang disebut juga dengan perjalanan sari pankreas yang melalui beberapa saluran kecil hingga ke saluran pankreas utama.

Setelah itu baru lah makanan tersebut sampai ke saluran empedu. Dimana di dalam saluran empedu ini mereka mengambil jus menuju ke kantong empedu, yang kemudian bercampur dengan empedu untuk membantu proses pencernaan.

PENYAKIT

Setelah mengetahui betapa pentingnya fungsi dari pankreas ini maka Anda perlu menjaga organ perut ini dengan baik agar tidak terjadi beberapa penyakit seperti dibawah ini.

  1. Fibrosis Kistik

Fibrosis kistik adalah suatu penyakit yang terjadi pada organ pankreas yang biasa muncul akibat masalah genetis. Kondisi ini menyebabkan terjadinya kelainan serius pada organ pankreas dan paru paru.

Sehingga pada akhirnya, kelainan tersebut dapat mengakibatkan timbulnya masalah kesehatan yang terdapat pada sistem pencernaan dan memicu timbulnya penyakit diabetes.

Jika kondisi ini tidak mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat, maka penyakit fibrosis kistik dapat menimbulkan kematian.

  1. Insulinoma

Insulinoma sering juga disebut sebagai dengan tumor pankreas. Penyakit insulinoma ini terjadi akibat adanya tumor yang terdapat di dalam pankreas.

Sebuah hasil penelitan menyatakan jika terdapat 10% penyakit ini termasuk ke dalam kategori penyakit ganas atau mematikan.

Akan tetapi, sampai saat ini belum diketahui apa faktor penyebab utama yang menyebabkan timbulnya penyakit insulinoma.

  1. Pankreatitis

Pankreas sering disebut juga dengan inflamasi pankreas. Penderita penyakit pankreatitis akan mengalami rasa nyeri yang terjadi di bagian pankreas.

Dimana kondisi ini disebabkan akibat aktifnya fungsi dari enzim pankreas secara prematur yang menyebabkan fungsi pankreas menjadi autodigestif.

  1. Diabetes Tipe 1 dan 2

Penyakit selanjutnya yang biasa terjadi pada pankreas yaitu penyakit diabetes, baik penyakit diabetes tipe 1 ataupun tipe 2.

Pada kondisi penyakit diabetes tipe 2, gula darah pada penderita akan mengalami kenaikan secara mendadak sebagai akibat dari insulin yang tidak kuat untuk bekerja dengan baik.

Sehingga pada akhirnya pankreas tidak kuat untuk mengeluarkan insulin sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh.

Sedangkan pada penyakit diabetes tipe 1, penderita akan selalu memerlukan suntik insulin, sebab akibat dari pankreas yang dirusak oleh sistem imunitas tubuh.

Baca juga : Makanan Sehat dan Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

  1. Kanker Pankreas

Penyakit ini menjadi salah satu penyakit silent killer. Kondisi ini terjadi karena gejala awalnya yang tidak nampak dan terdiagnosis dengan baik.

Sama seperti halnya dengan tumor pada umumnya, kanker pankreas ini disebabkan akibat munculnya berbagai macam sel asing yang memiliki risiko tinggi untuk berubah menjadi tumor.

Bukan hal yang tidak mungkin, sebab sel yang ada pada saluran pankreas memang paling sering menjadi tempat untuk perkembangbiakan sel tumor.

  1. Pankreas Pseudokista

Penyakit pankreas pseudokista terjadi setelah penderita terserang penyakit pankreatitis. Penyakit ini biasa ditandai dengan terisinya rongga akibat cairan pseudokista.

Operasi bedah drainase dapat menjadi salah satu langkah penanganan yang tepat, walaupun pada beberapa penderita penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya.

Pankreas - Definisi, Fungsi, dan Penyakit Terkait

Sumber

    https://www.livescience.com/44662-pancreas.html

    https://www.halodoc.com/6-penyakit-yang-sering-terjadi-pada-pankreas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *