Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Selamat datang di halaman resmi Mujahadah.NET, dimana situs kesehatan resmi ini menyediakan informasi mengenai dunia kesehatan LENGKAP dan AKURAT yang sayang untuk Anda lewatkan.

Karena pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Mengobati Radang Tenggorokan. Selamat membaca, dan jangan lupa di share:)

Sakit tenggorokan adalah salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami banyak orang. Biasanya orang yang mengalami sakit tengorokan akan mengalami rasa sakit di daerah tenggorokan, tepatnya didaerah faring, laring, dan kelenjar amandel.

Sakit tenggorokan bisa menjadi pertanda awal dari serangan fludan pilek. Radang tenggorokanmerupakan efek samping dari sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih seriusataupita suara yang menegang.

Jika Anda terserang radang tenggorokan kemungkinan akan membuat Anda mejadi tidak nyaman.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Namun, pada umumnya sakit tenggorokanpaling banyak disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus bisa Anda dapatkan dari pilek, flu, campak, sesak napas, dan cacar.

Sedangkan, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri lebih jarang terjadi. Sakit tenggorokan akibat bakteri biasanya disebabkan oleh infeksi Streptococcus pyogenes.

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena cederaatau traumapada area tengorokan dan leher.

Gejala Sakit Tenggorokan

Gejala-gejala yang mungkin akan Anda rasakan ketika sakit tenggorokan, yaitu :

  • Rasa gatal atau sakit di tenggorokan
  • Suara serak
  • Sakit saat berbicara atau menelan makanan
  • Demam
  • Batuk
  • Bersin
  • Hidung meler
  • Pada anak, disertai amandel yang memerah.

Makanan Baik untuk Penderita Radang Tenggorokan

  • Pisang

Pisang memiliki teksturyang lembut sehingga sangat mudah ditelan, termasuk bagi orang yang sedang mengalami sakit tenggorokan.

Kandungan Vitamin C, Vitamin B6 dan kalium dalam buah pisang dapat membantu menyembuhkan sakit pada tenggorokan.

  • Lemon dan Madu

Campuran lemon dan madu dapat meredakan sakit tenggorokan dengan baik. Minuman ini dapat membersihkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit saat menelan.

Madu juga mungkin memiliki khasiat antimikroba yang membantu menyembuhkan sakit tenggorokan.

  • Jahe

Manfaat jahe selain mencegah mual dan berbagai penyakit lainnya, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

  • Sup Ayam

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu membersihkan saluran nafas, yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan.

Selain itu, sup ayam juga berfungsi sebagai anti peradang dan mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Pantangan Makanan bagi Penderita Radang Tenggorokan

  • Makanan Renyah dan Keras

Makanan yang bertekstur keras dan garing seperti kerupuk, roti kering, kacang-kacangan, atau sayuran mentah, dapat membuat tenggorokan Anda menjadi tidak nyaman.

  • Buah dan Jus Jeruk

Buah dan jus jerus yang bersifat asam, dapat mengiritasi permukaan tenggorokan Anda yang empuk sehingga radang tenggorokan akan menjadi lebih buruk.

  • Alkohol

Obat kumur dan minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan sensasi menyengat pada tenggorokan Anda.

Minuman beralkohol bisa menyebabkan Anda dehidrasi, yang tidak baik untuk orang yang sedang menderita sakit tenggorokan.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Alami

  • Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat merupakan obat sakit tenggorokan yang terbukti ampuh dalam membantu meredakan nyeri dan sakit pada tenggorokan.

Untuk membuat obat alami ini, Anda cukup mencampurkan 1 sendok teh garam dengan secangkir air hangat. Aduk sampai larut, kemudian kumur selama beberapa detik.

Jika rasa asinnya tidak tertahankan, Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk menetralkan rasa. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Penuhi Cairan Tubuh

Jika Anda menderita sakit tenggorokan, untuk meringankan rasa sakit sebaiknya perbanyak asupan cairan. Dengan memperbanyak asupan cairan adalah bagian terpenting untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami.

Ketika Anda mengalami kekurangan asupan cairan, tubuh tidak akan menghasilkan lendir dan air liur yang cukup untuk menjaga kondisi tenggorokan agar tetap lembab.

Kondisi ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk. Perbanyaklah minum air putih untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami.

Atau Anda juga bisa menggantinya dengan teh hijau tawar hangat, teh jahe dan madu hangat atau sup ayam lezat.

  • Kumur dengan Cuka Apel

Cuka apel mempunyai sifat asam yang dapat menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk dapat bertahan hidup. Selain itu, sifat asam ini dapat melapisi tenggorokan Anda sekaligus.

Untuk cara pembuatannya, campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok teh garam, dan larutkan kedalam segelas air hangat.

Namun, Anda juga bisa mencampurkan 1/4 cangkir madu dan 1/4 cangkir cuka apel, kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini setiap empat jam sekali.

  • Kumur dengan Air Kunyit

Kunyit merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat sebagai obat alami sakit tenggorokan.

Untuk meredakan sakit tenggorokan, Anda cukup mencampurkan 1/2 sendok teh garam dan 1/2 sendok kunyit bubuk ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik.

  • Kayu Manis campur Madu

Kayu manis memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Dengan begitu, kayu manis dapat membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Cara membuat obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan, cukup tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas.

Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu. Selama minuman ini panas, hirup uapnya, dan setelah hangat Anda bisa meminumnya. Gunakan ramuan ini 2-3 kali sehari selama seminggu.

Itulah Pembahasan Mengenai Cara Mengobati Radang Tenggorokan
Semoga Bermanfaat & Terimakasih

Jika ada pertanyaan seputar artikel Cara Mengobati Radang Tenggorokan. Silahkan isi kolom komentar di bawah situs.

Sumber

    https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-alami-sembuhkan-sakit-tenggorokan/

    https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makanan-untuk-radang-tenggorokan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *