Cara Mencegah Gangguan Pendengaran

Cara Mencegah Gangguan Pendengaran

Dengan mendengar tentu kita akan dapat lebih memahami.. Ya, karena pendengaran adalah suatu kemampuan alamiah seseorang untuk mengenali dan memahami suara, kata dan juga bahasa.

Lantas bagaimana jika terjadi gangguan pada fungsi pendengaran ?? Tentu akan banyak sekali masalah yang akan di timbulkan bukan ?

Untuk itu, disini tim mujahadah.net akan memberikan sajian informasi tentang bagaimana sih Cara Mencegah Gangguan Pendengaran.

Langsung check result ke beritanya aja yuk sahabat ??

Memiliki gangguan pada pendengaran merupakan hal yang sangat tidak menyenangkan. Bagaimana tidak? Lantaran, jika pendengaran terganggu bisa menyebabkan seseorang kesulitan saat berkomunikasi.

Beberapa penelitian, mengungkapkan bahwa gangguan pendengaran bisa dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan buruk seperti sering mendengarkan musik bersuara keras contohnya.

Gangguan pendengaran ini juga kerap dianggap sepele. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa gangguan pada pendengaran tersebut adalah faktor usia yang makin tua.

Suara kebisingan yang melebihi dari 85 dB, merupakan faktor seseorang mengalami gangguan pada pendengarannya.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa pengering rambut merupakan salah satu contoh yang sering kita jumpai sebagai faktor munculnya masalah gangguan pendengaran.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena alat pengering rambut tidak akan menyebabkan kerusakan yang fatal jika Anda membatasi penggunaannya.

Selain pengering rambut, memiliki masalah di tempat kerja juga bisa memicu Anda mengalami gangguan pendengaran meski hal ini jarang terjadi.

Misalnya, Anda membuat masalah yang mengharuskan Anda dimarahi oleh atasan dengan suara yang begitu keras dan lantang. Hal ini mungkin akan memengaruhi pendengaran Anda.

Terlebih lagi, bila Anda bekerja di lingkungan yang bising seperti di pabrik pemotong kayu atau pabrik-pabrik lainnya. Resiko mengalami gangguan pada pendengaran akan semakin tinggi.

Cara Mencegah Gangguan Pendengaran

Bila Anda sendiri mengalami kondisi yang serupa, tentu harus mengobatinya secepat mungkin. Hal yang memungkinkan untuk membantu Anda keluar dari masalah ini adalah dengan mengkonsumsi sejumlah vitamin dan mineral yang cukup.

Studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi dua nutrisi penting seperti asam lemak (omega 3) dan asam folat, akan membantu Anda untuk mengurangi risiko mengalami gangguan pendengaran akibat faktor usia.

Selain itu, mengkonsumsi vitamin A, C dan E merupakan hal yang wajib dikonsumsi bagi penderita, karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, maka indera pendengaran Anda otomatis akan kebal terhadap suara yang bising.

Seperti yang diungkap dalam sebuah Jounal of Nutrition, mengatakan bahwa setiap orang perlu asupan vitamin B folat untuk mencegah dan menurunkan risiko gangguan pendengaran yang akan datang pada usia 50 tahun.

Vitamin tersebut, dapat kita temukan pada makanan seperti sayuran berdaun hijau, bayam dan kacang polong.

Asupan magnesium, juga bermanfaat dan diperlukan bagi penderita yang mengalami gangguan pendengaran. Mengapa bisa?

Karena pada beberapa kasus, gangguan pendengaran diakibatkan oleh tidak lancarnya aliran darah ke bagian telinga.

Namun, dengan adanya bantuan magnesium akan membantu penderita untuk bisa melancarkan aliran darah sampai ke bagian telinga terutama koklea.

Hingga koklea pun bisa berfungsi kembali seperti semula, dalam mengubah energi suara menjadi sinyal listrik yang berjalan menuju otak.

Asam lemak berupa omega 3, juga membantu penderita untuk menjaga pembuluh darah dan mengatur aliran darah agar bisa sampai ke bagian koklea. Alhasil, risiko mengalami gangguan pendengaran pun bisa berkurang.

Selain mengatasi gangguan pendengaran, asam lemak omega 3 juga mampu menurunkan risiko penyakit kardioviskular seperti tekanan darah tinggi. Dan kandungan tersebut, biasanya mudah ditemukan pada ikan yang masih segar.

Untuk mencegah gangguan pendengaran, tidaklah cukup dengan mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman bernutrisi.

Anda juga perlu menghindari berbagai kebiasaan buruk, seperti mendengarkan musik yang keras agar risiko gangguan pendengaran bisa berkurang.

Itulah beberapa informasi Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya sahabat 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *