13 Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

13 Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

Selamat datang kembali di situs Mujahadah.NET . Situs yang menyajikan informasi seputar kesehatan yang tentunya sangat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan kita.

Kali ini, kami akan membahas seputar kondisi yang sering kita alami, ya sakit kepala ! Apakah kalian sering mengalami sakit kepala? Jika ya, yuk simak Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat . Apa saja ya? Langsung aja let’s go…

Sakit kepala atau pusing, mungkin hampir semua orang akan pernah mengalaminya. Banyak diantara mereka, yang silih berganti merasakan kondisi yang serupa karena diakibatkan oleh beberapa faktor seperti telat makan, stress atau kurang tidur.

Meski sakit kepala dianggap remeh, namun apabila di biarkan begitu saja tentu akan menjadi suatu kondisi yang cukup fatal.

Dan orang-orang, biasanya akan mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk menghilangkan rasa nyeri yang terus mencekam di kepalanya. Bila dibuktikan, memang mengkonsumsi obat kimia rasa nyeri di kepala menjadi hilang seketika.

Namun bukan berarti sakit kepala manjadi sembuh, melainkan akan memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda terutama bagian ginjal.

Contohnya, aspirin merupakan salah satu obat kimia yang kini sedang buming di pasaran dan kebanyakan di konsumsi oleh masyarakat untuk mengobati sakit kepala.

Jika Anda sangat menyayangi kesehatan tubuh Anda sendiri, pastinya akan lebih memilih menjauhi atau membatasi pengonsumsian obat kimia.

Lantas, bagaimana dengan kami yang selalu bergantung pada obat kimia? Apakah ada cara lain untuk menyembuhkan sakit kepala tersebut?

Tentu jelas ada kawan. Berikut, kami paparkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala secara alami tanpa mengkonsumsi obat kimia. Diantaranya seperti :

1. Mengkonsumsi air putih

Para peneliti menyebutkan bahwa seseorang yang mengalami dehidrasi kronis, pastinya akan mengalami sakit kepala yang tegang atau migrain.

Bahkan mereka membuktikan bahwa mengkonsumsi air putih, ternyata mampu meringankan gejala sakit kepala akibat dehidrasi selama 30 menit sampai 3 jam.

2. Makanan tinggi magnesium

Para peneliti menunjukan bahwa, seseorang yang mengalami sakit kepala atau migrain kebanyakan disebabkan oleh kurangnya asupan makanan magnesium.

Dan terbukti, seseorang yang mengkonsumsi kandungan magnesium dengan takaran 600 mg perhari dapat meredakan frekuensi sakit di kepala secara alami.

3. Membatasi minuman Alkohol

Minuman alkohol ternyata bisa menjadi pemicu utama seseorang mengalami sakit kepala, karena memiliki sifat kandungan yang bisa meningkatkan rasa sakit di kepala akibat darah mengalir lebih bebas.

Selain itu, seseorang yang sering mengkonsumsi minuman alkohol juga akan mengalami dehidrasi yang buruk. Maka dari itu, batasi minuman berakohol sebelum sakit kepala menjadi parah.

4. Dapatkan tidur yang cukup

Beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa, sakit kepala bisa di tingkatkan ketika seseorang kurang istirahat atau kurang tidur selama 6 jam perhari bahkan tidur terlalu lama juga akan mempengaruhi sakit kepala menjadi parah.

Maka dari itulah, lakukan istirahat secukup mungkin untuk mencegah sakit kepala datang kembali.

5. Menghindari makanan tinggi Histamin

Sebuah studi menyebutkan bahwa, kandungan histamin bisa menjadi penyebab utama sakit kepala sensitif datang kembali.

Dan kandungan tersebut, biasanya di temukan pada makanan seperti ikan asap, bir, daging, anggur dan makanan fermentasi.

6. Minyak esensial

Minyak esensial merupakan minyak alami, yang kini sudah populer untuk membantu mengurangi rasa nyeri di kepala.

Hal tersebut, dikarenakan minyak esensial memiliki senyawa aromatik hingga bisa menenangkan gejala sakit kepala yang tegang.

7. Vitamin B-kompleks

Vitamin B merupakan kandungan mikronutrien, yang bisa larut dalam air dan berguna untuk mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks akan mengurangi gejala berupa sakit kepala secara efektif.

8. Mengkompres air dingin

Dalam sebuah penelitian, air dingin dapat mengurangi peradangan, menyempit pembuluh darah, memperlambat konduksi saraf dan mengurangi sakit di kepala.

Cukup mencelupkan kain atau lap bersih pada air hangat dan tempelkan pada bagian kepala dan leher agar sakit kepala bisa diredakan.

9. Jahe

Jahe merupakan obat rumahan tradisional, yang sering kita sebut-sebut sebagai obat mujarab semua penyakit seperti sakit kepala.

Jahe memiliki kandungan inflamasi, yang mampu mengurangi rasa sakit di kepala akibat peradangan pembuluh darah di kepala. Untuk cara mengolah bahan ini, Anda bisa di jadikan jus atau teh yang dikonsumsi sebagai sebanyak 1-2 kali sehari.

10. Teh atau Kopi berkafein

Bukan hanya dikonsumsi, namun menghirup teh atau kopi ternyata ampuh memberikan efek yang luar biasa untuk mengurangi rasa sakit di kepala.

Jika dikonsumsi, minuman berkafein ini akan menyempitkan pembuluh darah agar tidak mengalir dengan bebas sehingga gejala sakit kepala bisa mereda.

11. Cengkeh

Selain menyedapkan masakan, cengkeh ternyata efektif meredakan rasa sakit di kepala. Hal itu disebabkan karena cengkeh memilki sifat aroma lembut yang mampu menenangkan rasa sakit.

Cukup menghirup cengkeh yang telah dihancurkan atau memanfaatkan minyak cengkeh sebagai obat pijat sakit kepala.

12. Basil

Tak hanya menyegarkan di tenggorokan, namun basil yang memiliki aroma kuat bisa di manfaatkan juga sebagai pengobatan alamiah sakit kepala.

Rebus 3-4 daun basil yang masih segar pada air mendidih. Tambahkan sedikit madu dan konsumsilah setiap hari sampai gejala sakit kepala mulai mereda.

13. Cuka sari apel

Tak kalah hebat dengan cara satu ini yaitu cuka sari apel. Didalamnya memiliki sifat yang mampu melawan rasa sakit di kepala.

Campurkan cuka sari apel kedalam air dengan takaran yang sama. Rebus ke dalam panci dan tutuplah dengan rapat. Bila sudah mendidih, Anda bisa menghirup uapnya.

Jika Anda sendiri sudah bangun dari sakit kepala, Anda bisa langsung mengkonsumsi sepotong buah apel yang telah di taburi garam atau menambahan 2 sdt cuka sari apel yang telah di campur dengan madu dan jus lemon.

Konsumsi 2-3 kali sehari, sampai rasa sakit di kepala mereda.

Meksi langkah-langkah tersebut terbilang sederhana dan tradisional, namun kandungannya terbilang efektif juga untuk membantu mencegah dan mengobati sakit kepala secara alami tanpa efek berbahaya.

Dan, apabila rasa sakit kepala atau migrain terus-terusan mengancam diri Anda hingga lingkungan terasa berputar.

Anda bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi QNC JELLY GAMAT, yang mana produk ini sudah terkenal dan tersebar di internet. Semoga bermanfaat dan salam sehat !

Jika Ada yang mau ditanyakan seputar masalah penyakit atau obat herbal yang kami sarankan, boleh Anda tulis pertanyaannya di kolom komentar di bawah.

Sumber

    https://www.healthline.com/nutrition/headache-remedies#section19

    https://food.ndtv.com/health/10-natural-home-remedies-for-headaches-that-actually-work-1215616

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *